Nggak Nyangka, Ternyata 6 Berlian Ini Paling Fenomenal di Dunia

  • Whatsapp

Saat ini di berbagai media baik itu berita online maupun televisi sedang marak kalangan publik figur yang berlomba-lomba untuk memamerkan koleksi berliannya. Tentunya anda sempat berpikir kalau mereka adalah golongan kelas atas sebab mempunyai berlian tersebut.

Tapi jangan buru-buru ambil keputusan dulu. Berlian yang mereka miliki ternyata belum fantastis dibandingkan dengan daftar berlian berikut ini yang sangat fenomenal dan juga melegenda di dalam sejarah dunia. Daripada penasaran, mari kita cek apa saja berlian yang paling fenomenal di dunia itu.

Read More

1. Cullinan Major Diamonds

Di tahun 1905 sebuah berlian besar yang mencolok dengan besar 3.106 karat ditemukan dalam sebuah tambang yang berlokasi di Afrika Selatan. Berlian ini adalah berlian terbesar yang pernah ditemukan sampai saat ini. Namanya adalah Cullinan Major Diamonds. Sesuai nama ketua tambang waktu itu.

Selanjutnya berlian besar itu dipotong menjadi 105 bagian yang disebut dengan Cullinan I yang memperoleh julukan bintang besar Afrika. Memiliki 530 karat dan ini adalah berlian hasil potong terbesar. Cullinan 2 dengan 317 karat, dua berlian ini dimiliki permata mahkota inggris. Disamping itu, ada 7 bagian-bagian lain yang sekarang dimiliki ratu Elizabeth 2 sebagai milik pribadi.

2. The Noor-ul-Ain Tiara

Ini berarti mata cahaya ditemukan ditambang Golconda India dan ini adalah potongan kedua dari Diamanta Grande Table yang jumlahnya 60 karat. Tahun 1958, berlian ini disematkan permanen pada tiara Noor-ul-Ain, yang diberikan kepada Ratu Farah Diba ketika pernikahannya dengan Reza Shah Pahlavi.

3. The Koh-i-Noor Diamond

Meski tidak berwarna, berlian ini memiliki keindahan tak tertandingi, dijuluki “The Mountain of Light”, artinya “Cahaya Gunung”. Keindahannya menjadi rebutan penguasa dunia selama berabad-abad. Sebab, barangsiapa yang bisa memilikinya, sama seperti memiliki dunia seisinya.

4. The Hope Diamond

Punya warna biru tua jernih yang sangat mempesona. Asalnya dari Tambang Kollur di India. Dua puluh tahun setelah Revolusi Perancis, batu mulia itu kembali muncul secara tiba-tiba. Kabarnya, batu ini dikutuk, membawa malapetaka untuk siapa saja yang memilikinya. Kutukan ini karena warna batu yang tidak biasa, saat terkena sinar ultraviolet, batu ini memancarkan sinar merah menakjubkan dalam jangka waktu tertentu.

5. The Tiffany Yellow Diamond

The Tiffany Yellow Diamond menjadi salah satu berlian kuning paling besar yang sudah pernah ditemukan. Saat ditemukan tahun 1877 atau 1878 di wilayah Afrika Selatan berlian ini bernilai 287,42 karat atau 57,484 g.

6. The Orlov Diamond

Aslinya berlian ini digambarkan punya bentuk dan proporsi setengah telur ayam. Bisa ditelusuri kembali pada abad ke-18 Sri Ranganathaswamy candi Hindu yang ada di India. Berlian pernah dijadikan sebagai mata untuk ketua para dewa. Hal ini juga diyakini bahwa berlian ini mulanya ditemukan di lokasi Tambang Kollur di Andhra Pradesh, India.

Related posts