KUNCI JAWABAN Kelas 4 SD Tema 8 Halaman 85 86 87 89 90 93 94 Keunikan Daerah Subtema 2 Pembelajaran 3 Buku Tematik Siswa SD

  • Whatsapp
KUNCI JAWABAN Kelas 4 SD Tema 8 Halaman 85 86 87 89 90 93 94 Keunikan Daerah Subtema 2 Pembelajaran 3 Buku Tematik Siswa SD
KUNCI JAWABAN Kelas 4 SD Tema 8 Halaman 85 86 87 89 90 93 94 Keunikan Daerah Subtema 2 Pembelajaran 3 Buku Tematik Siswa SD

TOPIKTREND.COM, KUNCI JAWABAN Kelas 4 SD Tema 8 Halaman 85 86 87 89 90 93 94 Keunikan Daerah Subtema 2 Pembelajaran 3 Buku Tematik Siswa SD –  Berikut ini adalah ulasan dan pembahasan kunci jawaban Tema 8 kelas 4 berjudul Daerah Tempat Tinggalku subtema 2 Pembelajaran 3 tentang Lingkungan Tempat Tinggalku halaman 85, 86, 87, 88, 89, 90, 91, 92, 93, dan 94. Selengkapnya untuk materi soal yang dibahas dikutip dari Buku Tematik SD kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

Pada buku tematik Tema 8 Kelas 4 terdapat 3 subtema diantaranya Subtema 1: Lingkungan Tempat Tinggalku, Subtema 2: Keunikkan Daerah Tempat Tinggalku dan Subtema 3 : Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku.

Read More

Kunci jawaban Tema 8 kelas 4 SD ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman untuk mengoreksi hasil belajar anak.

Inilah kunci jawaban Buku Tematik Tema 8 Kelas 4 Subtema 2  pembelajaran 3  halaman 85, 86, 87, 88, 89, 90, 91, 92, 93, dan 94 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber:

>>> Halaman 85 (Pembelajaran 3)

Hari itu, Dayu dan teman-teman berdiskusi mengenai berbagai pekerjaan sesuai lingkungan tempat tinggalnya. Mereka juga berdiskusi mengenai pekerjaan yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi. Dayu bercerita bahwa dia dan ayahnya pernah berbincang dengan seorang bapak yang pekerjaannya menjadi badut. Bapak itu bernama Pak Andi. Pak Andi bekerja di sebuah mal dari pukul 15.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Pagi hari, Pak Andi menjadi badut di sebuah taman bermain yang letaknya tidak jauh dari mal. Sampai akhirnya , pembicaraan Dayu , Ayah Dayu , dan Pak Andi berlan jut dengan bertukar alamat. Ternyata, tempat tinggal Pak Andi tidak jauh dari mal yang Dayu kunjungi.

>>> Halaman 86

***Ayo Mengamati***

Amatilah gambar-gambar di bawah.

Amatilah gambar-gambar di bawah www.simplenews.me

>>> Halaman 87 – 88

Ingatkah kalian kegiatan ekonomi? Kegiatan ekonomi terdiri atas produksi, distribusi, dan konsumsi. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Apakah yang dimaksud produksi dan produsen?

Jawaban:

Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang dan jasa. Sedangkan produsen adalah pelaku kegiatan ekonomi yang menghasilkan barang atau jasa.

2. Apakah yang dimaksud distribusi dan distributor?

Jawaban:

Distribusiadalah kegiatan menyalurkan barang dan jasa. Barang dan jasa tersebut didistribusikan dari produsen kepada konsumen. Distributor adalah pelaku kegiatan
ekonomi yang menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen.

3. Apakah yang dimaksud konsumsi dan konsumen?

Jawaban:

Konsumsi adalah kegiatan menggunakan barang dan jasa. Konsumen adalah pelaku kegiatan ekonomi yang menggunakan barang atau jasa yang dihasilkan produsen.

4. Apa kegiatan penduduk pada gambar rubik “Ayo Mengamati” ?

Jawaban:

Pada gambar tersebut terdapat tiga pelaku kegiatan ekonomi, yaitu produsen, distributor, dan konsumen. Ketiga pelaku kegiatan ekonomi tersebut saling berkaitan. Pengusaha memproduksi barang berupa buku. Agar buku tersebut sampai ke tangan konsumen (pelajar), buku tersebut didistribusikan ke toko-toko buku. Toko buku bertindak sebagai penjual buku. Dengan demikian, pelajar sebagai konsumen dapat membeli buku di toko buku dan menggunakannya untuk belajar.

5. Dalam memproduksi buku, seorang produsen melibatkan banyak pekerja. Di antaranya ada penulis buku, ada yang menata isi buku, ada yang menggambar isi buku, ada yang mencetak, ada yang menjilid, ada yang menata buku dalam kardus, ada sopir yang mengantar ke toko-toko buku, dan lain sebagainya. Nah, pilih salah satu di antara pekerja yang ada pada produksi buku. Kemudian, cari tahu syarat menjadi pekerja sesuai pilihanmu dan tuliskan di tempat berikut.

Jawaban:

Sesuai jenis pekerjaan yang dipilih siswa. Setiap siswa dapat memiliki jawaban yang berbeda. Buku merupakan sumber ilmu. Sebagai pelajar tentu kamu sangat membutuhkan buku untuk membuka cakrawala.

Berbicara mengenai pelajar, tahukah kamu kota yang mendapat julukan Kota Pelajar? Kota dengan julukan Kota Pelajar adalah Yogyakarta.

Kota Yogyakarta memiliki banyak keunikan. Pada Pembelajaran 2 kamu sudah mengetahui keunikan Yogyakarta di antaranya dilihat dari tempat wisata, transportasi, dan adat istiadat berupa upacara adat. Tidak hanya itu, kota Yogyakarta juga memiliki keunikan di bidang pendidikan. Banyak sekolah dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi di Kota Yogyakarta.

Oleh karena itu, banyak orang dari daerah lain bahkan dari mancanegara datang ke Yogyakarta untuk belajar. Tahukah kamu perguruan tinggi di Yogyakarta yang sangat terkenal? Perguruan tinggi itu adalah Universitas Gadjah Mada yang disingkat UGM. Selain UGM, masih banyak lagi perguruan tinggi di Yogyakarta seperti Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Karena banyak perguruan tinggi di Yogyakarta, banyak orang yang bekerja sebagai dosen atau guru.

Bagaimanakah karakteristik pelajar di kota Yogyakarta? Saat ini daerah Yogyakarta sudah dihuni banyak suku bangsa di Indonesia seperti suku Jawa, Sunda, Batak, serta etnis TiongHoa. Oleh karena itu, karakteristik pelajar yang ada di Yogyakarta beragam.

Di sekolah, setiap pelajar harus bisa menghormati keragaman karakteristik di antaranya mau berteman dengan anak dari daerah lain tanpa memandang agama maupun sukunya. Begitu juga saat di lingkungan tempat tinggal, para pelajar dari berbagai daerah yang tinggal di satu lingkungan harus hidup rukun. Manusia harus hidup rukun di tengahtengah perbedaan.

Perbedaan adalah karunia Tuhan. Perbedaan merupakan sarana untuk saling mengenal. Sebagai contoh, pada saat di lingkungan tempat tinggal mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan, para pelajar dari berbagai daerah pun ikut serta dalam bekerja bakti.

>>> Halaman 89 – 90

***Ayo Mengamati***

Amatilah gambar berikut!

keragaman karakteristik www.simplenews.me

Apakah gambar di atas menunjukkan keragaman karakteristik? Apa yang sedang dilakukan anak-anak pada gambar di atas? Tuliskan pendapatmu pada tempat di bawah.

Jawaban :

Iya, pada gambar diatas terdapat gambar anak-anak sedang bermusyawarah dan saling  menghormati ketika berbeda pendapat.

Kamu di sekolah mempunyai banyak teman dengan keragamannya. Ada teman dengan ciri fisik berbeda-beda. Ada teman berbeda agama. Ada juga teman dengan asal daerah tempat tempat tinggal berbeda. Bagaimana kamu menyikapi keragaman karakteristik di sekolahmu? Tuliskan dalam kolom berikut.

Jawaban :

Bersikap toleransi dan tidak membeda-bedakan satu dengan yang lainnya.

Daerah tempat tinggal penduduk Yogyakarta beragam. Ada daerah dataran tinggi, dataran rendah, pesisir, kota, dan desa. Di Yogyakarta juga banyak dijumpai sungai, di antaranya Sungai Opak, Sungai Code, Sungai Kuning, Sungai Progo, dan Sungai Gajah Wong.

Salah satu sungai diYogyakarta yang memiliki cerita legenda adalah Sungai  Gajah Wong. Penduduk Yogyakarta sering menyebut sungai dengan kali. Kali Gajah Wong adalah sebuah kali yang terletak di tengah-tengah kota Kecamatan Kotagede. Panjang kali ini tidak lebih dari 20 kilometer. Pada abad ke-17, kali ini merupakan kali yang kecil. Masyarakat di daerah tersebut menyebutnya dengan kalen, yang artinya kali kecil. Dan kebetulan airnyapunhanya gemercik mengalir sedikit sekali.

>>> Halaman 91 – 93

Berikut cerita mengenai Kali Gajah Wong.

Buka halaman selanjutnya:

  • Whatsapp

Related posts