Apa yang Kamu Ketahui Tentang Musyawarah Kunci Jawaban Tema 2


SEARCH DISINI :

Apa yang kamu ketahui tentang musyawarah, pembahasan kunci jawaban tema 2 kelas 5 halaman 88 89 90 tepatnya pada materi pembelajaran 6 subtema 2 Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan di buku tematik siswa sekolah dasar. Untuk menjawab soal dengan benar, baca terlebih dahulu teks dibawah ini dengan saksama.

Apa yang kamu ketahui tentang musyawarah

Read More

Mengambil Keputusan dengan Musyawarah

Setiap warga masyarakat mempunyai tanggung jawab ikut serta dalam mengambil keputusan bersama. Keputusan bersama adalah suatu keputusan yang sudah ditetapkan berdasarkan pertimbangan, pemikiran, dan pembahasan yang matang. Keputusan bersama haruslah mewakili kepentingan seluruh anggota atau seluruh peserta rapat. Keputusan bersama juga merupakan keputusan yang harus dilaksanakan dengan rasa penuh tanggung jawab.

Oleh karena itu, sebuah keputusan bersama harus dipatuhi dan dilaksanakan oleh semua peserta rapat tanpa terkecuali dan membeda-bedakan. Dalam pengambilan keputusan kita tidak boleh memaksakan kehendak. Hasil dari keputusan yang diambil juga tidak boleh hanya menguntungkan satu pihak, tetapi semua pihak haruslah merasa diuntungkan. Karena keputusan bersama harus menampilkan rasa keadilan, dan semua peserta rapat mempunyai kedudukan yang sama.

Pengambilan keputusan harus didasarkan pada beberapa nilai penting agar semua pihak yang terlibat merasakan keadilan. Nilai yang mendasar
tersebut di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Nilai Kebersamaan,
2. Nilai Kebebasan Mengemukakan Pendapat,
3. Nilai Menghargai Pendapat Orang Lain,
4. Nilai Jiwa Besar Serta Lapang Dada Melaksanakan Hasil Keputusan Dengan Rasa Penuh Tanggung Jawab.

Soal

Apa yang kamu ketahui tentang musyawarah?

Jawaban :

Musyawarah yaitu membicarakan dan menyelesaikan bersama suatu persoalan dengan maksud untuk mencapai mufakat atau kesepakatan.

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 2 kelas 5 SD halaman 90. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 6, buka disini : Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 88 89 90 Pembelajaran 6 Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan

Adblock test (Why?)


SEARCH DISINI :

Related posts