Edaran Verval Ulang Data Penerima PIP MTs Tahap 1 Tahun 2022

  • Whatsapp

Edaran Verval Ulang Data Penerima PIP MTs Tahap 1 Tahun 2022

Read More

Amongguru.com. Direktoral Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama telah menerbitkan Surat Edaran tentang Verifikasi dan Validasi (Verval) Ulang Data Siswa Penerima PIP Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tahap 1 Tahun 2022.

Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam tentang Verifikasi dan Validasi Ulang Data Siswa Penerima PIP Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tahap 1 Tahun 2022 tersebut bernomor : B-1099/DJ.I/Dt.I.I/HM.01/05/2022 tertanggal 11 Mei 2022.

Surat Edaran ditujukan kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi di seluruh Indonesia.

Baca : Petunjuk Teknis Juknis PIP Madrasah Tahun 2022

Di dalam Surat Edaran disampaikan bahwa merujuk surat dari PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Nomor: HBK.GVP/GP3/GVPM3.203/2022 tanggal 10 Mei 2022 perihal Hasil Pembukaan Rekening Penerima Bantuan Program Indonesia Pintar Madrasah Aliyah Tahap 1 Tahun 2022, terdapat siswa yang rekeningnya tidak berhasil terbentuk dikarenakan adanya ketidaksesuaian dengan data Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Oleh karena itu, diharapkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dapat melakukan perbaikan profil siswa tersebut dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

1. Menginstruksikan kepada seluruh satuan pendidikan madrasah di wilayahnya agar melakukan
verifikasi dan validasi ulang data siswa calon penerima PIP Tahun Anggaran 2022 melalui Aplikasi SIPMA (Sistem Informasi Program Indonesia Pintar Madrasah) yang dapat diakses pada laman: https://pipmadrasah.kemenag.go.id.

2. Memastikan perbaikan data profiil siswa harus disesuaikan dengan Kartu Keluarga (KK). Adapun data yang harus diperbaiki meliputi NIK, nama lengkap siswa, nama ibu kandung, tempat dan tanggal lahir.

3. Menginstruksikan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota untuk segera melakukan koordinasi dan memastikan pelaksanaan verifikasi dan validasi ulang data penerima PIP dapat berjalan sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan.

4. Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi melakukan persetujuan (approval) dan memastikan hasil verifikasi dan validasi data siswa madrasah yang berada di wilayahnya secara lengkap dan benar serta dapat diselesaikan sesuai waktu yang telah ditentukan.

5. Batas akhir verifikasi dan validasi data pada Jum’at 13 Mei 2022 pukul 23.59 WIB. Jika sampai batas waktu yang telah ditentukan tidak dilakukan verval, maka data siswa tersebut tidak dapat ditetapkan sebagai penerima PIP Tahun 2022.

Surat Edaran tentang Verifikasi dan Validasi Ulang Data Siswa Penerima PIP Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tahap 1 Tahun 2022 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian Surat Edaran tentang Verifikasi dan Validasi (Verval) Ulang Data Siswa Penerima PIP Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tahap 1 Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

(Why?)


Related posts