Sungguh Menakjubkan, 5 Fenomena Atmosfer Ini Paling Jarang Terjadi

0
59

Atmosfer adalah sebuah lapisan udara yang menyelimuti planet termasuk bumi. Fungsi dari atmosfer adalah mengurangi dan menyaring radiasi matahari. Penahan meteor, mendistribusikan air, pengatur proses iklim dan cuaca. Lapisan atmosfer sendiri terdiri atas troposfer, stratosfer, mesosfer, ionosfer dan eksosfer. Mungkin anda pernah mendengar fenomena atmosfer yang jarang sekali terjadi. Tapi ini sangat menarik dan dapat dilihat secara kasat mata.

Langit menyimpan segudang fenomena atmosfer yang mungkin belum pernah disaksikan sepanjang hidup anda. Karena sangat jarang terjadi, kadang fenomena ini sering dianggap ada hubungannya dengan makhluk luar angkasa. Namun nyatanya atmosfer sendirilah yang mengakibatkan fenomena ini. Apa saja itu? Berikut informasi selengkapnya untuk anda.

1. Pelangi api

Pelangi Api

Ini adalah salah satu fenomena yang jarang terjadi sebenarnya fenomena ini bernama cicumhorizontal arc. Banyak sekali faktor yang bisa membuat fenomena ini terjadi. Seperti cahaya matahari mesti melewati awan cirrus. Selain itu, posisi matahari harus berada pada titik yang cukup tinggi. Juga kristal es penyusun awan harus berbentuk menyerupai lempengan.

2. Aurora Borealis

Aurora borealis

Di dalam belahan dunia selatan juga disebut dengan nama aurora Australis. Fenomena aurora borealis ini merupakan partikel dengan muatan listrik dari matahari. Keduanya sudah mencapai bagian teratas pada atmosfer bumi dan menjadi sangat aktif. Umumnya aurora sering tampak di daerah dekat kutub dan ketika siang dan malam harinya sama panjang.

Aurora memang salah satu fenomena yang dihasilkan oleh atmosfer dengan pemandangan yang sangat indah, namun ini jarang sekali terjadi. Fenomena ini terbentuk dari jutaan partikel energi yang telah dilontarkan matahari. Partikel tersebut bereaksi saat bertemu atmosfer dan akan membentuk cahaya yang indah.

3. Sun Pillars

Sun Pillars

Fenomena sun pilar atau pilar matahari terjadi saat matahari tenggelam dan memantulkan tinggi awan es di lapisan yang berbeda. Hal ini tentu akan menghasilkan pilar cahaya yang berbentuk tinggi menjulang sampai ke langit. Kondisi ini sangat mungkin juga untuk anda bisa menyaksikan moon pilar atau pilar bulan.

4. Sun Dog

Sun Dog

Orang-orang juga mengenal ini sebagai fenomena 4 matahari. Fenomena sun dog tercipta ketika cahaya matahari dapat melewati lempengan kristal es dari penyusun awan cirrus yang ada di lapisan atas atmosfer. Sehingga kondisi ini mengakibatkan pembiasan dan matahari tampak seperti ada 4.

Bentuknya berupa kumpulan cahaya tambahan yang tercipta dan menimbulkan titik terang pada kedua sisi matahari. Hal ini diakibatkan dari pembiasan cahaya matahari dan yang berhasil menembus kumpulan lempeng es kristal hexagonal. Biasanya cahaya matahari yang masuk dibiaskan pada sudut 22 derajat. Fenomena ini akan terlihat saat matahari terbit atau terbenam. Sun Dog bisa berwarna merah saat bumi berada di jarak terdekat dengan matahari dan berubah menjadi warna biru ketika menjauhi matahari.

5. Fallstreak hole

Fallstreak hole

Fenomena Fallstreak hole dapat dibilang sebagai fenomena yang paling jarang terjadi. Anda dapat menyaksikan langit yang seolah berlubang karena awannya terbelah dan membentuk lingkaran kosong. Ada banyak orang yang mengatasi asikannya bagai ulah UFO. Padahal sebenarnya fenomena ini terjadi karena perbedaan suhu awan.

Saat kristal es terbentuk bisa memicu efek domino karena ada proses bergeron yang mengakibatkan tetesan air berada di sekitar kristal menguap. Lalu meninggalkan tanda yang besar berbentuk lingkaran atau lubang di awan. Fenomena atmosfer berupa lubang yang terdapat di awan Fallstreak hole ini terjadi ketika suhu air yang ada di awan berada di bawah titik beku. Tetapi air tersebut tidak membeku karena partikel nukleasi esnya kurang. Tetesan air dari Hole Punch Clouds sangat dingin dan bahkan jauh lebih dingin dari air yang beku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here