KUNCI JAWABAN Kelas 6 SD Tema 2 Halaman 33 34 35 36 37 Buku Tematik Siswa Subtema 1 Pembelajaran 5 Rukun dalam Perbedaan

  • Whatsapp
KUNCI JAWABAN Kelas 6 SD Tema 2 Halaman 33 34 35 36 37 Buku Tematik Siswa Subtema 1 Pembelajaran 5 Rukun dalam Perbedaan
KUNCI JAWABAN Kelas 6 SD Tema 2 Halaman 33 34 35 36 37 Buku Tematik Siswa Subtema 1 Pembelajaran 5 Rukun dalam Perbedaan

TOPIKTREND.COM, KUNCI JAWABAN Kelas 6 SD Tema 2 Halaman 33 34 35 36 37 Buku Tematik Siswa Subtema 1 Pembelajaran 5 Rukun dalam Perbedaan – Simak berikut ini pembahasan kunci jawaban  Tema 2 kelas 6  SD / MI berjudul Persatuan dalam Perbedaan halaman 32, 33, 34, 35, 36, dan 37 Subtema 1 Pembelajaran 5 tentang Rukun dalam Perbedaan.

Materi soal yang dibahas dikutip dari  Buku Tematik SD kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

Read More

Pada buku tematik Tema 2 Kelas 6 SD terdapat 3 subtema diantaranya adalah Subtema 1
Rukun dalam Perbedaan, Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan, dan Subtema 3 Bersatu Kita Teguh.

Selengkapnya soal juga terdapat pada subtema 1 Pembelajaran 5 dalam Tema 2 kelas 3 SD / MI Rukun dalam Perbedaan.

Kunci jawaban Tema 2 kelas 6 SD ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman untuk mengoreksi hasil belajar anak.

Berikut kunci jawaban Buku Tematik Tema 2 Kelas 6 SD / MI  Subtema 1 pembelajaran 5 Rukun dalam Perbedaan  halaman 32, 33, 34, 35, 36, dan 37 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber:

(Update Informasi Kunci Jawaban)

>>> Halaman 32

Ayo Menulis

Bacalah teks berikut dalam hati!

Edo, Lani, Siti, Udin, Dayu, dan Beni berencana mengikuti festival budaya. Saat ini mereka sedang berdiskusi untuk menentukan budaya yang akan mereka usung.

Edo dan teman-temannya sangat antusias mengikuti festival ini. Mereka ingin memperkenalkan seni dan budaya suku-suku yang ada di Indonesia. Menentukan kebudayaan mana yang akan dipilih tidak mudah. Semua budaya yang dimiliki Indonesia sangat beragam dan menarik.

Akhirnya Edo dan teman-temannya memutuskan untuk memperkenalkan permainan Rangku Alu. Permainan Rangku Alu berasal dari Nusa Tenggara Timur. Dalam masyarakat Manggarai, Rangku Alu dilakukan untuk merayakan hasil panen perkebunan dan tani.

Edo dan teman-temannya sangat bangga dengan kebudayaan Indonesia. Cinta budaya sendiri merupakan wujud dari penerapan makna Proklamasi Kemerdekaan. Bagaimana kamu memaknainya?

>>> Halaman 33

Ceritakan tentang makna Proklamasi Kemerdekaan yang tercermin pada kegiatan Edo dan teman-temannya!

Jawaban:

Makna proklamasi yang tercermin pada kegiatan Edo dan Teman-temannya adalah mereka mau memperkenalkan dan menghargai budaya Indonesia dengan mengikuti festival budaya.

Apa yang kamu pelajari dari kegiatan Edo dan teman-temannya terkait makna Proklamasi Kemerdekaan?

Jawaban:

Kegiatan Edo dan teman-temannya terkait dengan makna proklamasi adalah mereka menentukan keputusan dilakukan dengan cara bermusyawarah dan dan saling menghargai keputusan yang sudah dibuat.

Berikan contoh penerapan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupanmu sehari-hari, baik di rumah, sekolah, dan masyarakat! Sampaikan hasilnya kepada teman kelompokmu!

Jawaban:

Contoh penerapan makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan saling menghargai dan menghormati sesama, menumbuhkan sikap toleransi, mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi, dan melakukan musyawarah untuk mencapai mufakat dan keputusan bersama.

Ayo Berkreasi

Cinta terhadap seni Indonesia merupakan perwujudan dari makna Proklamasi Kemerdekaan. Dalam mewujudkannya, kamu membutuhkan kerja sama dengan orang lain. Indonesia memiliki ragam tarian yang sangat indah. Keragaman tersebut menambah kekayaan Indonesia yang luar biasa.

>>> Halaman 34

Kamu sudah belajar tentang pola lantai tarian daerah dan mempraktikkannya. Amatilah gambar berikut dan gambarlah pola lantainya!

Amatilah gambar berikut dan gambarlah pola lantainya.
Amatilah gambar berikut dan gambarlah pola lantainya. (Buku Terpadu Tematik SD)
Pola lantai tarian daerah.
Pola lantai tarian daerah. (Buku Terpadu Tematik SD)

>>> Halaman 35

Bandingkanlah gambar pola lantaimu dengan milik teman kelompokmu. Praktikkanlah semua pola lantai tersebut dengan mereka. Apakah kamu mengalami kesulitan dalam mempraktikkan pola lantai tarian daerah? Bagaimana kamu menyikapi perbedaan dengan teman?

Ayo Berlatih

1.      Lingkungan tempat Lani tinggal terdiri dari penduduk yang berasal dari daerah berbeda. Mereka selalu hidup rukun meskipun berbeda latar belakang dan pekerjaan. Ibu Titin, tetangga Lani, adalah seorang pengusaha kue batik yang berasal dari Jawa Barat. Beliau sangat dekat dengan tetangga dan sering membagikan kue batiknya.

Hari ini Ibu Titin membuat beberapa kue batik. Ia menyumbangkan kuenya untuk acara rapat RT di rumah Lani. Ibu Titin memotong setiap kuenya menjadi 12 potong. Lani menghabiskan 3 potong kue. Peserta rapat menghabiskan 31 potong kue. Lani melihat ada 2 potong kue tersisa di atas meja. Berapa kue batik yang dikirim Ibu Titin?

>>> Halaman 36

Bacalah soal tersebut dengan saksama! Tulislah jawabanmu dan jelaskanlah bagaimana kamu menemukan jawabannya!

Jawaban:

Diketahui :

1 kue batik = 12 potong

Kue Lani = 3 potong

Kue peserta rapat = 31 potong

Sisa kue di meja = 2 potong

Ditanyakan : jumlah kue yang dikirim oleh Ibu Titin

Jawab :

*Pertama, hitung dulu jumlah potongan kue yang ada di tempat rapat.

Jumlah potongan kue = kue lani + kue peserta rapat + sisa kue di meja

Jumlah potongan kue = 3 potong + 31 potong + 2 potong

Jumlah potongan kue = 36 potong

*Selanjutnya kita mencari jumlah kue batik yang dikirim oleh Ibu Titin.

1 kue batik = 12 potong

Jumlah kue batik = Jumlah potongan kue di tempat rapat : 12 potong

Jumlah kue batik = 36 potong : 12 potong

Jumlah kue batik = 3 potong

*Jadi jumlah kue batik yang dikirim oleh Ibu Titin adalah 3 buah.

Tukarkan jawabanmu dengan temanmu! Adakah yang berbeda?

2.      Lani dan Siti membawa kotak kue batik buatan Ibu Titin ke rumah Edo. Satu kotak kue berisi 6 potong. Mereka membagi 2 1 6 kotak kepada 4 temannya. Apakah Lani dan Siti memiliki potongan kue yang cukup apabila setiap temannya mendapat 4 potong kue? Bagaimana kalau mereka membagi 3 potong kue untuk setiap temannya? Jelaskan bagaimana kamu menemukan jawabannya!

Jawaban:

Diketahui 

1 kotak kue = 6 potong

kue yang dibagi = 2 ¹/₆ kotak

Jumlah teman = 4 orang

Ditanyakan :

Apakah kue cukup jika tiap teman mendapat 4 potong?

Bagaimana jika setiap teman mendapat 3 potong kue

Jawab :

Jumlah kue = jumlah kotak x 6 potong

Jumlah kue =  2 ¹/₆  x 6 potong

Jumlah kue =  ¹³/₆  x 6 potong

Jumlah kue = 13 potong

Jika tiap teman mendapat 4 kue, maka kue yang dibutuhkan adalah : 4 orang x 4 potong kue = 16 potong kue. Maka kue tidak cukup karena jumlahnya hanya 13.

Jika tiap teman mendapat 3 kue, maka kue yang diperlukan adalah : 4 orang x 3 potong kue = 12 potong kue. Maka kue cukup untuk 4 orang karena jumlahnya ada 13.

Sampaikan jawabanmu kepada teman di sebelahmu!

Ayo Renungkan

Setelah belajar hari ini, renungkanlah!

• Apa yang kamu pelajari hari ini?

Nama Tarian, Pola Lantai daerah dan mempraktikkannya.

• Apakah masih ada yang membuat kamu bingung? Jelaskan

Tidak ada

>>> Halaman 37

Kerja Sama dengan Orang Tua

Diskusikan dengan orang tuamu, apa makna Proklamasi Kemerdekaan bagi mereka? Sampaikan hasilnya kepada gurumu!

Jawaban:

Makna proklamasi kemerdekaan Indonesia yang pertama adalah sebagai tanda lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Proklamasi menjadi tanda lahirnya sebuah negara di mana konstitusi, pemerintahan, dan wilayah disahkan setelahnya.

*) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul KUNCI JAWABAN Tema 2 Kelas 6 Halaman 33 34 35 36 37 Subtema 1 Pembelajaran 5 Rukun dalam Perbedaan, https://pontianak.tribunnews.com/2021/08/02/kunci-jawaban-tema-2-kelas-6-halaman-33-34-35-36-37-subtema-1-pembelajaran-5-rukun-dalam-perbedaan?page=all.
Penulis: Dhita Mutiasari | Editor: Dhita Mutiasari

  • Whatsapp

Related posts