Manfaat Buah Kesemek untuk Kecantikan yang Perlu Anda ketahui

  • Whatsapp
Jual Paket Buku Tematik Siswa SD Terlengkap Kurikullum 2013
Latihan Soal Cerdas Ulangan Harian Kelas 1 2 3 4 5 6, Klik Tombol Berikut:

Gurubagi.com. Buah kesemek (Persimmon) tidak kalah populer dengan buah tropis lainnya, seperti mangga, sawo, pepaya, dan lainnya.

Read More

Buah kesemek memiliki kulit berwarna oranye yang besarnya seperti buah jeruk, akan tetapi meilki kulit halus dan putih seperti beredak.

Serbuk putih yang berada di permukaan buah kesemek bukanlah tanda jamur atau buah tersebut membusuk, melainkan gula yang terdapat di dalam buah menjadi keluar dan menempel pada permukaan buahnya.

Buah ini pun sudah dikenal khasiatnya untuk kesehatan selain lebih sering digunakan untuk kecantikan.

Manfaat buah kesemek untuk kecantikan ternyata sudah terwakili dengan tampilan buah ini yang terlapisi bedak putih. Karena itu buah kesemek populer dengan sebutan si buah genit.

Dalam sebuah kesemek yang beratnya sekitar 168 gram terkandung beragam jenis nutrisi, seperti kalori, karbohidrat, dan protein. Buah ini juga mengandung tinggi serat, namun rendah lemak.

Buah kesemek juga kaya vitamin A, C, E, K, vitamin B1, B2, dan B6. Buah ini juga kaya mineral, seperti magnesium, fosfor, kalium, mangan, tembaga, dan folat. Karena terdapat kandungan itulah membuat manfaat buah kesemek untuk kesehatan sudah teruji sejak dulu.

Baca :

Kandungan vitamin yang terdapat di dalam buah kesemek sangat tinggi dan bisa menjadi salah satu sumber vitamin terbaik untuk tubuh. Selain bermanfaat untuk kesehatan buah kesemek juga bermanfaat untuk kecantikan.

Berikut ini beberapa manfaat buah kesemek untuk kecantikan yang perlu Anda ketahui, yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Membuat kulit menjadi lebih cerah

Manfaat buah kesemek, yaitu dapat membuat kulit menjadi lebih cerah. Selain bisa untuk dikonsumsi, buah kesemek juga bisa Anda olah menjadi masker yang sangat ampuh untuk menjadikan kulit wajah menjadi lebih cerah.

Kandungan vitamin E dan beta karoten bisa menjadikan wajah bersinar secara alami tanpa harus menggunakan berbagai bentuk perawatan wajah lainnya.

2. Membatasi Keluarnya Minyak Berlebih

Kulit wajah yang mudah berminyak, merupakan salah satu awal terjadinya jerawat pada wajah. Ini disebabkan pori-pori pada kulit wajah akan tersumbat oleh produksi minyak yang berlebihan tersebut.

Cara mengatasinya, kamu bisa mencampurkan buah kesemek yang telah dihaluskan dengan menambahkan dengan sari timun. Campuran kedua bahan tersebut lalu oleskan pada wajah minimal tiga kali dalam seminggu.

Cara ini dipercaya ampuh untuk membersihkan pori-pori kulit dan efektif mengendalikan kelebihan minyak pada wajah.

3. Memperlambat tanda-tanda Penuaan

Buah kesemek memiliki kandungan yang merupakan antioksidan seperti beta karoten, likopen, cryptoxanthin, vitamin A, dan lutein merupakan zat-zat yang mampu mencegah penuaan dini.

Menariknya, semua kandungan antioksidan tersebut mampu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang tentunya bisa memicu timbulnya penuaan dini seperti keriput dan flek hitam.

Maka dari itu, dengan mengonsumsi buah kesemek kita bisa mencegah penuaan dini dan menjaga kesehatan kulit kita dengan baik.

Baca :

4. Tabir Surya

Manfaat lain buah kesemek untuk kecantikan karena kandungan di dalamnya  dapat berfungsi sebagai tabir surya.

Kandungan likopen dalam buah ini dapat berfungsi sebagai sunscreen alami yang baik untuk kulit. Dengan adanya likopen tersebut, kulit akan terlindungi dari bahaya paparan sinar UV.

Likopen juga berfungsi untuk menjaga kulit dari kerusakan sel serta menjaga kelembapan kulit agar tak membentuk garis-garis halus maupun keriput.

5. Masker Wajah

Selain sebagai tabir surya, manfaat dari buah kesemek untuk kecantikan adalah Anda bisa menggunakan buah ini sebagai masker wajah.

Masker buah ini akan memerikan efeknya kulit menjadi lebih cerah, sehat dan berkilau secara alami karena kandungan vitamin E, A dan karoten pada buah kesemek.

Demikian ulasan mengenai manfaat buah kesemek untuk kecantikan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

(Why?)

Jual Paket Buku Tematik Siswa SD Terlengkap Kurikullum 2013
Latihan Soal Cerdas Ulangan Harian Kelas 1 2 3 4 5 6, Klik Tombol Berikut:


Related posts