Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 3 Halaman 12, 13, 15, 16, 18


SEARCH DISINI :
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 3 Halaman 12, 13, 15, 16, 18


Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 2 Subtema 1 Halaman 12, 13, 15, 16, 18 – Pada Tema 2 Subtema 1, yang dipelajari adalah temanya tentang Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia. Pada Subtema 1 ini terdiri dari 6 kegiatan pembelajaran yang harus di selesaikan oleh siswa baik tugas kelompok maupun individu. Dengan itu kami menyajikan alternatif Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 2 Subtema 1 lengkap sebagai sumber media belajar siswa.

Read More

Buku Siswa ini digunakan sebagai sumber media belajar  untuk kelas 3 SD/MI, buku ini merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2018.

Dalam Tema 2 Subtema 1 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban lengkap pembelajaran 2 halaman 12-18.

Kunci Jawaban Kelas 3 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 12-18

Ayo Mengamati
Pengembara dan Sebuah Pohon (Pengarang: Aesop)
Dua orang pengembara berjalan di sepanjang jalan yang berdebu dan tandus di hari yang sangat panas. Tidak lama kemudian, mereka menemukan sebuah pohon besar. Dengan gembira, keduanya lalu berteduh dari teriknya sinar matahari di bawah naungan daun-daun pohon besar yang lebat. Saat beristirahat, mereka melihat ke atas pohon. Salah seorang pengembara berkata kepada teman seperjalanannya, “Betapa tidak bergunanya pohon besar ini! Pohon ini tidak memiliki buah sehingga tidak berguna untuk manusia sama sekali.”

Kunci Jawaban Kelas 3 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 12-18

Pohon besar tersebut lalu berkata, “Kamu manusia yang tidak tahu berterima kasih!“ Pohon itu berkata lagi, “Kamu datang dan bernaung di bawah daun-daunku. Kamu menikmati teduhnya perlindungan cabang dan daunku. Kamu masih menyebutku tidak berguna sama sekali?”
Sumber: www.ceritakecil.com

Kunci Jawabn Tema 2 Kelas 3 Halaman 12

Ayo Bercerita
Tuhan menciptakan makhluk hidup dengan tujuan tertentu. Setiap makhluk hidup bermanfaat untuk
makhluk hidup lainnya. Tumbuhan bermanfaat untuk manusia. Hewan juga memiliki banyak manfaat untuk manusia. Bagaimanakah sikap manusia terhadap tumbuhan dan binatang?

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 3 Halaman 12

Kita perlu menunjukkan perilaku berterima kasih kepada tumbuhan dan binatang. Contoh cara berterima kasih kepada tumbuhan yaitu dengan merawat tanaman. Contoh berterima kasih kepada binatang yaitu dengan melindunginya atau memberinya makan. Cara berterima kasih kepada sesama manusia yaitu dengan tidak lupa selalu mengucapkan terima kasih setelah dibantu atau ditolong.

Kunci Jawabn Tema 2 Kelas 3 Halaman 13

Ceritakanlah pesan yang terkandung pada dongeng Pengembara dan Sebuah Pohon!

Kita perlu berterima kasih kepada tumbuhan, binatang, dan khususnya kepada sesama manusia. Terkadang, manusia tidak menghargai bantuan yang telah mereka dapatkan.
Ayo Mengamati
Setelah membaca dongeng Pengembara dan Sebuah Pohon, kita belajar untuk selalu bersyukur. Sikap bersyukur dapat ditunjukkan dengan menyayangi makhluk hidup. Kita simak dialog di bawah ini, yuk!

Beni : “Kenapa Ayah sering mengucapkan terima kasih?”
Ayah : “Berterima kasih itu termasuk orang yang selalu bersyukur.”
Beni : “Apa hubungannya berterima kasih dengan bersyukur, Yah?
Ayah : “Ada dong. Berterima kasih itu salah satu cara kita bersyukur. Orang yang selalu bersyukur adalah orang yang rendah hati. Kebalikannya orang yang tidak bersyukur adalah orang yang sombong.”
Beni : “Apa kita juga berterima kasih kepada tumbuhan dan hewan? Bagaimana caranya?”
Ayah : “Iya, kita juga perlu berterima kasih kepada tumbuhan dan hewan. Caranya berbeda dengan cara kita berterima kasih kepada manusia.”
Ibu : “Jika kita berterima kasih kepada tumbuhan maka kita merawat tumbuhan dengan baik. Tumbuhan diberi air, pupuk, dan sinar matahari yang cukup. Kita juga tidak memetik bunga dan daun-daun sembarangan.”
Beni : “Bagaimana cara berterima kasih kepada hewan?
Ayah : “Cara berterima kasih kepada hewan yaitu dengan menyayangi hewan. Kita memberi makan atau minum hewan-hewan. Kita tidak menyiksa hewan. Orang yang pandai bersyukur akan disukai teman-teman. Tuhan juga mencintai orang yang pandai bersyukur.”

Kunci Jawabn Tema 2 Kelas 3 Halaman 15, 16

Ayo Menulis
Setelah membaca dialog di atas, jawablah pertanyaan di bawah ini!

  1. Untuk apa kata terima kasih diucapkan? Terima kasih diucapkan sebagai salah satu cara bersyukur.
  2. Apa yang dirasakan saat kita mengucapkan terima kasih? Ketika mengucapkan terima kasih, perasaan kita akan senang dan tentram.
  3. Tulislah dua pengalamanmu berterima kasih kepada sesama manusia yang telah kamu lakukan! Mengucapkan terima kasih kepada teman yang membantu mengambilkan buku dan mengucapkan yerima kasih kepada Bapak Guru yang telah mengajar dengan baik.

Ayo Mencoba
Bentuk lain dari sikap bersyukur adalah selalu menjaga kesehatan tubuh. Berolahraga membuat tubuh kita sehat. Tubuh kita juga sehat dengan menghirup udara yang mengandung banyak oksigen.

Tanaman memberikan oksigen pada lingkungan sekitar. Dengan berolahraga di halaman sekolah, tubuh kita akan terasa lebih segar. Gerakan memutar atau meliukkan badan dapat dilakukan untuk melenturkan tubuh. Dengan demikian, otot tidak kaku dan peredaran darah lancar.

Lakukanlah kombinasi gerakan memutar dan meliuk seperti pada gambar berikut ini!

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 3 Halaman 16

Gerakan kombinasi memutar dan meliuk dilakukan berdasarkan urutan:

  1. Badan berdiri tegak.
  2. Kedua tangan dikepalkan dan disimpan di pinggang.
  3. Badan diputar ke kanan dan ke kiri.
  4. Badan kembali berdiri tegak.
  5. Kedua tangan direntangkan ke depan.
  6. Badan diputar ke bawah (dibungkukkan).
  7. Badan diputar ke kanan bawah.
  8. Badan diputar ke kiri bawah.
  9. Meliukkan badan ke atas (melentingkan badan).
  10. Gerakan di atas dilakukan berulang-ulang.

Kunci Jawabn Tema 2 Kelas 3 Halaman 18

Kegiatan Bersama Orang Tua 
Siswa menceritakan dongeng yang didengar di kelas kepada orang tua dan menyampaikan pesan moral yang terkandung di dalam dongeng tersebut.
Demikianlah postingan mengenai Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 3 Halaman 12, 13, 15, 16, 18, semoga dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua. Jika sahabat ada pertanyaan, silahkan bisa sahabat ajukan di kolom komentar.

Let’s block ads! (Why?)


SEARCH DISINI :

Related posts