Pedoman Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan GTK Inspiratif 2022


SEARCH DISINI :


Pedoman Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan GTK Inspiratif 2022

Read More

Amongguru.com. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbudristek telah menerbitkan Pedoman Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan GTK Inspiratif Tahun 2022.

Pedoman Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan GTK Inspiratif Tahun 2022 ini diterbitkan sebagai acuan bagi penyelenggara pemberian penghargaan kepada guru dan tenaga kependididikan.

Pemberian Penghargaan kepada Guru dan Tenaga Kependidikan yang inspiratif di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi merupakan salah satu bentuk penghargaan dan pemerintah atas prestasi dan kinerja yang dihasilkan. Penghargaan ini diharapkan dapat lebih memotivasi dan meningkatkan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan yang pada akhirnya akan meningkatkan mutu pendidikan nasional.

Kegiatan pemberian penghargaan dalam rangka Hari Guru Nasional Tahun 2022 ini untuk mengapresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan inspiratif dalam menerapkan Merdeka Belajar pada konteks pembelajaran berdiferensiasi dan berpusat pada peserta didik.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan peran serta guru dan tenaga kependidikan untuk dalam mengelola belajar anak ke arah internalisasi nilai-nilai Pelajar Pancasila.

Pengertian

Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Insporatif Tahun 2022 merupakan sebuah upaya Kemendikbudristek untuk memberikan penghargaan kepada GTK Inspiratif dalam mengimplementasikan merdeka belajar sesuai peran dan tugasnya masing-masing.

Penghargaan diberikan karena GTK memiliki praktik baik dala mengimplementasikan pembelajaran kontekstual sesuai peran dan tugasnya yang menginspirasi orang-orang yang dilayaninya, sejawatnya, dan komunikasi GTK yang lebih liuas.

GTK yang memiliki karya inovasi yang akan diusulkan menjadi praktik baik dapat mengirimkan bukti karya inovasinya dalam bentuk video disertai narasi penjelasan karya inovasi berserta dokumen pendungn lainnya yang diperlukan. Karya video dan naskah dikirim melalui aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Prinsip

Pelaksanaan kegiatan Apresiasi GTK Inspiratif Tahun 2022 didasarkan pada prinsip-prinsip berikut.

1. Objektif; dilakukan secara prosedural dan sesuai tujuan kegiatan.

2. Transparan; dilakukan secara terbuka untuk diketahui pihak yang berkepentingan.

3. Akuntabel; dapat dipertanggungjawabkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

4, Komperehensif; menggambarkan keseluruhan komponen secara utuh.

5. Efektif; sesuai maksud dan tujuan

Tujuan Apresiasi

Tujuan kegiatan Apresiasi GTK Tahun 2022 adalah sebagai berikut.

1. Memilih dan menetapkan GTK Inspiratif dalam menerapkan merdeka belajar pada konteks pembelajaran berdiferensiasi dan berpusat pada peserta didik sebagai bentuk apresiasi.

2. Memberikan apresiasi kepada GTK Inspiratif atas praktik baik implementasi merdeka mengajar yang telah berhasil dan menginspirasi GTK lainnya.

3. Memperoleh model-model penerapan merdeka belajar dan model kepemimpinan yang mewujudkan program dan kebijakan merdeka belajar, khususnya pembelajaran berdiferensiasi yang akan menjadi inspirasi bagi GTK lainnya.

Hasil yang Diharapkan

1. Terpilihnya GTK Inspiratif dalam menerapkan merdeka belajar pada konteks pembelajaran berdiferensiasi dan berpusat pada peserta didik sebagai bentuk apresiasi.

2. Tersampaikannya apresiasi kepada GTK Inspiratif atas praktik baik implementasi merdeka mengajar yang telah berhasil dan menginspirasi GTK lainnya.

3. Tersedianya model-model penerapan merdeka belajar dan model kepemimpinan yang mewujudkan program dan kebijakan merdeka belajar, khususnya pembelajaran berdiferensiasi yang akan menjadi inspirasi bagi GTK lainnya.

Kategori

Kategori peserta Apreasi GTK Inspiratif Tahun 2022 dan unit penyelenggaranya sebagaimana diuraikan pada tabel berikut.

Peserta

Peserta adalah semua GTK yang berada di bawa binaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Persyaratan Peserta

1. Memiliki pendidikan terakhir :


SEARCH DISINI :

Related posts