Diskusikan Bersama Kelompokmu Cara-cara Memelihara Organ Pernapasan Pada Manusia Tema 2 Kelas 5


SEARCH DISINI :

Diskusikan bersama kelompokmu tentang cara-cara memelihara organ pernapasan pada manusia bacaan Sembilan Bahaya Kabut Asap dan Cara Mengatasinya. Pembahasan kunci jawaban tema 2 kelas 5 halaman 94 95 96 tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia di buku tematik siswa sekolah dasar.

Untuk menjawab soal dengan benar, kalian baca terlebih dahulu materi lengkap dari halaman 92 sampai 96 di buku tematik siswa.

Read More

Cara Memelihara Organ Pernapasan Pada Manusia

Sembilan Bahaya Kabut Asap dan Cara Mengatasinya

Kebakaran lahan dan hutan telah menjadi bencana kabut asap. Pemerintah sudah berusaha mematikan titik-titik kebakaran, tetapi hasilnya kabut asap masih ada. Apa saja bahaya kabut asap kebakaran dan apa yang harus kita lakukan apabila di daerah kita terkena kabut asap?

Berdasarkan pantauan, indeks pencemaran udara di Jambi, Palembang, dan Palangkaraya sudah sangat tinggi atau tidak sehat. Tidak sehat karena asap kebakaran hutan dan lahan menyebabkan debu atau partikel halus hasil kebakaran seperti jelaga. Saking halusnya, partikel ini akan dengan mudah terisap dan mengotori sistem pernapasan.

Selain partikel halus, asap kebakaran juga mengandung zat-zat berbahaya seperti ozon (O3), sulfur dioksida (SO2), karbon monoksida (CO),
dan nitrogen oksida (NO2).

Kabut asap ini dapat mengganggu kesehatan semua orang, baik orang yang kondisinya sehat maupun yang sakit. Namun, pada orang yang kondisi kesehatannya kurang, khususnya pada orang yang memiliki riwayat penyakit pernapasan, anak-anak, dan balita, kabut asap adalah bencana yang bisa mengancam jiwa.

Soal

Dari bacaan “Sembilan Bahaya Kabut Asap dan Cara Mengatasinya”, disebutkan beberapa cara memelihara organ pernapasan. Diskusikan bersama kelompokmu (setiap kelompok beranggota 4-5 siswa) tentang cara-cara memelihara organ pernapasan pada manusia.

Jawaban :

Cara memelihara organ pernapasan yaitu seperti minumlah air putih lebih banyak dan lebih sering agar debu atau partikel halus yang menempel pada tenggorokan larut dan masuk ke dalam pencernaan sehingga ikut terbuang bersama kotoran.

Lakukan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) seperti makan makanan bergizi, banyak minum, banyak mengonsumsi buah, jangan dekat-dekat orang merokok, dan istirahat cukup.

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 2 kelas 5 SD halaman 96 tentang bacaan Sembilan Bahaya Kabut Asap dan Cara Mengatasinya. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 1 subtema 3. Semoga bermanfaat. Lihat secara lengkap, buka disini:  Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 94 95 96 Pembelajaran 1 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia

Adblock test (Why?)


SEARCH DISINI :

Related posts