KUNCI JAWABAN Kelas 3 TEMA 6 Halaman 74 75 dan 79 80 Perubahan Energi Buku Tematik Terpadu Siswa SD

  • Whatsapp
KUNCI JAWABAN Kelas 3 TEMA 6 Halaman 74 75 dan 79 80 Perubahan Energi Buku Tematik Terpadu Siswa SD
KUNCI JAWABAN Kelas 3 TEMA 6 Halaman 74 75 dan 79 80 Perubahan Energi Buku Tematik Terpadu Siswa SD

TOPIKTREND.COM, KUNCI JAWABAN Kelas 3 TEMA 6 Halaman 74 75 dan 79 80 Perubahan Energi Buku Tematik Terpadu Siswa SD – Halo adik-adik mari kita lanjutkan  belajar soal dan jawaban Buku Tematik Terpadu yang diulas pada artikel berikut ini. Manfaatkan ulasan jawaban yang tersedia untuk memandu proses belajar anak di rumah.

Artikel ini mengulas jawaban soal Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Tema 6 kelas 3 SD, Buku Siswa SD/MI yang terdapat pada halaman 74 75 76 78 79 dan 80.

Read More

Buku Tema 6 kelas 3  ini Berjudul Energi dan perubahannya.

Ada empat Subtema dalam buku tematik kelas 3 SD Tema 6 ini.

Pada Subtema 2 membahas mengenai Perubahan Energi.

Berikut Kunci Jawaban Tema 6 kelas 3 halaman 74 75 76 78 79 80 : 

Ayo Membaca

Minggu lalu siswa kelas 3 berkunjung ke Waduk Jati Luhur. Waduk tersebut terletak di Purwakarta, Jawa Barat. Murid-murid senang sekali. Hari ini mereka  masih membicarakan kegiatan tersebut. Berikut ini percakapan mereka. “Selamat pagi, teman-teman”, sapa Siti kepada teman-temannya. “Selamat pagi juga, Siti,” sahut teman-teman Siti. “Bagaimana kabar kamu Siti? Apakah kamu sudah sembuh?” “Sudah, terima kasih doanya ya’ teman-teman”, jawab Siti. “Oh ya, bagaimana kunjungan ke Waduk Jatiluhur kemarin? menyenangkan tidak
teman-teman?” “Sangat menyenangkan. Banyak ilmu yang didapat.” jawab Edo. “Ilmu apa Do’?”, tanya Siti.
“Ternyata, waduk itu dapat dijadikan pembangkit listrik”, jelas Edo. “Iya, makanya waduk Jatiluhur itu disebut sebagai waduk untuk PLTA, yaitu Pembangkit

Subtema 2: Perubahan Energi 73
Subtema 2: Perubahan Energi 73 (.)

Listrik Tenaga Air”, tambah Udin. “Mengapa disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air?” tanya Siti lagi. “Karena energi listriknya berasal dari tenaga air.” “Bagaimana caranya energi air menjadi energi listrik?” Siti semakin ingin tahu. “Energi gerak air akan memutar alat yang disebut turbin, lalu turbin menggerakkan generator listrik. Bergeraknya generator listrik inilah yang akan menghasilkan tenaga listrik,” jelas Udin. “Listrik yang dihasilkan kemudian disalurkan ke
gardu-gardu listrik,” Lani menambahkan. “Nah, dari gardu-gardu itulah listrik disalurkan ke rumah-rumah atau kantor-kantor,” Edo melengkapi.

“Oh begitu ya. Terima kasih ceritanya ya temanteman,” ujar Siti kepada teman-temannya. Begitulah keseruan pembicaraan Siti dan temantemannya. Dari pembicaraan mereka kalian mendapatkan informasi tentang manfaat waduk sebagai pembangkit listrik.

Selain sebagai pembangkit listrik waduk juga digunakan untuk keperluan lainnya seperti irigasi
atau pengairan sawah, perikanan, dan juga sebagai tempat wisata. Betapa besar manfaat waduk.
Oleh karena itu, dapat dibayangkan apa yang akan terjadi jika waduk kering. Sawah-sawah akan kekeringan dan persediaan energi listrik menjadi berkurang.

Sekarang coba pikirkan, apa akibatnya jika tidak ada listrik. Apa pula akibatnya jika sawah kering?

Kalian telah membaca wacana di atas.

Kunci Jawaban Halaman 74-75 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Kerjakan di buku tugasmu!

1. Tuliskan 2 hal tentang Waduk Jatiluhur yang
sudah diketahui!

Jawaban :

Buka halaman selanjutnya:

  • Whatsapp

Related posts