KUNCI JAWABAN Kelas 6 SD Tema 1 Halaman 147 148 149 Buku Tematik Siswa Subtema 3 Pembelajaran 5 Selamatkan Makhluk Hidup

  • Whatsapp
KUNCI JAWABAN Kelas 6 SD Tema 1 Halaman 147 148 149 Buku Tematik Siswa Subtema 3 Pembelajaran 5 Selamatkan Makhluk Hidup
KUNCI JAWABAN Kelas 6 SD Tema 1 Halaman 147 148 149 Buku Tematik Siswa Subtema 3 Pembelajaran 5 Selamatkan Makhluk Hidup

TOPIKTREND.COM, KUNCI JAWABAN Kelas 6 SD Tema 1 Halaman 147 148 149 Buku Tematik Siswa Subtema 3 Pembelajaran 5 Selamatkan Makhluk Hidup – Inilah pembahasan soal dan kunci jawaban  Tema 1 kelas 6  SD berjudul Selamatkan Makhluk Hidup  Subtema 3 Pembelajaran 5 tentang Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan.

Untuk soal yang dibahas terdapat pada halaman 146, 147, 148, dan 149 Buku Tematik SD kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

Read More

Terdapat 3 subtema pada buku tematik Tema 1 Kelas 6 SD diantaranya adalah Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku,  Subtema 2 Hewan Sahabatku, dan Subtema 3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan.

Soal dan kunci jawaban Tema 1 kelas 6 SD ini dapat dijadikan referensi untuk mengoreksi hasil belajar anak.

Siswa terlebih dahulu menjawab soal kemudian mengoreksi dengan alternatif jawaban yang ada.

Simak kunci jawaban Buku Tematik Tema 1 Kelas 6 SD Subtema 3 pembelajaran 5 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan halaman 146, 147, 148, dan 149  yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber:

(Update Infomasi Kunci Jawaban)

>>> Halaman 146

Ayo Berlatih

Kondisi geografis yang berbeda mendorong negara-negara ASEAN untuk bekerja sama di berbagai bidang. Thailand memiliki hewan yang bernama Owa Pileated. Hewan ini tersebar di hutan Thailand. Pileated hidup di atas pohon. Jumlah kera kerdil ini tinggal 32.000.

>>> Halaman 147

Negara-negara ASEAN memiliki flora dan fauna langka.

Bacalah teks berikut dalam hati.

Bunga Rafflesia hidup di Taman Nasional Bengkulu. Bunga ini mempunyai ukuran diameter bunga hampir mencapai 1 meter. Bunga Rafflesia disebut juga bunga bangkai karena baunya yang sangat kuat. Saat ini Bunga Bangkai terancam punah karena habitat yang terbatas. Pembangunan yang dilakukan oleh manusia berakibat buruk terhadap habitat tanaman ini. Tanaman dan hewan langka banyak diburu oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Indonesia dan negara-negara yang tergabung di ASEAN bekerja sama untuk ikut melestarikan flora dan fauna langka. Negara-negara di Asia Tenggara yang bernaung di bawah ASEAN memiliki kesamaan geografis. Oleh sebab itu, banyak persamaan dari sisi budaya, flora fauna, kegiatan ekonomi, dan politiknya. Kekayaan alam dan budaya negara-negara ASEAN sangat menarik perhatian negara lain.

Kamu sudah memiliki informasi tentang dua negara ASEAN dan mengumpulkan informasi tentang kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politiknya. Ambillah seluruh informasi yang kamu miliki.

Tulislah informasi lengkap dari kedua negara ASEAN tersebut meliputi kehidupan sosial budaya, ekonomi,dan politiknya.

Jawaban:

Kehidupan Sosial Budaya Negara Indonesia : Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di Asia Tenggara, Indonesia terdiri atas berbagai suku, agama, dan budaya.

Ekonomi Negara Indonesia : Indonesia mengekspor hasil bumi seperti timah, tembaga, besi, minyak, gas, dan nikel. Selain itu, Indonesia menghasilkan pupuk, tapioka, karet, kopi, kelapa sawit, dan tembakau. Ikan tuna, udang, dan teh juga diekspor ke negara lain.

Politik Negara Indonesia : Sistem pemerintahan negara Indonesia berbentuk Republik, Pancasila merupakan dasar negara yang ditetapkan oleh para pendiri bangsa Indonesia.

Kehidupan Sosial Budaya Negara Thailand : Thailand adalah satu-satunya negara di ASEAN yang tidak pernah dijajah bangsa Eropa. Ramakien adalah cerita nasional Thailand yang memengaruhi kehidupan masyarakatnya. Di Thailand, Kepala adalah bagian tubuh yang paling dihormati.

Ekonomi Negara Thailand : Mata pencaharian penduduk Thailand adalah pertanian, kehutanan, pertambangan, dan industri. Penghasil beras terbesar di Asia dan tiga sedunia (dijuluki Gajah Putih, negara Seribu Pagoda, lumbung padi ASEAN).

Politik Negara Thailand : Sistem pemerintahan negara Thailand berbentuk kerajaan, Thailand menganut sistem monarki konstitusional yang dipimpin oleh seorang raja.

Sampaikan hasil pekerjaanmu kepada gurumu.

>>> Halaman 148

Ayo Berkreasi

Sudah siapkah patungmu?

Lanjutkan mewarnai patungmu.

Setelah selesai, perlihatkan kepada gurumu.

Letakkan meja di depan kelasmu. Kumpulkan patungmu dan patung teman-temanmu. Susunlah patung-patung tersebut di atas meja. Ajak adik kelasmu untuk menikmati keindahan patung-patung tersebut.

>>> Halaman 149

Ayo Berlatih

Gunakan angka-angka 4, 6, dan 5 untuk membuat soal cerita. Soalmu harus memuat paling sedikit dua operasi hitung berbeda.

Jawaban:

Udin memiliki 4 pak buku tulis, masing-masing pak berisi 10 buah buku tulis. Kemudian Udin membeli lagi sebanyak 6 buah buku. Udin memberikan 5 buah buku kepada adiknya. Hitunglah sisa buku yang dimiliki Udin!

Cara menjawab :

= (4 x 10) + 6 – 5

= 40 + 6 – 5

= 46 – 5

= 41

Jadi, sisa buku Udin adalah 41 buah buku tulis.

Tukarkan soalmu kepada 3 orang temanmu. Minta mereka untuk menjawabnya.

>>> Halaman 149

Perlihatkan soalmu kepada gurumu.

Ayo Renungkan

Setelah belajar hari ini, renungkanlah hal-hal berikut.

• Apa yang kamu pelajari hari ini?

• Apakah masih ada yang membuat kamu bingung? Jelaskan.

Kerja Sama dengan Orang Tua

• Perhatikan makanan di rumahmu. Apakah banyak sisa sayuran dan lauk? Bagaimana menurutmu sikap kamu terhadap makanan di rumahmu?  Apakah kamu sudah ikut melestarikan hewan dan tumbuhan melalui cara kamu memperlakukan makanan di rumah?

• Sampaikan pendapatmu kepada gurumu.

*) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul KUNCI JAWABAN Tema 1 Kelas 6 Halaman 147 148 149 Subtema 3 Pembelajaran 5 Selamatkan Makhluk Hidup, https://pontianak.tribunnews.com/2021/08/02/kunci-jawaban-tema-1-kelas-6-halaman-147-148-149-subtema-3-pembelajaran-5-selamatkan-makhluk-hidup?page=all.
Penulis: Dhita Mutiasari | Editor: Dhita Mutiasari

  • Whatsapp

Related posts