Fakta dan Cara Mengatasi Penyakit Biduran

Fakta dan Cara Mengatasi Penyakit Biduran
Fakta dan Cara Mengatasi Penyakit Biduran
Jual Paket Buku Tematik Siswa SD Terlengkap Kurikullum 2013
Latihan Soal Cerdas Ulangan Harian Kelas 1 2 3 4 5 6, Klik Tombol Berikut:

TOPIKTREND.COM, Fakta dan Cara Mengatasi Penyakit Biduran – Biduran merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak di Indonesia. Biduran biasanya dialami oleh 20% orang dewasa dan 15% anak-anak, nama medis dari biduran yaitu urtikaria.

Biduran atau urtikaria yaitu merupakan ruam merah pada kulit yang berupa benjolan dengan rasa gatal yang membuat tidak nyaman. Umumnya biduran sering disangkutpautkan dengan reaksi dari alergi.

Read More

Oleh karenanya biduran sering kali ditemukan di Indonesia. Nah, mungkin kamu mungkin kamu pernah mengalami biduran dan tidak tau apa yang menyebabkannya.

Nyatanya penyebab dari penyakit biduran tidak banyak diketahui. Oleh karenanya untuk mengetahui penyebab dari penyakit biduran ini kamu bisa mencari tahu dan berkonsultasi melalui aplikasi klik dokter dengan mendownload nya download disini.

Untuk membahas lebih jauh tentang penyakit biduran. Silahkan simak pembahasannya dibawah ini!

  1.   Fakta-fakta Penyakit Biduran

Faktanya biduran bisa terjadi karena dipengaruhi beberapa faktor seperti stres, efek samping obat, suhu yang terlalu panas dan dingin, gigitan serangga, serta infeksi. Fakta lainnya dari biduran yang harus kamu ketahui yaitu:

        Biduran tidak menular, pada dasarnya biduran tidak menular, jika pun menular hal itu disebabkan karena faktor pemicunya seperti infeksi terhadap virus, bakteri, dan lainnya.

        Jangan Menggaruk. Jika kamu terus menggaruk biduran maka akan menyebabkan luka serta bentol menjadi lebih gatal

        Orang yang terserang penyakit biduran dibolehkan mandi. Banyak orang yang meyakini bahwa jika terkena penyakit biduran orang tersebut tidak boleh mandi, padahal air bukanlah faktor yang menyebabkan biduran, disarankan kamu mandi dengan air biasa atau hangat kuku.

 

  1.   Faktor yang Menyebabkan Biduran

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya penyakit biduran bisa disebabkan banyak hal. Umumnya biduran terjadi sebab tubuh mengalami reaksi karena alergi melepaskan histamin dan bahan kimia pada bawah permukaan kulit.

Bhan kimia serta histamin yang dilepaskan tersebut menyebabkan peradangan serta membuat carian menumpuk di bawah kulit yang menyebabkan ruam dan bentol.

Faktor lainnya yang menyebabkan biduran yaitu:

        Efek obat-obatan seperti obat antibiotik, anti inflamasi nonsteroid

        Makanan dan minuman tertentu

        Infeksi akibat virus, seperti flu, demam kelenjar, dan hepatitis B

        Infeksi karena bakteri, seperti saluran kemih dan radang tenggorokan

        Infeksi parasit

        Perubahan suhu yang terlalu ekstrem

        Alergi bulu, dan debu

        Gigitan Serangga

        Alergi Serbuk Sari

        Goresan

        Stres

        Penyakit kronis seperti lupus

        Paparaan bahan-bahan kimia

 

  1.   Gejala Penyakit Biduran

Gejala penyakit biduran yaitu umumnya muncul bentol-bentol di dalam permukaan kulit, adanya ruam, bercak dan rasa gatal yang meradang. Gejala tersebut muncul secara tiba-tiba dan kemudian akan hilang sendirinya dalam satu malam tanpa pengobatan khusus.

Akan tetapi jika biduran tidak kunjung menghilang. Disarankan orang tersebut harus segera memeriksakan dirinya ke dokter untuk mencegah terjadinya komplikasi penyakit biduran.

Beberapa gejala penyakit biduran yang perlu diwaspadai antara lain sesak napas, lemas, terjadi pembengkakan pada area mata dan mulut, serta pusing. Gejala-gejala tersebut merupakan tanda dari biduran yang parah, oleh karenanya perlu ditangani lebih lanjut.

  1.   Mengobati Penyakit Biduran

Umumnya penyakit biduran akan hilang dengan sendirinya. Akan tetapi jika gejala penyakit biduran parah maka ada beberapa beberapa cara untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut, yaitu sebagai berikut:

        Tidak menggaruk area yang gatal

        Pada area biduran di oleskan krim anti gatal

        Untuk biduran yang bukan disebabkan karena suhu dingin biduran dapat ditutup dengan kain dingin

        Untuk biduran yang disebabkan karena suhu dingin, dapat meredakan dengan mandi air hangat

        Gunakan pakaian longgar

        Tingak meminum alkohol, merokok, dan olahraga tidak terlalu berat, karena keringat bisa menyebabkan iritasi gatal-gatal.

        Menggunakan sabun khusus kulit sensitif ketika gejala biduran timbul

        Mengkonsumsi obat antihistamin untuk meredakan rasa gatal

 

  1.   Mengobati Penyakit Biduran Secara Alami

Sebelum menggunakan obat-obatan pereda rasa penyakit biduran. Kamu bisa menggunakan cara-cara alami untuk mengobati penyakit biduran, yaitu:

        Menggunakan Kompres Dingin

Cara alami yang pertama untuk mengobati biduran yaitu dengan menggunakan kompres dingin. Kompres dingin bisa digunakan untuk mengobati biduran ringan, kompres dingin akan meredakan iritasi pada kulit.

        Mandi Menggunakan Larutan Penghilang Gatal

Cara alami berikutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan mandi menggunakan larutan penghilang gatal. Kamu bisa menggunakan bahan oatmeal koloid dan soda kue kemudian dicampurkan dengan air mandi, campuran tersebut akan mengurangi rasa gatal yang kamu rasakan.

        Hindari Produk yang Mengiritasi Kulit

Cara alami selanjutnya untuk menghilangkan biduran yaitu dengan menghindari produk-produk yang memicu iritasi. Biasanya produk tersebut berupa sabun yang akan menyebabkan kulit menjadi kering kemudian akan timbul gatal, dan serta beberapa rasa gatal lainnya.

Jika kamu penderita biduran maka kamu perlu dengan cermat memilih produk yang akan kamu gunakan, hindari produk yang menggunakan pewangi serta bahan kimia yang terlalu banyak. Untuk mengatasi biduran pada tubuh kamu bisa menggunakan pelembab setelah mandi agar kulit tidak kering.

        Menjaga Kondisi Menjadi Dingin

Menjaga kondisi tubuh menjadi dingin merupakan cara mengatasi biduran secara alami. Buatlah suhu di dalam rumah tetap sejuk dan nyaman, dan meminimalkan paparan sinar matahari secara langsung.

Kondisi tubuh yang tetap dingin akan membuat gejala biduran menjadi mereda. Karena tubuh yang panas akan menyebabkan kondisi tubuh gerah dan mengeluarkan banyak keringat sehingga gejala biduran semakin parah.

Nah, sekarang kamu sudah lebih paham tentang penyakit biduran kan. Silahkan konsultasikan kondisi penyakit biduran kamu kepada dokter.

Jual Paket Buku Tematik Siswa SD Terlengkap Kurikullum 2013
Latihan Soal Cerdas Ulangan Harian Kelas 1 2 3 4 5 6, Klik Tombol Berikut:


Related posts