Fakta Menarik Seputar Talas yang Perlu Anda Ketahui

  • Whatsapp
Jual Paket Buku Tematik Siswa SD Terlengkap Kurikullum 2013
Latihan Soal Cerdas Ulangan Harian Kelas 1 2 3 4 5 6, Klik Tombol Berikut:

Gurubagi.com. Talas yang memiliki nama latin Colocasia esculenta L merupakan jenis umbi-umbian yang bisa dikonsumsi dengan berbagai jenis olahannya.

Read More

Talas terkenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Bogor. Indonesia termasuk negara yang memiliki tanah subur. Berbagai tanaman bisa tumbuh subur di Indonesia, termasuk tanaman talas.

Umbi talas cukup populer dijadikan olahan talas rebus atau keripik talas. Selain gurih dan nikmat sebagai cemilan umbi yang satu ini meiliki banyak kandungan yang berafaat bagi kesehatan.

Bagi Anda yang suka umbi ini, alangkah baiknya mengenal talas lebih jauh, berikut beberapa fakta menarik seputar talas yang perlu Anda ketahui.

1. Bisa dimasak menjadi menu makanan

Tidah hanya bagian umbinya, ternyata bagian daun dan batang talas bisa dimanfaatkan sebagai menu makanan, salah satunya menu makanan buntil.

Akan tetapi, Anda harus mengetahui cara dan tahap-tahapan pengolahannya, agar sayuran tersebut memiliki rasa yang enak.

2. Bisa digunakan sebagai pengganti beras

Fakta berikutnya adalah bahwa talas dapat digunakan sebagai pengganti beras.Talas dipercaya jadi makanan pokok sebelum padi ditemukan oleh manusia purba.

Di beberapa daerah di Indonesia, talas bahkan jadi makanan pokok. Talas bisa disebut sebagai tanaman yang mampu tumbuh di berbagai daerah dan bisa bertahan dalam berbagai kondisi alam

Hal ini karena talas mengandung berbagai nutrisi, seperti karbohidrat dan serat yang tinggi. Keduanya, bisa membuat perut kenyang lebih lama.

Baca :

3. Sebagai obat tradisional

Fakta menarik keempat mengenai talas, bahwa umbi ini dapat dijadikan sebagai obat tradisional.

Bagian getah dan akar pada Talas ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Salah satunya bisa menjadi obat bisul.

4. Memiliki beragam nama lain

Fakta menarik keempat, bahwa talas memiliki beragam nama lain disetiap daerah, seperti di negara Indonesia, berikut ini beberapa nama talas yang bisa Anda ketaui

  • Taleus, untuk masyarakat Sunda
  • Tales, untuk masyarakat Jawa
  • Candung, untuk masyarat Bali
  • Uju bima, untuk masyarakat Flores

5. Umbi asli Indonesia

Talas yang memiliki nama latin Colocasia esculenta L merupakan tanaman asli Indonesia. Talas banyak tubuh di Asia Tenggara dan Asia Tengah bagian selatan. Kabarnya, talas sudah dibudidayakan sejak zaman manusia purba.

.Demikian mengenai fakta menarik seputar talas yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat

(Why?)

Jual Paket Buku Tematik Siswa SD Terlengkap Kurikullum 2013
Latihan Soal Cerdas Ulangan Harian Kelas 1 2 3 4 5 6, Klik Tombol Berikut:


Related posts