Sibuk Kerja, Ini 5 Tips Makan Siang Sehat Untuk Pekerja Kantoran

0
64
Jangan-Makan-di-Meja-Kerja

Sebagian orang memang tidak terbiasa makan pagi, beberapa juga tidak makan malam. Tetapi sebagian besar orang melakukan makan siang. Umumnya makan siang dilakukan ketika istirahat dari aktivitas atau kerja yang sedang dilakukan. Waktu makan ini diperlukan untuk mengisi tenaga ketika melanjutkan aktivitas berikutnya. Memilih menu makan siang sehat menjadi salah satu hal penting.

Di samping memilih menu makan siang sehat yang mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, ada beberapa cara yang dapat dilakukan supaya makan siang anda bisa lebih sehat khususnya bagi anda pekerja kantoran yang sibuk.

1. Membuat Menu Makan Siang Sendiri

Membuat Menu Makan Siang Sendiri
Membuat Menu Makan Siang Sendiri

Mempersiapkan bekal untuk makan siang sendiri akan lebih aman dan lebih murah karena anda tahu apa isi dari bekal makan siang tersebut. Anda dapat memasukkan berbagai macam jenis makanan sehat yang tidak habis semalam sebelumnya. Anda juga bisa menambahkan sayuran.

Jangan mengandalkan makanan yang dibeli dari toko, terlebih lagi junk food. Itu harus dijadikan sebagai pilihan terakhir. Hal ini karena makanan yang dibeli dari toko bisa mengandung berbagai macam bahan proinflamasi. Khususnya minyak sayur dan juga pengisi murah yang tidak akan memberikan energi besar. Sehingga bisa membuat anda merasa lapar terus dan tidak akan puas dengan makan siang anda.

2. Jangan Makan di Meja Kerja

Jangan Makan di Meja Kerja
Jangan Makan di Meja Kerja

Sebaiknya anda menikmati makan siang anda di tempat yang tenang. Bila memungkinkan anda bisa memilih lokasi di luar ruangan. Makan siang yang dilakukan di meja kerja bisa membuat anda lebih fokus bekerja dibandingkan dengan makan. Hal ini bisa mengakibatkan terjadinya kenaikan berat badan.

Reseptor dari usus ke bagian otak tidak bekerja dengan optimal dan bisa membuat anda tidak puas. Serta ingin makan lebih banyak tanpa sadar apa saja makanan yang sudah anda konsumsi. Duduk membungkuk dan juga makan tanpa dikunyah dengan benar juga bisa mengakibatkan masalah pencernaan.

3. Pilih Menu dengan Gizi Seimbang

Pilih Menu dengan Gizi Seimbang
Pilih Menu dengan Gizi Seimbang

Menu makan siang yang baik haruslah memenuhi prinsip gizi yang seimbang. Dengan kata lain, didalamnya terdapat sumber karbohidrat, serat, protein dan juga mikronutrien seperti mineral dan vitamin. Kebutuhan energi yang besar ketika makan siang pastinya akan menjadi sehat bila dilengkapi dengan sayur dan buah. Anda bisa mengolah sayur dan buah dalam berbagai sajian seperti jus buah atau makanan pendamping menu utama.

Protein yang tepat di dalam menu makanan utama juga bisa mendukung asupan gizi yang lengkap. Ikan, daging atau telur dapat dipilih sebagai salah satu bahan makanan dengan protein tinggi ketika makan siang.

4. Sediakan Minuman yang Tepat

Sediakan Minuman yang Tepat
Sediakan Minuman yang Tepat

Satu gelas susu nabati atau jus sayur dan buah dapat menjadi pilihan yang tepat. Bukan hanya itu, air putih juga dapat menjadi salah satu pilihan minuman yang menyehatkan. Mempersiapkan minuman yang tepat bisa menjadi salah satu cara bagi anda tetap menjaga kondisi kesehatan supaya anda bisa tetap terhidrasi seharian meski bekerja.

5. Hindari Hal yang Kurang Baik Setelah Makan

Hindari Hal yang Kurang Baik Setelah Makan
Hindari Hal yang Kurang Baik Setelah Makan

Ada beberapa orang yang merasa ngantuk setelah makan siang atau ingin makan cemilan seperti coklat dan lain sebagainya. Ini adalah salah satu hal yang kurang bijak yang bisa berakibat buruk bila anda konsumsi.

Anda bisa memilih menu makan siang sehat yang bergizi seperti beras merah, ikan putih dan berminyak dan makanan laut. Quinoa serta kue gandum dan berbagai macam sayuran berwarna warni. Selanjutnya ditaburi dengan biji atau kacang. Ini akan lebih baik untuk makan siang anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here