Novel Baswedan Dinyatakan Positif Covid-19, Inilah 10 Anggota Keluarga di Swab Test


SEARCH DISINI :

TOPIKTREND.COM, JAKARTA – Positif Covid-19, 10 anggota keluarga penyidik KPK Novel Baswedan di  swab test Covid-19, Jumat (28/8/2020).

Swab test ini dilakukan setelah Novel Baswedan belakangan dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Read More

Tes ini dilakukan oleh Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading sebagai upaya tracing atau active case finding (ACF) terhadap keluarga Novel Baswedan.

“Penanganan awal kami lakukan tracking keluarga dan orang yang pernah kontak erat dengan pasien,” kata Kepala Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading dr. Diah Anggraeni.

Lingkungan di sekitar kediaman Novel Baswedan, Jalan Deposito, RT 003/RW 010 Kelurahan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, disemprot disinfektan, Jumat (28/8/2020).
Lingkungan di sekitar kediaman Novel Baswedan, Jalan Deposito, RT 003/RW 010 Kelurahan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, disemprot disinfektan, Jumat (28/8/2020). (Istimewa)

Menurut Diah, sampel swab test dari keluarga Novel Baswedan telah dikirim ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi DKI Jakarta.

Untuk langkah selanjutnya, petugas akan kembali memantau kesehatan pasien, keluarga, dan orang yang pernah kontak erat dengan Novel Baswedan.

“Intinya SOP (Standar Operasional Prosedur) penanganan Covid-19 untuk setiap warga sama. Ke depannya akan kami pantau kesehatannya,” ucap Diah.

Selain melakukan swab test, penyemprotan disinfektan juga telah dilakukan di sekitar kediaman Novel Baswedan.

Sore tadi, petugas dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara menyemprot disinfektan di sekitar kediaman Novel Baswedan, seperti di rumahnya dan di Masjid Jami Al Ihsan.

Sebelumnya, kabar soal Novel Baswedan yang positif Covid-19 dibenarkan oleh Plt Juru Bicara Penindakan KPK Ali Fikri.

Dilansir dari Tribunnews.com, Ali mengatakan bahwa Novel diketahui mengidap Covid-19 usai menjalani swab test bersama pegawai KPK lainnya pada Kamis (27/8/2020).

“Benar, informasi yang kami terima merupakan salah satu penyidik yang berdasarkan test swab diketahui positif Corona,” kata Ali saat dikonfirmasi, Jumat (28/8/2020).

Namun demikian, Ali menuturkan, terhadap beberapa pegawai, termasuk Novel yang terpapar Covid-19, sudah dilakukan langkah-langkah mitigasi, yakni dengan dilakukan isolasi mandiri.

Terkait hal ini, Novel Baswedan juga mengeluarkan informasi melalui cuitannya di Twitter.

Meski membernarkan dirinya positif Covid-19, Novel Baswedan mengaku tak memiliki gejala. Novel pun mengaku akan melakukan isolasi mandiri.

“Kemarin dilakukan tes swab terhadap seluruh penyidik KPK karena sudah ada penyidik yang positif. Hari ini saya dapat kabar bahwa hasil swab saya positif, sedangkan saya merasa sehat dan tanpa gejala. Insyaallah saya akan melakukan isolasi mandiri. Mohon doa,” tulis Novel melalui akun @nazaqistsha, Jumat (28/8/2020).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Novel Baswedan Positif Covid-19, 10 Anggota Keluarga Jalani Swab Test, https://www.tribunnews.com/nasional/2020/08/29/novel-baswedan-positif-covid-19-10-anggota-keluarga-jalani-swab-test?page=all.

Editor: Sanusi


SEARCH DISINI :

Related posts