Apa Itu Anaerob, Protozoa dan Absorpsi? KUNCI JAWABAN Buku Tematik Siswa SD Kelas 5 Tema 3 Halaman 2 4 5 8 9 Subtema 1 Pembelajaran 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?

Apa Itu Anaerob Protozoa dan Absorpsi? KUNCI JAWABAN Buku Tematik Siswa SD Kelas 5 Tema 3 Halaman 2 4 5 8 9 Subtema 1 Pembelajaran 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?
Apa Itu Anaerob Protozoa dan Absorpsi? KUNCI JAWABAN Buku Tematik Siswa SD Kelas 5 Tema 3 Halaman 2 4 5 8 9 Subtema 1 Pembelajaran 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?

Makanan sehat penting bagi tubuh kita. Oleh karena itu, banyak iklan yang dapat kita temui di tempat-tempat umum yang mengetengahkan tentang makanan sehat.

Iklan memang dimaksudkan untuk mempromosikan sesuatu kepada para pembaca. Coba kamu amati iklan-iklan berikut dengan saksama.

Read More

Kalimat-kalimat yang umumnya dipergunakan oleh bahasa iklan adalah kalimat yang menarik atau kalimat yang mengajak pembacanya untuk mengikuti apa yang ditulis atau disarankan oleh pembuat iklan.

tribunnews
Kunci Jawaban Buku Tematik SD Kelas 5 Tema 3 Halaman 4 (Buku Tematik SD Kelas 5 Tema 3)

Amatilah iklan di atas dengan saksama. Tuliskanlah apa yang kamu lihat dalam iklan media cetak tersebut!

Jawaban:
Aku menemukan:

1. Gambar irisan buah dan tulisan ‘Makanan sehat dan bergizi, solusi untuk hidup sehat dan awet muda’.

2. Gambar seorang anak menyantap buah semangka dan tulisan ‘Makanan sehat dan bergizi penting untuk pertumbuhan otak anak Anda’.

3. Gambar sayur & buah-buahan, bertuliskan ‘Cintailah jantung Anda, konsumsi sayur dan buah segar. Manfaat prima dengan rasa yang dahsyat’.

Berdasarkan tulisan iklan yang kamu baca di atas, diskusikan dengan teman sebangkumu tentang beberapa hal berikut.
– Kata-kata kunci dari iklan tersebut.
– Ciri-ciri dari sebuah kata kunci.
– Alasan kamu memilih kata-kata tersebut sebagai kata kunci.

Jelaskan hasil diskusimu dengan menggunakan peta pikiran seperti berikut.

Jawaban:
– Kata kunci adalah sebuah kata atau konsep dengan keistimewaan, yang berarti kata apapun yang digunakan sebagai kunci dan kode atau digunakan untuk menghubungkan ke kata lain atau informasi lain.

– Ciri-ciri sebuah kata kunci adalah (1) Terdiri dari satu kata atau dua kata yang membentuk frase kata, (2) Mengandung kata yang unik yang terdapat dalam sebuah bacaan, (3) Mewakili sebagian besar/ keseluruhan topik/ konsep/ informasi dari sebuah bacaan.

– Kata kunci yang aku temukan dalam iklan adalah pentingnya makanan sehat dan bergizi.

– Alasanku memilih kata tersebut sebagai kata kunci iklan adalah karena kata tersebut mewakili kunci utama atau informasi utama dalam iklan.

Buatlah kesimpulan dari hasil diskusi kelompokmu tentang kata kunci!

Jawaban:
Kata kunci merupakan sebuah kata atau konsep dengan keistimewaan, yang berarti kata apapun yang digunakan sebagai kunci dan kode atau digunakan untuk menghubungkan ke kata lain atau informasi lain.

Ciri-ciri sebuah kata kunci adalah (1) Terdiri dari satu kata atau dua kata yang membentuk frase kata, (2) Mengandung kata yang unik yang terdapat dalam sebuah bacaan, (3) Mewakili sebagian besar/ keseluruhan topik/ konsep/ informasi dari sebuah bacaan.

Kunci Jawaban Halaman 8

Tuliskan kosakata-kosakata baru yang kamu temukan dalam bacaan di atas!

Selanjutnya, diskusikan dengan guru dan temanmu tentang arti dari kosakata-kosakata tersebut.

Jawaban:

Kosa kata baru yang aku temukan:

– Anaerob, artinya: organisme yang dapat hidup dengan baik tanpa oksigen.

– Protozoa, artinya: jasad renik hewani yang terdiri atas satu sel, seluruh fungsi protozoa dilakukan oleh sel satu tersebut.

– Absorpsi, artinya: penyerapan.

– Fermentasi, artinya: penguraian metabolik senyawa organik oleh mikroorganisme yang menghasilkan energi yang pada umumnya berlangsung dengan pembebasan gas.

Kunci Jawaban Halaman 9

Diagram di bawah ini menjelaskan mengenai proses pencernaan pada hewan ruminansia (sapi). Berdasarkan keterangan yang telah kamu pelajari, lengkapilah diagram berikut.

Jawaban:

Rumput dikunyah di mulut >>> Esofagus >>> Rumen, proses pencernaan dengan bantuan mikroba (bakteri) >>> Mulut, proses makanan dikunyah kedua kalinya hingga lebih sempurna >>> Retikulum, proses makanan difermentasi dengan bantuan bakteri anaerob dan protozoa >>> Omasum, proses makanan dicerna dengan bantuan enzim percernaan >>> Abomasum, proses makanan dicernaan dengan bantuan enzim pepsin.

Artikel ini telah tayang di Tribunpapua.com dengan judul Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3: Anaerob, Protozoa, Absorpsi Apa Itu?, https://papua.tribunnews.com/2020/11/26/kunci-jawaban-buku-tematik-kelas-5-sd-tema-3-anaerob-protozoa-absorpsi-apa-itu?page=all.

Editor: Roifah Dzatu Azmah

Related posts