Viral Temuan Durian Tanpa Duri di Kaki Gunung Rinjani, Isinya Bikin Heboh

0
413

Durian menjadi salah satu buah yang memiliki banyak penggemar. Tak heran karena buah ini memiliki cita rasa yang khas. Bahkan tak sedikit orang yang mengaku ketagihan untuk mencicipi buah yang lezat ini. Hanya saja, untuk bisa menikmati buah ini, anda harus berhati-hati dengan kulitnya yang berduri.

Belum lama ini, warganet dibuat heboh dengan penemuan durian yang tak lazim karena tak ada duri yang membungkusnya. Buah yang viral ini ditemukan di kaki Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sejak ditemukan hingga kini, buah durian tanpa duri ini masih ramai diperbincangkan.

Tanpa ada duri sedikitpun, buah yang satu ini memiliki kulit buah yang halus sehingga terkesan unik. Karena penampakannya tersebut, sekilas buah durian ini mirip dengan buah sukun. Bahkan ukurannya saja sebesar buah sukun. Tak heran jika warga setempat menjulukinya sebagai durian gundul.

Tak hanya tanpa duri, buah yang bentuknya nyaris bulat ini juga memiliki kulit yang berwarna cokelat. Sebenarnya buah ini sudah ditemukan sejak tahun 2007. Hal tersebut disampaikan oleh Maisin sebagai Kasubbag Tata Usaha Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Nusa Tenggara Barat.

Mulanya, di tempat penemuannya hanya ada satu pohon durian yang disangka batu besar atau fosil buah yang berasal dari zaman purba. Dikarenakan tanpa duri dan tipis, buah durian ini bisa dengan mudah dibelah, bahkan hanya dengan tangan sekalipun.

Di awal penemuan, buah durian unik ini dicurigai beracun. Dengan demikian, tak ada satupun warga yang mau memakannya. Namun pada akhirnya anggapan tersebut hilang usai mencoba merasakan sendiri kenikmatannya. Dikarenakan mencium aroma khas dari daging buah durian yang matang, warga setempat pun mencicipinya.

Sama halnya buah durian pada umumnya, durian gundul ini memiliki daging buah yang lembut dan berwarna kuning. Siapa saja pastinya akan merasa penasaran untuk mencicipi buah durian ini saat melihatnya.

Pada tanggal 22 April 2008, jenis buah durian tanpa duri asli dari NTB ini resmi didaftarkan sebagai Varietas Unggul Nasional dengan nama Si Gundul. Dikarenakan tak beracun dan unik, bibit buah ini pun disebarkan di berbagai wilayah yang ada di Indonesia, tak terkecuali di Taman Buah Mekarsari, Cileungsi, Bogor.

Supaya buah yang unik ini semakin dikenal masyarakat luas, pengelola Taman Buah Mekarsari aktif menjual bibit pohon durian ini. Hanya saja, dikarenakan berbagai faktor, bibit-bibit pohon durian tersebut belum juga menghasilkan buah meski pohonnya semakin tumbuh besar.

Bahkan Maisin mengaku bahwa bibit durian Si Gundul sudah dikembangbiakkan sampai ribuan. Namun kendalanya pohon tersebut tidak berbuah. Meski penemuannya sudah lama, namun buah yang unik ini masih sangat menyita perhatian publik. Khususnya para pecinta buah durian. Apakah anda juga tertarik untuk mencobanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here