Jawaban Ciri-Ciri Cecak dan Habitatnya Tema 2 Halaman 48 Kelas 6

  • Whatsapp
Jual Paket Buku Tematik Siswa SD Terlengkap Kurikullum 2013
Latihan Soal Cerdas Ulangan Harian Kelas 1 2 3 4 5 6, Klik Tombol Berikut:

Ciri-Ciri Hewan Cecak dan Habitatnya, Pembahasan kunci jawaban tema 2 Kelas 6 halaman 45 46 47 48 49 50 di buku tematik, tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan. Selain ikan, kalian juga wajib mengetahui habitat ayam, ikan, dan bebek.

Ayo Mengamati!

Read More

Setelah belajar tentang sejarah perjuangan mempertahankan kemerdekaan, sekarang kamu akan mempelajari tentang cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tinggalnya. Apakah kamu pernah mengamati ayam, bebek, ikan, dan cecak?

Apakah kamu mengetahui ciri-ciri hewan tersebut? Apakah kamu juga mengetahui ciri-ciri tempat tinggalnya? Diskusikan jawabanmu secara berpasangan!

Ciri-Ciri Cecak dan Habitatnya Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6

Ciri-Ciri Cecak

  1. Memiliki warna cokelat
  2. Panjang 7 hingga 15 cm
  3. Memiliki kaki yang merekat untuk memanjat
  4. Memiliki lidah yang panjang dan lengket untuk menangkap serangga
  5. Dapat mematahkan ekornya untuk melarikan diri dari pemangsa

Habitat Cecak

Ciri-ciri habitat cecak : Cicak dapat ditemui hidup di sela-sela interior rumah. Di alam bebas, Cicak hidup di kayu dan pepohonan di daerah yang hangat dan lembab di mana cicak ini dapat berkeliaran untuk mencari serangga yang dimakannya. Cicak ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Pembahasan :

Cicak (Hemidactylus frenatus), adalah reptilia kecil yang banyak terdapat di sekitar rumah. Cicak memiliki tubuh kecil dengan panjang 7 hingga 15 cm. Cicak dapat ditemui hidup di sela-sela interior rumah. Di alam bebas, Cicak hidup di kayu dan pepohonan di daerah yang hangat dan lembab di mana cicak ini dapat berkeliaran untuk mencari serangga yang dimakannya. Cicak ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Kebanyakan cicak aktif di malam hari, bersembunyi di siang hari dan mencari makan untuk serangga di malam hari. Cicak dapat terlihat memanjat dinding rumah dan bangunan lain untuk mencari serangga yang tertarik pada lampu rumah. Cicak umumnya memakan nyamuk, lalat dan serangga kecil lainnya.

Cicak memiliki habitat asli di Asia Tenggara, namun sekarang menyebar ke seluruh dunia akibat tidak sengaja tersebar oleh aktivitas manusia. Cicak dapat hidup selama sekitar 5 tahun. Cicak kecil ini tidak berbisa dan tidak berbahaya bagi manusia.

Tuhan menciptakan makhluk hidup dengan segala keunikan dan keistimewaannya, tidak terkecuali hewan. Keunikan dan keistimewaan hewan tersebut kita kenal dengan ciri khusus. Ciri khusus pada hewan tersebut mempunyai hubungan yang erat dengan tempat tinggalnya.

Misalnya, ikan memiliki insang untuk bernapas di dalam air, cecak memiliki perekat pada kakinya untuk dapat menempel di dinding, dan bebek memiliki selaput pada kakinya agar dapat berenang di air.

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 2 kelas 6 SD di buku paket tematik halaman 48 tentang ciri-ciri hewan cecak dan habitatnya. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar! Baca juga:

(Why?)

Jual Paket Buku Tematik Siswa SD Terlengkap Kurikullum 2013
Latihan Soal Cerdas Ulangan Harian Kelas 1 2 3 4 5 6, Klik Tombol Berikut:


  • Whatsapp

Related posts