KUNCI JAWABAN Kelas 6 SD TEMA 8 Halaman 120 121 122 124 Bumi Matahari Bulan Subtema 3 Pembelajaran 5 Buku Tematik Siswa

  • Whatsapp
KUNCI JAWABAN Kelas 6 SD TEMA 8 Halaman 120 121 122 124 Bumi Matahari Bulan Subtema 3 Pembelajaran 5 Buku Tematik Siswa
KUNCI JAWABAN Kelas 6 SD TEMA 8 Halaman 120 121 122 124 Bumi Matahari Bulan Subtema 3 Pembelajaran 5 Buku Tematik Siswa

TOPIKTREND.COM, KUNCI JAWABAN Kelas 6 SD TEMA 8 Halaman 120 121 122 124 Bumi Matahari Bulan Subtema 3 Pembelajaran 5 Buku Tematik Siswa – Yuk simak berikut ini pembahasan kunci jawaban Tema 8 kelas 6 berjudul Bumiku halaman 120, 121, 123, dan 124. Materi soal yang dibahas dikutip dari  Buku Tematik SD kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Pada buku tematik Tema 8 Kelas 6 terdapat 3 subtema diantaranya Subtema 1: Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya, Subtema 2: Bumiku dan Musimnya dan Subtema 3: Bumi, Matahari dan Bulan.

Selengkapnya soal juga terdapat pada subtema 3 Pembelajaran 5 dalam Tema 8 kelas 6 tentang Bumi, Matahari dan Bulan.

Read More

Kunci jawaban Tema 8 kelas 6 SD ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman untuk mengoreksi hasil belajar anak.

Berikut kunci jawaban Buku Tematik Tema 8 Kelas 6 Subtema 3 pembelajaran 5 halaman 120, 121, 123, dan 124 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber:

>>> Halaman 120

Kalender Masehi dan Kalender Hijriah

Perputaran Bumi mengelilingi Matahari (revolusi bumi) dan perputaran Bulan mengelilingi Bumi (revolusi bulan) digunakan untuk menentukan tahun Masehi dan tahun Hijriah. Sistem penanggalan Masehi ditentukan berdasarkan kala revolusi bumi. Sistem penanggalan Hijriah ditentukan berdasarkan kala revolusi bulan.

1. Tahun Masehi

Tahun Masehi juga disebut tahun Syamsiah atau tahun Matahari. Tahun Masehi ditentukan berdasarkan kala revolusi bumi (waktu yang diperlukan Bumi untuk sekali mengelilingi Matahari). Kala revolusi bumi adalah 365 1/4 hari. Satu tahun Masehi dibagi menjadi 12 bulan dengan pembagian jumlah hari sebagai berikut.

Tahun Masehi pertama kali ditetapkan oleh Julius Cesar (Romawi) pada tahun 47. Julius Cesar menetapkan jumlah hari dalam satu tahun 365 hari. Berdasarkan kala revolusi bumi, 1 tahun = 365 ¼ hari. Sisa ¼ hari dari setiap tahun dikumpulkan sehingga setelah 4 tahun akan terkumpul menjadi 1 hari.

Jadi, setiap 4 tahun sekali, jumlah hari dalam 1 tahun = 366 hari dan disebut tahun kabisat. Tahun kabisat adalah tahun bilangannya habis dibagi 4 (empat), misalnya tahun 2000, 2004, dan 2008. Berdasarkan perhitungan yang lebih teliti, kala revolusi bumi adalah selama 365 hari 5 jam, 48 menit.

2. Tahun Hijriah

Tahun Hijriah juga disebut tahun Komariyah atau tahun Bulan. Tahun Hijriah ditentukan berdasarkan kala revolusi bulan (waktu yang diperlukan Bulan untuk sekali mengelilingi Bumi). Kala revolusi bulan adalah 29 1/2 hari sehingga jumlah hari dalam satu tahun = 29 ½  hari x 12 = 354 hari. Satu tahun Hijriah dibagi menjadi 12 bulan dengan pembagian jumlah hari sebagai berikut.

Kalender Hijriah juga mengenal tahun kabisat. Jumlah hari dalam tahun kabisat Hijriah 1 hari lebih lama dibandingkan tahun Hijriah biasa, yaitu 355 hari. Pada tahun kabisat Hijriah, jumlah hari dalam bulan Zulhijah adalah 30 hari. Berdasarkan hal tersebut, hari-hari besar Islam setiap tahun bergeser lebih awal 11 hari pada tahun Hijriah biasa, dan bergeser 12 hari pada tahun kabisat.

>>> Halaman 122

Lima Informasi Penting dari Bacaan

Jawaban:

Sistem penanggalan Masehi berdasarkan kala revolusi bumi, sistem penanggalan Hijriah berdasarkan kala revolusi bulan
Tahun Masehi juga disebut tahun Syamsiah atau tahun Matahari. Satu tahun Masehi dibagi menjadi 12 bulan
Tahun Masehi pertama kali ditetapkan oleh Julius Cesar (Romawi).
Tahun Kabisat adalah tahun yang bilangannya habis dibagi 4 (empat)
Tahun hijriah juga disebut tahun komariyah atau tahun bulan.

Kesimpulanku :

Jawaban:

Sistem penanggalan Masehi berdasarkan kala revolusi bumi. Sistem penanggalan Hijriah ditentukan berdasarkan kala revolusi bulan. Tahun Masehi disebut juga tahun Syamsiah atau tahun Matahari. Tahun Masehi pertama kali ditetapkan oleh Julius Cesar (Raja dari kerajaan Romawi). Satu tahun Masehi dibagi menjadi 12 bulan. Dalam kalender Masehi terdapat tahun Kabisat. Tahun Kabisat adalah tahun yang bilangannya habis dibagi 4 (empat). Terdapat juga tahun Kabisat dalam penanggalan Hijriah. Tahun Hijriah disebut juga tahun Komariyah atau tahun bulan.

Ayo Berkreasi

Buatlah kelompok kerja yang terdiri atas empat orang.

Sajikan kembali informasi yang sudah kamu dapatkan sebelumnya tentang Kalender Masehi dan Hijriah secara visual dengan membuat kalender.

Buatlah dua kalender dengan sistem penanggalan Masehi dan Hijriah yang dilengkapi dengan penjelasan tentang tahun Masehi dan Hijriah

Kalender Masehi

Kalender Masehi www.simplenews.me

Kalender Hijriah

kalender Tahun Hijriah www.simplenews.me

>>> Halaman 124

Presentasikan kalender yang kamu buat. Jelaskan bagian-bagian kalender dan bagaimana cara menggunakan kalender tersebut. Untuk membuat presentasimu menarik,, buatlah reklame untuk mengiklankan presentasi yang akan kamu lakukan. Pilihlah salah satu jenis reklame yang menurutmu paling tepat untuk mengiklankan presentasimu.
Pastikan reklame yang kamu buat berisi informasi yang menarik dan mudah dipahami. Cantumkan topik presentasimu dan kapan presentasi itu akan dilakukan.

Jawaban:

Kalender adalah suatu alat untuk menunjukkan waktu yang telah diperhitungkan sebelumnya. Contoh:

kalender hijriah berdasarkan banyaknya bulan mengelilingi bumi, sedangkan kalender masehi berdasarkan bumi mengelilingi matahari

Kegunaan Kalender : Suatu sistem yg teratur untuk membagi waktu menurut hitungan tahun, bulan, minggu, dan hari.

Contoh reklame kalender:

Buka halaman selanjutnya:

  • Whatsapp

Related posts