Misterius, 5 Fenomena Aneh di Laut Ini Bakal Bikin Anda Ternganga

0
53

Laut adalah salah satu bagian bumi yang menyimpan banyak sekali misteri dan fenomena aneh. Baru sebagian kecil lautan di dunia yang telah berhasil di explore oleh umat manusia. Seperti palung Mariana, ini adalah palung laut terdalam yang sampai saat ini belum diketahui seperti apa bagian paling dalamnya.

Samudra dan lautan juga menjadi tempat terjadinya berbagai macam fenomena aneh. Ada banyak fenomena yang misterius dan aneh di lautan yang belum dapat dijelaskan secara ilmiah. Jauh di bawah lautan dunia ini masih jadi rahasia dan juga misteri yang belum diungkap. Berikut ini adalah beberapa fenomena yang terjadi di lautan yang bisa membuat anda takjub.

1. The Great Blue Hole

The Great Blue Hole

Salah satu fenomena di bawah laut yang aneh adalah Great Blue Hole. Ini merupakan objek alami yang unik yang berbentuk lubang melingkar dan dikelilingi dengan terumbu karang. Great Blue Hole menjadi formasi terbesar di dunia dengan kedalaman 120 m dan memiliki luas permukaan keseluruhan dengan ukuran 10 lapangan sepak bola.

Lokasinya berada di 100 km sebelah timur Belize. Fenomena Great Blue Hole ini diperkirakan ada sejak 65 juta tahun lalu sejak zaman es dan Great Blue Hole ini ditemukan oleh Jacques Cousteau. 1971 dirinya mengklaim bahwa Great Blue Hole menjadi satu dari 10 situs terbaik di dunia yang dapat dipakai untuk scuba diving.

2. Milky Sea

Milky Sea

Anda mungkin sudah pernah mendengar yang namanya Milky Way. Ini adalah sebutan untuk galaksi Bima Sakti di dalam bahasa Inggris. Akan tetapi di lautan ada fenomena yang disebut dengan Milky Sea. Fenomena Milky Sea mengacu terhadap cahaya yang berpendar. Tampak mirip seperti susu yang unik dari perairan yang terletak di samudra Hindia.

Fenomena ini diakibatkan karena aktivitas bakteri bioluminescence. Pada waktunya akan mengakibatkan air membiru dan terlihat oleh mata telanjang berwarna putih susu di dalam kegelapan. Fenomena Milky Sea ini sudah didokumentasikan lebih dari 4 abad.

3. Air Laut Memerah

Fenomena Air Laut Memerah

Salah satu fenomena yang paling menakjubkan adalah air laut yang berubah menjadi merah. Ternyata hal ini dapat terjadi jika air laut dipenuhi alga merah yang kaya pigmen phycoerythrin. Ganggang ini bisa berkembang biak dan menjadikan perairan tampak menjadi merah. Sebenarnya alga ini dapat membahayakan populasi ikan sebab bisa membuat stok oksigen habis.

4. Laut Hitam Menguap

Laut Hitam Menguap

Fenomena ini disebut dengan istilah sea smoke atau yang juga dikenal dengan asap laut. Uap yang ditimbulkan dari laut hitam ini diakibatkan oleh kelembaban air laut yang bereaksi dengan dinginnya angin yang ada di atas permukaan air. Di samping menjelaskan misteri samudra dibalik uap dari laut hitam, para ahli juga membuktikan hal ini merupakan fenomena yang umum terjadi. Bahkan juga terjadi di badan perairan yang lebih kecil.

5. Bunga Es Di Atas Laut

Bunga Es Diatas Laut

Ternyata bunga es tidak hanya bisa kita lihat dalam film kartun Frozen saja. Akan tetapi di dunia nyata terdapat fenomena bunga es yang ada di atas lautan. Fenomena ini dapat saja terjadi jika suhu udara yang ada di sekitar lautan sangat dingin. Apalagi didukung dengan kecepatan hembusan angin yang sedikit.

Bentuk bunga ini kecil dan meruncing. Diketahui pula bahwa bunga es juga memproduksi bahan kimia seperti formaldehid yang dapat menjadi petunjuk tentang asal-usul kehidupan bumi. Fenomena aneh yang terjadi di lautan ini dapat menyuguhkan pemandangan cantik untuk kita lihat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here