Sepanjang Sejarah, Inilah Catatan 5 Fenomena Gempa Bumi Terbesar di Dunia

0
78

Fenomena gempa bumi merupakan guncangan atau getaran yang terjadi pada permukaan bumi karena terlepasnya energi dari bawah permukaan dengan tiba-tiba. Sehingga bisa menciptakan gelombang seismik. Kejadian yang bernama gempa bumi ini dapat diakibatkan dari pergerakan kerak bumi atau lempeng bumi. Di samping itu, gempa bumi juga dapat disebabkan karena meletusnya gunung berapi.

Sepanjang catatan sejarah, ternyata sudah banyak terjadi peristiwa gempa bumi. Akan tetapi, ada beberapa fenomena gempa bumi terbesar yang terjadi di dunia ini. Dampak yang disisakan dari fenomena itu biasanya sifatnya merata dan menimbulkan korban jiwa bahkan jumlahnya tidak sedikit. Berikut ini adalah beberapa gempa bumi yang pernah terjadi dan tergolong dalam fenomena bencana besar yang pernah terjadi.

1. Shanxi, China

Gempa Bumi di Shanxi China

Pada tanggal 9 januari tahun 1038 pertama kali sejarah mencatat terjadinya gempa besar yang ada di China. Lokasinya berada di wilayah Shanxi yaitu sekitar Beijing. Dalam kejadian gempa ini lebih dari 23.000 penduduk yang ada di China tewas. Tempat lainnya yang ada di China adalah Chihli. Di tahun 1057 Chihli diguncang gempa bahkan tidak kurang dari 25000 warga yang tewas. Beberapa abad kemudian pada September 1290 kota yang sama juga diguncang gempa. Total ada 100 ribu orang yang nyawanya menghilang.

Shanxi memang selalu diguncang gempa yang dahsyat. Bahkan oleh karena itulah Shanxi berada diĀ  urutan teratas sebagai lokasi gempa paling mematikan yang ada di sepanjang sejarah manusia. Tahun 1556 gempa bumi juga telah memporak-porandakan daerah yang berlokasi di barat daya Beijing ini. Bahkan tidak kurang dari 830 ribu orang yang meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.

2. Gempa Aceh, Indonesia

Gempa dan Tsunami Aceh, Indonesia

Gempa paling parah sepanjang sejarah yang terjadi di abad ke-21 adalah musibah gempa di Aceh, Indonesia. Gempa tersebut menjadi musibah nasional gempa dan tsunami pada 26 Desember 2004. Guncangannya bahkan terekam hingga 9 skala richter. Getaran ini diikuti gelombang tsunami dengan ketinggian 30 meter di daratan. Dari berbagai macam sumber menyatakan bahwa jumlah korban tewas antara 283 ribuan orang dan 227 ribu orang.

Jumlah korban jiwa tersebut tersebar di 14 negara. Negara Indonesia khususnya Aceh dan sekitarnya menjadi wilayah dengan dampak yang paling besar. Negara-negara berikut nya seperti India. Srilanka dan Thailand juga mengalami hal yang sama. Sapuan tsunami Aceh juga terasa sampai ke pesisir Afrika Timur, Antartika dan Afrika Selatan.

3. Gempa Aleppo, Suriah

Ilustrasi Gempa Aleppo, Suriah

Urutan selanjutnya gempa bumi yang paling mematikan adalah di Halab, Aleppo, Suriah. Kejadiannya pada abad ke-12 tepatnya di tanggal 8 September 1138. Guncangannya diperkirakan hingga 11 skala mercalli. Ini berarti bencana ini mengakibatkan hampir semua bangunan rata dengan tanah. Bahkan jumlah korban jiwa karena itu tercatat 100 ribu sampai 230 ribu orang. Angka ini belakangan diragukan oleh para peneliti modern, sebab kala itu halaba baru dihuni sekitar puluhan ribu warga saja.

Gempa bumi itu bukanlah yang terakhir. Karena di era modern Aleppo juga diguncang gempa yang dahsyat nya sama. Tepatnya pada 5 September 1822, total penduduk yang tewas hingga 22 ribu orang.

4. Kamchatka, Russia – 9.0 SR

Gempa Kamchatka, Russia

Gempa yang terjadi pada 4 November 1952 yang terjadi di Kamchatka, Russia ini sangat menggegerkan dunia. Hal ini karena tsunami yang dihasilkan dan juga gempa bumi bahkan terasa sampai ke Hawaii. Dari kejadian tersebut menghasilkan ombak dengan tinggi 9 meter. Dikabarkan tidak ada korban jiwa, tetapi kerugian akibat gempa ini lebih dari 1 juta dolar Amerika Serikat.

5. Sendai, Jepang

Gempa Bumi Sendai, Jepang

Fenomena gempa bumi besar terjadi pada 11 Maret 2011 silam. Gempa ini sangat dahsyat dan menghantam kota Sendai dengan kekuatan 9,0 skala richter. Ada banyak orang yang kehilangan tempat tinggal serta perekonomian yang ada di wilayah tersebut mati total. Bahkan ada banyak kota di sekitarnya yang lumpuh karena reaktor nuklir yang ikut rusak di kota tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here