Butuh Pendapatan Tambahan, 6 Ide Usaha Sampingan Online di Rumah ini Bisa Anda Coba

0
62

Kebutuhan dan biaya hidup yang semakin tinggi kadangkala membuat gaji bulanan kita terasa tidak pernah cukup. Entah itu anda yang bekerja sebagai karyawan, buruh atau pegawai negeri menginginkan bisa hidup layak sekarang dan masa depan. Sehingga anda harus cari usaha sampingan agar mendapat penghasilan tambahan diluar jam kerja.

Akan tetapi padatnya jam kerja pasti menghambat anda untuk melakukan pekerjaan tambahan. Meskipun harus bekerja malam diluar, pasti konsekuensinya tidak dapat berkumpul dengan keluarga. Bila memaksa bekerja sampingan di hari libur, anda pasti tidak bisa karena anda tetap butuh waktu istirahat dan santai. Untuk itu, anda bisa memulai usaha sampingan online yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Cara ini bisa dilakukan untuk memperoleh uang tambahan di sela-sela kesibukan saat menjalankan profesi anda. Ada beruntung saat ini hidup di zaman yang modern di mana perkembangan internet sudah semakin pesat. Ada banyak pekerjaan sampingan online yang tidak menyita waktu yang bisa anda coba.

Salah satunya adalah usaha online yang saat ini sudah semakin mudah dilakukan. Modal yang minim dan pilihan bisnis yang banyak menjadi alasan usaha online banyak dipilih. Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa bisnis online semakin diminati.

Selain modalnya minim, anda bisa melakukan bisnis ini di mana saja dan dijamin menguntungkan. Anda hanya perlu kemauan dan juga koneksi internet. Bisnis ini tidak mengharuskan anda pergi ke mana-mana dan bahkan bisa juga dilakukan di rumah.

Memulai Usaha Sampingan Online

Bagi anda yang ingin memulai bisnis sampingan secara online, maka anda bisa mencari berbagai macam inspirasi bagaimana cara memulainya dari nol. Anda tak perlu bingung dan khawatir serta takut untuk memulainya. Dengan niat yang kuat, anda bisa memulai bisnis online ini dengan berbagai macam cara.

1. Cari Inspirasi dari Keluarga atau Teman

Sebelum anda memulai usaha sampingan online ini sebaiknya anda lakukan riset apa saja produk yang banyak dicari oleh masyarakat sekarang ini. Anda bisa mencari produk yang sedang trend atau produk yang selalu dibutuhkan oleh banyak orang.

Riset ini bisa anda mulai ketika anda berkumpul dengan keluarga atau teman. Dengarkan apa yang mereka utarakan mengenai produk yang saat ini sedang ramai jadi perbincangan. Cari tahu pula di mana anda bisa memperoleh produk tersebut. Termasuk bagaimana cara mendapat supplier agar dapat memberikan harga termurah.

Pahami apa yang menjadi kebutuhan publik di tahap awal anda harus ingat produk yang dijual adalah yang dibutuhkan oleh banyak orang. Bukan karena anda suka dan ingin menjualnya.

2. Menetapkan Produk yang Ingin Dijual

Untuk menentukan produk seperti apa yang ingin dijual, anda juga dapat melakukan riset secara online. Caranya dengan mencari keyword atau kata kunci yang banyak dicari tentang sebuah produk. Semakin banyak produk tersebut dicari orang, itu tandanya produk itu memang sedang dibutuhkan.

Dalam hal ini anda juga harus ingat bahwa persaingan untuk menjual produk itu tentu tidak mudah. Pasti banyak orang yang memiliki pemikiran yang sama. Oleh sebab itu, pikirkan dengan matang produk yang ingin dijual sebagai penambah penghasilan anda.

Anda dapat memilih dua tipe produk yaitu produk yang sedang trend atau yang sifatnya long time, tidak pernah basi dan selalu dibutuhkan. Selama harga yang ditawarkan bersaing, tentunya jualan anda akan memiliki banyak pembeli.

3. Tentukan Sistem Penjualan

Dunia online atau digital memudahkan banyak hal di dalam kehidupan ini. Termasuk untuk memperoleh produk dan menjualnya kembali dengan menambah keuntungan. Sistem penjualan yang saat ini banyak diterapkan pelaku bisnis online di usaha mereka adalah dropshipper.

Sistem ini bisa membuat anda tidak perlu menyimpan stok barang untuk dijual. Biarkan supplier atau penjual utama yang melakukan hal tersebut. Tugas anda cukup mencari pembeli dan urusan pengiriman barang sudah menjadi urusan distributor.

Tetapi dalam hal ini anda harus cermat dalam memilih distributor yang memiliki kredibilitas tinggi. Jangan sampai menerima banyak keluhan karena kualitas barangnya tidak sesuai dengan apa yang anda tawarkan.

4. Membangun Website

Bila anda punya modal di awal usaha sampingan anda, anda dapat melakukan stok dan pengiriman barang sendiri. Ini untuk menjaga dan meningkatkan kredibilitas sebagai penjual cimata konsumen anda.

Sebaiknya mulai membangun website penjualan online. Website adalah pusat aktivitas bisnis online. Juga menjadi tempat penyimpanan data customer yang suatu saat pasti dibutuhkan. Saat anda mempunyai website maka calon pembeli juga dapat diberikan banyak pilihan dari produk yang anda jual. Termasuk informasi detail mengenai produk yang mereka inginkan.

5. Promosi Lewat Sosial Media

Jika website yang anda miliki sudah tayang di dunia maya inilah saatnya untuk menyebarluaskannya. Sekeren dan sebagus apapun website anda bila tidak diketahui orang tentu semua itu percuma.

Saat ini adalah eranya sosial media. Anda dapat promosi lewat sosial media secara gratis. Anda bisa menjadikan sosial media sebagai pilihan utama sebagai sarana promosi ketika anda sedang memulai bisnis online.

Anda bisa membuat akun dengan nama toko online atau website yang anda miliki. Jangan cuma di satu media sosial saja, namun anda bisa mempromosikannya dengan banyak varian. Di Indonesia sendiri media sosial yang banyak digunakan untuk promosi adalah instagram, facebook, twitter dan juga youtube.

Sebaiknya anda punya akun pribadi di tiga media sosial utama tersebut. Jadi anda dapat lebih mudah untuk menyebarkan informasi tentang website dan produk yang menjadi lahan anda untuk memperoleh tambahan penghasilan.

Langkah Menjalankan Usaha Sampingan di Rumah

Bila anda sudah mempersiapkan cara menjalankan usaha sampingan online. Kini saatnya anda menerapkan berbagai macam langkah yang bisa dilakukan untuk membangun usaha sampingan di rumah. Anda bisa memanfaatkan waktu anda setelah ngantor atau bekerja.

Memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari merupakan kewajiban. Sebab bila tidak dilakukan bagaimana anda dapat hidup. Apalagi bila anda sudah mempunyai tanggungan keluarga, pastinya ini menjadi sebuah hal yang wajib sebagai tanggung jawab.

Namun bagaimana dengan impian bisnis anda? Apakah akan dilepas begitu saja? Jawabannya pasti tidak.

Anda masih dapat berbisnis walaupun sambil kerja kantoran namun dengan catatan anda harus mengetahui langkah dan strateginya. Berikut ini kami bagikan bagaimana langkah-langkah menjalankan usaha sampingan di rumah sambil bekerja.

1. Manfaatkan Waktu Setelah Bekerja

Facebook orang kantoran kebanyakan punya jam kerja mulai dari pukul 8 pagi sampai 5 sore. Di antara jam tersebut selain jam tidur anda dapat memanfaatkannya untuk membangun bisnis, termasuk ketika weekend.

Apalagi bila anda masih single atau masih sendiri. Maka tidak ada tuntutan membawa jalan-jalan keluarga ke tempat wisata. Sehingga bisa digunakan semaksimal mungkin untuk membangun bisnis sampingan tersebut.

2. Menyusun Jadwal Aktivitas untuk Membangun Bisnis Sampingan Anda

Bukan hanya memanfaatkan waktu di luar jam kantor. Anda juga harus membuat jadwal aktivitas apa yang ingin dilakukan dalam membangun bisnis di rumah. Hal iniĀ  paling penting sebagai produktivitas anda di dalam membangun bisnis sampingan di rumah. Sebab bila tidak, maka aktivitas anda bisa jadi hanya akan membuang waktu dan hasilnya sia-sia.

3. Memprioritaskan Aktivitas yang Bisa Membuat Bisnis Anda Besar

Selanjutnya langkah yang bisa anda tempuh adalah memilih aktivitas apa yang berguna untuk bisnis dan yang tidak. Aktivitas ini bisa disebut sebagai aktivitas kunci. Jika sudah dipilah, maka aktivitas kunci dapat diberi waktu lebih lama dibandingkan dengan aktivitas lain. Di samping itu, anda juga dapat membuat berbagai macam aktivitas pendukung yang bisa mendukung aktivitas kunci tersebut.

4. Metrik Perhitungan dan Evaluasi Bulanan

Langkah terakhir anda bisa menghitung apa saja yang telah didapatkan selama sebulan ke belakang. Apakah anda mendapatkan pertambahan followers, subscriber, likers atau sales produk anda.

Bila anda menawarkan jasa, maka berapa klien yang menggunakan jasa anda. Berapa repeat dan lain sebagainya. Sesudah itu, sebaiknya evaluasi apa yang harus diperbaiki dan dikembangkan. Dengan aktivitas ini anda sudah dapat mulai menghasilkan dari bisnis sampingan di rumah dalam kurun waktu 3 hingga 5 bulan.

Raih jalan keberhasilan anda dengan tekun dan konsisten. Untuk bisa membangun usaha sampingan di rumah apalagi sambil bekerja kantoran diakui harus perlu ketekunan yang luar biasa. Sebab bisa jadi pekerjaan kantor juga banyak yang dibawa ke rumah. Selain itu, konsisten juga harus menjadi komitmen yang harus anda pegang agar bisnis sampingan anda juga bisa berjalan dengan lancar.

Bisnis Sampingan

Bisnis sampingan secara online adalah jenis bisnis atau usaha yang dikerjakan dengan menggunakan jaringan internet. Sistem kerjanya membutuhkan laptop atau komputer serta smartphone sebagai aplikasi kerjanya.

Mungkin banyak orang bertanya apakah anda bisa menghasilkan uang dari internet. Sekarang ini memperoleh penghasilan tidak harus dilakukan dengan cara offline. Sebab di zaman yang serba modern ini hampir seluruh aspek kehidupan dapat dilakukan secara online.

Oleh sebab itu, kita bisa memperoleh penghasilan dari internet. Bahkan penghasilan yang dapat diperoleh dari bisnis online juga lebih besar dibandingkan dengan penghasilan dari bisnis yang dilakukan secara offline.

Bisnis online juga bisa dibilang sebagai kerja online di mana anda bekerja secara online di internet dan memperoleh penghasilan dari sana. Kerja online sifatnya bebas waktu kerja. Jadi cocok sekali bila dijadikan sebagai usaha sampingan. Bila anda tertarik dengan bisnis online, maka ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh jika anda menjalankan bisnis online tersebut.

1. Dapat Dijalankan Kapanpun dan Dimanapun

Pertama kelebihan yang bisa anda dapatkan ketika menjalankan bisnis online yaitu kemudahan saat menjalankannya. Anda tidak memerlukan tempat yang strategis, tidak memerlukan waktu kerja yang tepat dan tidak ada batasan hari. Semuanya terserah pada anda. Asalkan terdapat sambungan internet, di manapun dan kapanpun anda dapat menjalankan bisnis online sampingan tersebut.

2. Modal Minim Bisa Disesuaikan Isi Dompet

Keuntungan selanjutnya dari bisnis sampingan online yaitu modal yang dapat disesuaikan dengan kondisi finansial. Anda tidak harus mempunyai modal besar agar bisa menjalankan bisnis online. Bahkan anda juga bisa memulai usaha tersebut tanpa modal sekalipun. Asalkan mempunyai laptop atau komputer yang tersambung dengan jaringan internet.

Lantas bagaimana bila anda tidak mempunyai komputer? Anda tak perlu khawatir sebab saat ini bisnis online juga dapat dilakukan lewat smartphone. Anda dapat pergi ke warnet, umumnya warnet menyediakan beberapa pilihan paket seperti paket per jam 3 jam atau paket 24 jam. Dengan membeli paket tersebut, maka biaya yang diperlukan lebih sedikit dibandingkan dengan paket reguler.

3. Potensi Bisnis Internasional

Internet adalah jaringan global yang dapat saling terhubung bahkan di seluruh dunia. Bisnis online yang saat ini dijalankan walaupun produk atau artikelnya dalam bahasa Indonesia namun tetap dicari banyak orang di luar negeri. Sebab orang Indonesia juga tersebar hampir di seluruh dunia. Sehingga dengan bisnis online, maka usaha sampingan yang dijalankan mempunyai potensi berkembang hingga ke dunia internasional.

4. Apapun Latar Belakang Anda, Bisa Sukses

Seseorang yang berkeinginan untuk memulai bisnis online maka tidak harus mempunyai kemampuan dalam bidang tersebut. Ini merupakan salah satu keunggulan bisnis online sebab dapat dijalankan oleh siapapun tidak peduli seperti apa latar belakangnya.

Supaya dapat meraih kesuksesan di dalam berbisnis online pastinya anda harus belajar tentang bisnis online. Anda bisa belajar melalui website forum atau rekan bisnis online. Dalam hal ini anda tak perlu khawatir jika tidak bisa. Asalkan anda mempunyai niat dan tekad yang kuat pasti anda dapat meraih kesuksesan yang anda impikan.

5. Hasil Melimpah Hingga Diluar Dugaan

Menjalankan bisnis online tidak bisa tahu secara pasti berapa pendapatan yang bisa dihasilkan. Semuanya tergantung kondisi pasar global. Misalnya bila anda menjalankan bisnis online di dalam bidang afiliasi atau membeli produk barang lewat website atau blog. Maka anda bisa memperoleh komisi yang cukup besar bahkan di luar dugaan anda.

6. Bisnis yang Bebas Pajak

Jika anda menjalankan bisnis sampingan offline seperti mendirikan toko, tentu anda diwajibkan untuk membayar pajak baik berupa pajak bangunan atau pajak pendapatan. Tetapi hal ini berbeda dengan bisnis online.

Sebesar apapun bisnis yang anda miliki dan sebesar apapun pendapatan anda asalkan usaha tersebut sifatnya digital tidak dikenakan pajak dalam bentuk apapun. Mungkin anda harus membayar jasa sewa seperti persewaan Domain dan juga Hosting.

7. Waktu Pengerjaan Bebas

Bila ada pertanyaan pekerjaan seperti apa yang dapat dilakukan dengan bebas tanpa perintah dan memiliki waktu kerja sesuai keinginan. Jawabannya adalah bisnis online. Kerja secara online sifatnya bebas dari segi apapun untuk orang yang menjalankannya. Sehingga tidak heran jika saat ini banyak orang yang beralih dari bisnis offline ke bisnis online. Mungkin berikutnya anda.

8. Ciptakan Banyak Sumber Income

Bila sekali saja anda menemukan produk yang tepat, anda dapat membuat produk lain dan menciptakan sumber pendapatan lainnya. Atau anda juga bisa menjalankan dua bisnis berbeda sekaligus yang dapat dilakukan tanpa menyita banyak waktu.

Ide Usaha Sampingan

Berikut ini adalah beberapa ide usaha sampingan yang bisa anda lakukan di rumah secara online. Bahkan ada beberapa bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal. Simak ulasan dan cara selengkapnya agar anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari bisnis tersebut.

1. Reseller atau Dropshipper

Pengertian sederhananya, reseller yaitu orang yang menjualkan produk orang lain. Sementara dropshipper adalah orang yang menjual barang milik orang lain tetapi dengan menggunakan nama pribadinya.

Jika anda bertanya usaha online mana yang paling laris? maka dapat dibilang ini merupakan pilihan yang paling diminati dan mudah untuk dilakukan. Jadi anda tidak perlu repot memikirkan konsep bisnis dan membuat produk.

Anda cukup melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Menemukan produk yang akan dijual.
  • Membuat akun yang ada di situs penjualan.
  • Membuat akun di berbagai media sosial.
  • Mempromosikan produk yang ingin dijual.

Di jamin bisnis ini tidak akan membuat anda rugi. Bahkan bisa jadi malah mendatangkan keuntungan yang besar. Mengapa demikian? Sebab anda tidak perlu memikirkan seperti apa konsep bisnis yang akan dijalankan. Anda juga tidak perlu repot untuk mencari produk dan anda dapat menjual produk dengan selisih harga tertentu.

Dari sini anda bisa memperoleh keuntungan hanya dengan memasarkan produk saja. Anda tak perlu takut mengalami kerugian sebab anda dapat membeli produk pada penjual utama hanya ketika ada pesanan.

Hal yang harus dipastikan dalam menjalankan bisnis dropship atau reseller ini adalah pastikan produk yang dijual adalah produk yang berkualitas. Sangat disarankan pula agar anda mempunyai banyak akun jualan online. Hal ini bisa membuat calon pembeli dengan mudah menemukan produk yang anda tawarkan.

2. Menjadi Blogger

Bisnis online yang satu ini cocok sekali bagi anda yang senang bercerita. Bila tanda dirinya anda bercerita di buku diary. Inilah saatnya anda beralih bercerita menggunakan internet anda dapat membuat sendiri blog atau website khusus.

Boleh percaya atau tidak bisnis rumahan sampingan ini ternyata sangat menguntungkan. Mengapa bisa demikian, bukankah kegiatannya hanya menulis. Jangan salah persepsi dulu anda bisa memperoleh banyak uang hanya dengan menulis. Sebab saat mempunyai blog sendiri anda dapat memasang iklan online lewat google adsense atau bisa juga menjual jasa review.

Dua hal tersebut dapat dilakukan bila usia blog anda sudah lama dan telah aktif diisi berbagai macam konten. Anda dapat memasang iklan dengan google adsense. Meskipun mungkin awalnya ditolak tapi anda tak boleh menyerah untuk mencobanya lagi.

Bila anda masih merasa bingung dari mana memulainya, maka hal pertama yang harus dilakukan yaitu menentukan konsep blog anda. Kira-kira topik apa yang ingin ditulis. Semakin banyak blog akan semakin menguntungkan.

Jangan lupa untuk terus memantau dan update konten dalam blog anda. Supaya lebih banyak pengunjung dan anda juga bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.

3. Penulis Lepas

Anda bisa mendapatkan ratusan ribu per artikel dengan menjadi penulis lepas. Hal ini bisa anda lakukan bila anda tipe orang yang tidak sabar menunggu blog ramai pengunjung. Usaha online yang satu ini terbilang populer sebab saat ini banyak situs baru dan pastinya membutuhkan cukup banyak konten artikel.

Artikel ini dibutuhkan untuk membuat situs lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari di internet. Walaupun dianggap mudah, akan tetapi tidak semua orang dapat membuat konten tulisan yang baik.

Sayang tidak semua orang membayar penulis lepas dengan bayaran tinggi. Jika anda masih seorang pemula, sangat wajar bila anda dibayar dengan nominal rendah. Tetapi bila anda sudah ahli dalam bidangnya, maka ratusan ribu berartikel pun bisa masuk kantong.

Satu hal yang harus anda ketahui, artikel dengan bahasa Inggris bisa dibayar lebih mahal dibandingkan dengan artikel bahasa Indonesia. Bila artikelnya semakin panjang, tentu bayaran yang diperoleh juga akan semakin besar.

Sebagai pemula anda dapat membuat akun di berbagai situs khusus untuk para pekerja lepas atau yang sering disebut dengan istilah freelancer. Sebaiknya anda juga melampirkan beberapa contoh tulisan ketika menawarkan diri sebagai seorang penulis lepas. Hal ini bisa memudahkan calon klien untuk mempertimbangkan. Sehingga anda juga bisa mempunyai nilai jual tambahan.

4. Menjual Jasa Desain Grafis

Salah satu ide usaha sampingan online yang bisa dilakukan di rumah adalah dengan menjual jasa desain grafis. Bila anda punya kemampuan mendesain sebaiknya dimanfaatkan. Perkembangan zaman sekarang ini membuat banyak pihak memerlukan jasa desain grafis.

Bila anda masih seorang pemula, teruslah berlatih mendesain agar bisa meningkatkan kualitas dan bisa menambah portofolio. Jenis usaha online tanpa modal ini dapat dilakukan di rumah jadi jangan dianggap sepele.

Karena desain grafis itu bisa sangat mahal. Terlebih lagi bila anda merupakan desainer profesional. Uang dengan angka ratusan ribu hingga jutaan rupiah bisa masuk ke kantong anda untuk setiap desain yang anda buat.

Bila saat ini anda kuliah dalam bidang desain grafis anda bisa mencari freelance sejak kuliah. Ini bisa menambah jam terbang dan kemampuan serta nilai jual anda juga akan semakin tinggi.

jika anda sudah merasa percaya diri dan punya desain profesional. Anda bisa bergabung dengan berbagai macam marketplace penyedia jasa. Kesempatan anda untuk menerima proyek desain dari dalam dan luar negeri akan berdatangan.

Dalam hal ini anda harus selalu ingat bahwa jangan terlalu memilih proyek ketika anda baru memulainya. Bila anda sudah ahli, anda bisa mengiklankan jasa kursus online desain grafis dan ini bisa menambah penghasilan anda.

5. Jadi Admin Sosial Media

Ada salah satu usaha sampingan online tanpa modal yang bisa membuat anda dibayar hingga jutaan rupiah perbulan. Apa itu? Usaha yang satu ini erat hubungannya dengan perkembangan zaman.

Seperti yang kita tahu, hampir setiap orang punya akun media sosial. Bahkan satu orang juga bisa mempunyai beberapa akun. Maka peluang ini yang dilirik para perusahaan. Pengembangan bisnis lewat media sosial saat ini juga gencar dilakukan.

Oleh sebab itu, saat ini admin sosial media menjadi sebuah profesi yang semakin berkembang. Bukan hanya full time, namun pekerjaan tersebut juga dapat dilakukan secara freelance.

Dengan demikian pekerjaan ini dapat dilakukan dimanapun termasuk di rumah anda sendiri. Pekerjaan ini tergolong menjanjikan. Namun sebelum anda berkecimpung dalam hal ini, anda harus tahu apa saja tugas anda yang harus dilakukan.

Tugas anda yaitu:

  • Membuat konten semenarik mungkin.
  • Meningkatkan jumlah like atau followers.
  • Berinteraksi dengan followers.

Bila dilihat tugas tersebut tampak sederhana namun nyatanya tidak. Anda juga memiliki tugas untuk meningkatkan brand awareness dari perusahaan.

Bahkan ada juga yang meminta menaikkan jumlah pengunjung situs lewat media sosial. Oleh sebab itu, tidak mengherankan bila profesi ini dibayar dengan bayaran yang cukup tinggi.

6. Menjadi Vlogger Profesional

Blog merupakan singkatan dari video blog. Isinya mirip seperti blog tetapi dikemas dalam bentuk video. Anda dapat membuat berbagai macam video ulasan seperti kehidupan pribadi, travelling, kuliner dan lain sebagainya.

Usaha sampingan yang satu ini sepertinya sedang banyak dilakukan generasi milenial saat ini. Vlogger nyatanya sangat menguntungkan. Bila anda masih bingung karena tidak punya kamera terbaik, anda tak perlu khawatir. Anda dapat memulai usaha sampingan ini dengan menggunakan kamera handphone.

Selanjutnya yang anda butuhkan adalah:

  • Kreativitas
  • Percaya diri
  • Memiliki kemampuan mengedit yang baik
  • Pakailah efek unik di video supaya hasilnya lebih maksimal
  • Bbila sudah anda tinggal unggah video anda ke situs penyedia konten video.
  • Anda dapat mengubahnya dengan gratis.

Bila video yang anda buat semakin menarik, tentu yang melihatnya juga semakin banyak. Bila yang melihat video anda semakin banyak, tentunya uang jutaan rupiah bisa anda peroleh. Anda tertarik menggeluti usaha sampingan online tanpa modal ini? Segera saja lakukan langkah-langkah seperti yang sudah dijelaskan tadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here