Pengertian Gerak Benda, Jenis dan Contohnya dalam Kehidupan

Jual Paket Buku Tematik Siswa SD Terlengkap Kurikullum 2013
Latihan Soal Cerdas Ulangan Harian Kelas 1 2 3 4 5 6, Klik Tombol Berikut:

Gurubagi.com. Di dalam kehidupan sehari-hari makhluk hidup atau suatu benda tidak pernah terlepas dari adanya pergerakan atau melakukan gerak.

Read More

Gerak merupakan salah satu gejala alam yang terjadi setiap saat di lingkungan sekitar kita, seperti halnya ketika kita sedang berjalan, berlari, bersepeda, olahraga, dan lain-lain.

Gerak perpindahan atau pergeseran benda. Ketika suatu benda bergeser atau berpindah posisi maka benda tersebut telah bergerak.

Suatu benda baru dapat bergerak atau dipindahkan, jika gaya yang diberikan cukup besar atau setidaknya dapat mengatasi kondisi diam benda tersebut. Ketika gaya sedang mempengaruhi suatu benda, artinya kerja

Contohnya, kita akan berangkat ke sekolah atau ke tempat setiap harinya. Maka, kita akan berpindah dari rumah ke sekolah dengan jarak tempuh tertentu, misalnya 2 kilometer.

Jenis-Jenis dan Contoh Gerak Benda

1. Gerak Lurus

Gerak lurus adalah gerak benda yang lintasannya berupa garis lurus, atau lintasan yang relatif lurus pada selang waktu tertentu.

Gerak lurus dapat dibedakan menjadi dua, yaitu dan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan.

a. Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Gerak lurus beraturan adalah gerak suatu benda yang terjadi pada lintasan yang lurus. Pada gerak lurus beraturan, benda menempuh jarak yang sama dalam selang waktu yang sama pula.

Gerak lurus terjadi pada kereta api yang bergerak diatas relnya, karena kereta api bergerak pada lintasan yang lurus, kereta api sedang mengalami gerak lurus.

Berikut ini adalah contoh gerak lurus beraturan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Gerak bulan yang mengitari bumi.
  • Mobil yang melaju dalam kecepatan tetap.
  • Kereta yang melaju dalam kecepatan tetap.
  • Kapal laut yang berlayar dalam kecepatan tetap.
  • Gerak planet yang mengitari matahari di tata surya.
  • Pesawat komersil yang terbang dalam kecepatan tetap di udara.

Baca : Pertumbuhan dan perkembangan pada Hewan Serta Fasenya

b. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).

Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak benda pada lintasan lurus, dengan kecepatannya yang berubah secara teratur tiap detiknya.

Gerak jatuh bebas adalah salah satu contoh gerak lurus berubah beraturan. Contoh ketika gerak suatu benda jatuh dari ketinggian tertentu, tentu saja kecepatannya semakin besar.

Berikut adalah contoh gerak lurus berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Apel yang jatuh dari pohonnya.
  • Menendang bola secara horizontal.
  • Kendaraan yang mempercepat lajunya.
  • Menghentikan bola yang menggelinding.
  • Bola yang dilempar ke atas.
  • Orang yang meluncur di atas papan salju.
  • Berkendara di jalanan yang menanjak atau menukik.
  • Orang yang melakukan bungy jumping dan terjun payung.
  • Kendaraan yang memperlambat lajunya dengan mengerem.

2. Gerak Relatif

Gerak relatif adalah gerakan benda yang sifatnya bergantung terhadap beberapa kerangka acuan. Contohnya, bisa kita amati ketika seseorang yang duduk di dalam kereta api yang sedang bergerak.

Dapat dikatakan bahwa orang yang duduk tersebut terlihat diam terhadap kursi yang diduduki dan terhadap kereta apinya, akan tetapi orang tersebut bergerak relatif terhadap stasiun maupun terhadap pohon-pohon yang dilewatinya. Hal tersebut dinamakan sebagai gerak relatif.

3. Gerak Melingkar

Gerak melingkar adalah suatu gerak yang membentuk lintasan garis melingkar dengan jari-jari dari pusat lingkaran. Misalnya, benda-benda yang bergerak di suatu tikungan, maka benda tersebut bergerak membentuk lintasan melingkar.

Contoh gerak melingkar bisa kita lihat, saat melihat pada sebuah motor. Motor yang ada di arena balapan akan bergerak melingkar di arena lintasan balapan,selain itu rodanya yang bergerak melingkar pada porosnya.

4. Gerak Parabola

Gerak parabola adalah gerak yang dalam lintasannya suatu garis yang membentuk parabola. Benda meluncur bebas (tanpa gaya), akan berada dalam pengaruh gravitasi bumi.

Hal itu dapat menyebabkan benda mengalami perlambatan saat bergerak naik, dan percepatan saat bergerak turun hingga menyentuh bumi. Contohnya bisa dilihat pada meriam yang bisa meluncurkan peluru melalui gerak parabola.

Demikian pengertian gerak benda, jenis dan contohnya dalam kehidupan. Semoga bermanfaat.

(Why?)

Jual Paket Buku Tematik Siswa SD Terlengkap Kurikullum 2013
Latihan Soal Cerdas Ulangan Harian Kelas 1 2 3 4 5 6, Klik Tombol Berikut:


Related posts