KUNCI JAWABAN Kelas 4 SD Tema 1 Halaman 117 118 119 120 dan 121 Buku Tematik Siswa Subtema 2 Pembelajaran 5 Indah Kebersamaan

  • Whatsapp
KUNCI JAWABAN Kelas 4 SD Tema 1 Halaman 117 118 119 120 dan 121 Buku Tematik Siswa Subtema 2 Pembelajaran 5 Indah Kebersamaan
KUNCI JAWABAN Kelas 4 SD Tema 1 Halaman 117 118 119 120 dan 121 Buku Tematik Siswa Subtema 2 Pembelajaran 5 Indah Kebersamaan

TOPIKTREND.COM, KUNCI JAWABAN Kelas 4 SD Tema 1 Halaman 117 118 119 120 dan 121 Buku Tematik Siswa Subtema 2 Pembelajaran 5 Indah Kebersamaan – Inilah pembahasan soal dan kunci jawaban Tema 1 kelas 4 SD berjudul Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Pembelajaran 5 tentang Kebersamaan dalam Keberagaman. Adapun soal terdapat pada Buku Tematik SD kurikulum 2013 edisi revisi 2018 halaman 116, 117, 118, 119, 120, dan 121.

Terdapat 3 subtema pada buku tematik Tema 1 Kelas 4 SD diantaranya adalah Subtema Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku, Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman, dan Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman.

Read More

Soal dan kunci jawaban Tema 1 kelas 4 SD ini dapat dijadikan pedoman untuk mengoreksi hasil belajar anak.

Simak soal dan kunci jawaban Buku Tematik Tema 1 Kelas 4 SD halaman 116, 117, 118, 119, 120, dan 121 Subtema 2 pembelajaran 5 Kebersamaan dalam Keberagaman yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber:

(Update Infomasi Kunci Jawaban)

>>> Halaman 116

Ayo Berkreasi

Apakah kamu masih ingat gerakan tari Bungong Jeumpa dalam formasi duduk?

Apakah kamu masih ingat gerakan tari Bungong Jeumpa dalam formasi duduk?
Apakah kamu masih ingat gerakan tari Bungong Jeumpa dalam formasi duduk? (Buku Terpadu Tematik SD)

>>> Halaman 117

Diskusikan dan peragakan secara berpasangan menarikan tarian tersebut dalam posisi duduk. Setelah kamu cukup menguasai gerakannya, berlatihlah secara berkelompok dengan iringan musik.

Perhatikan arahan dan peragaan dari guru terlebih dahulu.

Salah satu cara menghargai keberagaman budaya adalah dengan mempelajari dan melestarikannya, seperti yang telah kamu lakukan ketika mempelajari tari Bungong Jeumpa.

Tahukan kamu bahwa Tuhan menciptakan budaya yang berbeda agar kita saling mengenal dan saling menghargai? Tugas kita adalah menciptakan keselarasan di tengah-tengan perbedaan. Masih ingat tangram yang telah kamu pelajari sebelumnya? Pada tangram tersebut juga terdapat bentuk yang berbeda-beda.

Coba kamu perhatikan kembali berbagai tangram berikut. Dengan bentuk yang berbeda-beda, kita bisa membentuk bangun atau gambar baru yang menarik dan kreatif.

Beri huruf (A, B, C, D, dan seterusnya) di setiap sudut pada tangram tersebut. Tulis taksiranmu untuk besar masing-masing sudut yang sudah kamu beri huruf pada tabel berikut.

Jawaban:

Beri huruf (A, B, C, D, dan seterusnya) di setiap sudut pada tangram tersebut.
Beri huruf (A, B, C, D, dan seterusnya) di setiap sudut pada tangram tersebut. (Buku Terpadu Tematik SD / TRIBUNPONTIANAK.CO.ID)

>>> Halaman 118

Sekarang buktikan taksiranmu dengan mengukur menggunakan busur derajat dan tuliskan hasilnya pada tabel di atas. Tulis kesimpulanmu tentang hasil pengukuran sudut tersebut.

>>> Halaman 119

Ayo Berdiskusi

Apakah kamu pernah mengikuti atau melihat perayaan hari besar agama di sekitar tempat tinggalmu? Buatlah gambar yang berkaitan dengan perayaan hari besar agama tersebut!

Ilustrasi Gratis Link Download Kartu Ucapan Idul Fitri 2021 yang Bisa Diedit Cocok Dibagikan di Media Sosial.
Ilustrasi  Idul Fitri 2021. (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID)

>>> Halaman 120

Sekarang saatnya kamu menceritakan secara tertulis tentang perayaan hari besar keagamaan yang pernah kamu ikuti atau yang pernah kamu lihat di lingkungan tempat tinggalmu.

• Presentasikan dan diskusikan dengan teman-temanmu cerita yang telah kamu tulis.

• Beri kesempatan kepada temanmu untuk mengajukan pertanyaan setelah kamu selesai melakukan presentasi.

Jawaban:

Perayaan Hari Besar Keagamaan Yang Pernah Saya Ikuti

Saya melaksanakan Hari Raya Idhul Fitri setiap tahun. Suasana semarak dan khas bulan Ramadhan sudah dimulai sejak awal ramadan hingga puncaknya adalah perayaan idul fitri. Saat takbiran adalah saat menggembirakan buat semua, terutama anak-anak. Sejak sore di akhir ramadan biasanya anak-anak kecil sudah ramai berkumpul di mushola terdekat untuk menabuh beduk dan bertakbir.

Kami juga melakukan takbir keliling bersama di jalan raya menggunakan kendaraan. Beberapa mobil dilengkapi dengan pengeras suara dan beduk berjalan beriringan. Sementara dalam kendaraan beberapa orang mengumandangkan takbir sepanjang jalan. Kegiatan takbir keliling dilakukan dengan mengelilingi kampung. Susana malam takbiran sangat meriah.

Di kampung saya biasanya shalat dilaksanakan di masjid yang paling besar. Sejak habis subuh biasanya kami berjalan kaki untuk shalat Id di masjid. Jamaah biasanya sangat banyak dan meluber hingga jalan yang ada di depan dan kiri masjid. Setelah shalat Id, bermaafan dengan orang tua dan keluarga. Lalu bersama teman-teman berkunjung ke rumah tetangga kiri dan kanan dan ke rumah saudara-saudara untuk saling meminta maaf.

>>> Halaman 121

Keberagaman suku bangsa dan agama di Indonesia adalah sumber kekayaan yang tidak ternilai harganya. Keberagaman tersebut menyebar dari Sabang sampai Merauke.

Seperti apa keragaman umat beragama di lingkungan provinsimu?

Jawaban:

Keragaman Umat Beragama di Provinsi Kalimantan Barat

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik provinsi Kalimantan Barat tahun 2021, mayoritas masyarakat Kalimantan Barat menganut agama Islam yakni 60,07%.

Wilayah-wilayah mayoritas muslim di Kalimantan Barat yaitu daerah pesisir yang mayoritas didiami Suku Melayu seperti Kabupaten Sambas, Mempawah, Ketapang, Kayong Utara, Kubu Raya, Kapuas Hulu dan Kota Pontianak.

Di Kabupaten Melawi dan Kota Singkawang sekitar 49% penduduknya beragama Islam. Agama Islam juga dianut Suku Jawa, Madura dan Bugis yang berada di Kalimantan Barat.

Di daerah pedalaman yang didiami Suku Dayak mayoritas penduduknya beragama Kristen (Katolik/Protestan) seperti di Kabupaten Bengkayang, Landak, Sanggau, Sintang dan Sekadau.

Orang Tionghoa di Kalimantan Barat kebanyakan menganut agama Buddha dan Kristen (Katolik/Protestan).

Di wilayah yang banyak terdapat etnis Tionghoa seperti Kota Singkawang dan kota Pontianak, juga terdapat penganut Budha dalam jumlah cukup besar

Bagaimana antarumat beragama saling menjalin persatuan? Ayo, cari tahu dengan menggali dari berbagai sumber. Tulis hasil temuanmu pada kertas HVS dan presentasikan dalam kelompok.

Jawaban:

Dalam mewujudkan persatuan umat beragama, ada beberapa langkah yang dapat diwujudkan, yaitu
1. Sikap Toleransi. Toleransi beragama adalah menghargai, dengan sabar menghormati keyakinan atau kepercayaan seseorang atau kelompok lain.
2. Saling menghormati dan menghargai hak orang dan golongan lain mengikuti agamanya
3. Mencegah terjadinya konflik antar agama dengan tidak menjelekan agama lain.

Ayo Renungkan

Setelah belajar di hari ini, coba renungkan.

• Apa yang kamu pelajari?

Yang saya pelajari hari ini adalah tentang menjelaskan dan mempraktekan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk, menjelaskan dan menceritakan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi.

• Apa yang akan kamu lakukan untuk mengamalkan nilai kerja sama dalam keberagaman dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban:

Untuk mengamalkan nilai kerja sama saya akan:
– Mengamalkan Bhinneka Tunggal Ika
– Saling menghargai keberagaman masyarkat
– Membantu satu sama lain
– Tidak saling menjatuhkan/menghina
– Saling menjalin kebersamaan

Kerja Sama dengan Orang Tua

Di sekitar rumahmu banyak perayaan keagamaan yang dilakukan oleh penganutnya. Diskusikan dengan kedua orang tuamu perayaan apa saja yang pernah dilakukan? Bagaimana pula kerja sama antarumat beragama di lingkungan rumahmu? Tuliskan hasil diskusi dengan orang tuamu. Bandingkan hasilnya dengan yang diperoleh temanmu pada pelajaran yang akan dating.

*) Disclaimer:  Kunci jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul KUNCI JAWABAN Tema 1 Kelas 4 Halaman 117 118 119 120 121 Subtema 2 Pembelajaran 5 Indah Kebersamaan, https://pontianak.tribunnews.com/2021/07/28/kunci-jawaban-tema-1-kelas-4-halaman-117-118-119-120-121-subtema-2-pembelajaran-5-indah-kebersamaan?page=all.
Penulis: Dhita Mutiasari | Editor: Dhita Mutiasari

  • Whatsapp

Related posts