Tak Perlu Khawatir, Terapkan 5 Tips Internet untuk Anak yang Aman Ini

0
69

Era digital saat ini semakin mudah dinikmati oleh semua usia. Tidak mungkin rasanya anda menolak dan mengelak realita ini. Apapun yang di ingin diketahui anak semuanya cukup mudah untuk dilihat dengan cara browsing atau melihat di youtube. Di satu sisi ini menjadi berkah luar biasa, anak-anak memiliki sumber informasi, hiburan dan pengetahuan yang berlimpah. Namun disisi lain juga sering menjadi sumber permasalahan. Lantas bagaimana memberikan kan fasilitas internet untuk anak yang aman?

Sebagai orang tua anda tidak perlu khawatir, karena kami punya tips internet untuk anak yang aman. Sehingga anak tetap bisa mendapatkan akses internet dan media sosial yang baik untuk tumbuh kembang mereka.

 

Saat anda menggunakan family link, maka orang tua bisa memahami secara lebih baik bagaimana perilaku anak ketika menjelajahi dunia internet. Bukan hanya itu, mereka juga bisa menetapkan seberapa batas yang sesuai dengan kebutuhan anak. Seperti halnya mengawasi waktu pemakaian perangkat serta membatasi akses harian. Selanjutnya anak bisa memuaskan rasa ingin tahu dengan berbagai macam aplikasi yang telah direkomendasikan oleh para guru.

Selanjutnya mengunci perangkat anak dari jarak jauh, melihat lokasi keberadaan mereka, melihat aktivitas mereka, serta mengelola akun dan juga aplikasi yang digunakan anak. Dengan menggunakan family link ini, maka anak tetap bisa berselancar di dunia internet dan bersosial media dengan batasan dan juga pengawasan dari orang tua.

2. Dampingi Anak Saat Bermain Gadget

Walaupun terkadang membuat risih anak, orang tua tak perlu canggung ketika mendampingi anak saat bermain gadget atau berinternet. Tanyakan beberapa hal mengenai apa yang sedang dilakukan anak dengan gadgetnya. Tentunya dengan nada yang tidak menyindir dan apapun yang bisa membuat anak menjadi terintimidasi.

Sebagai orangtua, posisikan diri sebagai teman dan sahabat anak ketika melakukan pendampingan. Supaya anda dapat masuk ke dunia mereka dan supaya anak tidak merasa dipantau dan juga terintimidasi. Ketahui apa yang dilakukan anak ketika berselancar di dunia maya. Pantau selalu perilakunya saat dan sesudah bermain menggunakan gadgetnya secara berkala.

3. Jangan Mengumbar Informasi Pribadi

Ada beberapa aktivitas di sosial media dengan channel yang ada didalamnya meminta data identitas dari pengakses. Namun sayang, tidak semua channel di media sosial baik untuk diikuti.

Sebaiknya ketika melakukan pendampingan anda dapat menasehati anak supaya berhati-hati ketika memberikan informasi pribadi atau identitas. Khususnya alamat rumah dan nomor telepon. Di dunia maya ada beberapa bahaya kejahatan yang dapat terjadi karena mengumbar info pribadi. Seperti penculikan, penipuan, pengambilalihan akun dan berbagai kejahatan cyber yang lain.

4. Menyepakati Berbagai Perilaku

Orang tua bisa memberikan akses internet yang aman bagi anak dengan menyepakati sejumlah perilaku. Seperti sepakat dengan berapa jam lama anak bermain gadget atau dimana tempat anak bermain gadget. Sebab semakin nyaman serta semakin terjaga privasinya ada kemungkinan anak semakin dekat dengan sumber bahaya. Oleh karena itu, sebaiknya anda menyepakati aturan main bersama anak.

5. Pengaturan Keamanan Gadget

Salah satu tips pemberian akses internet untuk anak yang aman dapat dilakukan dengan mengatur keamanan pada gadget. Termasuk layanan keamanan enkripsi dan lainnya ketika melakukan akses internet seperti PIN pada smartphone anda. Atur sedemikian rupa supaya ketika gadget diberikan kepada anak, resiko penyalahgunaan dari gadget tersebut tidak terjadi. Anda juga bisa memilih berbagai macam aplikasi ramah anak seperti Anak Cerdas, Youtube Kids, Jungle Time dan berbagai aplikasi ramah anak yang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here