Whatsapp Menghentikan Dukungan ke Beberapa Ponsel, Apakah Ponsel Anda Salah Satunya?

  • Whatsapp

Whatsapp merupakan platform sekaligus aplikasi pengirim pesan instan yang memiliki banyak pengguna. Hampir semua orang yang memiliki gadget pasti memiliki aplikasi Whatsapp.

Namun kini Whatsapp menjadi perbincangan hangat di setiap kalangan. Hal ini dikarenakan adanya berita bahwa ada beberapa perangkat yang tidak bisa mengakses aplikasi Whatsapp lagi.

Read More

Hal ini juga sempat dikatakan oleh pihak Facebook bahwa akan ada penghentian dukungan Whatsapp pada beberapa perangkat.

cnbcindonesia.com

Akses Whatsapp Akan Dihentikan

Seperti yang diketahui bahwa pihak Whatsapp akan menghentikan dukungannya ke beberapa ponsel. Tidak memandang seri dan jenisnya. Hal tersebut disampaikan langsung oleh pihak Facebook terkait penghentian akses dukungan Whatsapp.

Penghentian ini dilakukan untuk beberapa perangkat atau ponsel yang memiliki OS atau Operating System lama. OS yang terbilang cukup lama akan membatasi akses pengguna.

Pembatasan ini membuat pengguna tidak bisa membuat akun baru. Tidak hanya itu saja, pengguna juga tidak bisa melakukan verifikasi ulang terkait akun yang ada.

Kebijakan ini akan diresmikan tahun depan. Lebih tepatnya pada tanggal 1 Februari 2020. Kebijakan ini membuat para pengguna ponsel menjadi khawatir dan was-was. Terutama untuk pengguna ponsel yang dibekali dengan Operating System yang lama.

Beberapa Ponsel Yang Tidak Bisa Akses Whatsapp

Seperti yang telah dijelaskan oleh pihak Facebook sebelumnya bahwa hal ini akan diresmikan sebentar lagi. Hal ini membuat pengguna gadget terutama pemilik akun Whatsapp bertanya-tanya, apakah ponselnya yang akan dihentikan akses Whatsappnya?

Namun pihak Whatsapp sudah merilis informasi mengenai ponsel apa saja yang akan dihentikan aksesnya dari Whatsapp alias tidak bisa digunakan untuk Whatsapp. Hal ini diungkapkan dalam FAQ Whatsapp terbaru.

Ponsel pertama yang tidak akan bisa digunakan adalah Android dengan OS 2.3.7 atau Gingerbread. Semua ponsel Android yang masih menjalankan OS ini tidak akan bisa mengakses Whatsapp lagi.

Ponsel selanjutnya adalah iPhone. Jadi tidak hanya Android saja, tetapi juga iOS. Namun hanya ditujukan untuk OS tertentu seperti Android.

Ponsel iPhone yang tidak bisa digunakan untuk mengakses Whatsapp lagi adalah seri yang masih menjalankan iOS 8 ke bawah.

Semua ponsel yang telah disebutkan diatas sudah tidak bisa mengakses Whatsapp lagi. Tepatnya sejak 1 Februari mendatang.

Whatsapp yang mengakhiri dukungannya tidak akan membuat perubahan terlalu signifikan. Mengingat kini sudah banyak pengguna smartphone yang memiliki gadget dengan OS baru.

Tidak hanya pada Android dan iPhone saja, Whatsapp juga akan menghentikan dukungannya pada Windows Phone. Artinya, aplikasi Whatsapp tidak akan tersedia lagi di Microsoft Store. Namun ketidaktersediaan ini sudah dilangsungkan sejak 1 Juli yang lalu.

Mengapa Whatsapp Melakukan Penghentian Dukungan Ke Beberapa Perangkat?

Hal ini dikarenakan Whatsapp memiliki fitur-fitur baru. Fitur tersebut membutuhkan RAM dan OS yang lebih besar agar lebih kompatibel dengan perangkat.

Hal ini membuat ponsel harus memiliki sumber daya yang cukup berat. Oleh karena itu, pihak Whatsapp menghentikan akses dan dukungannya ke beberapa ponsel.

Jika Whatsapp masih aktif dan bisa diakses pada beberapa ponsel tersebut, maka akan berdampak pada fitur lainnya. Terkadang fitur akan berhenti secara tiba-tiba bahkan sudah tidak bisa digunakan lagi. Oleh karena itu, pihak Whatsapp menyarankan agar menggunakan perangkat yang memiliki OS versi terbaru.

Dari beberapa ponsel diatas, mungkin ponsel anda menjadi salah satunya. Agar tetap bisa menggunakan Whatsapp maka anda perlu meningkatkan versi OSnya. Bila perlu menggunakan ponsel terbaru yang memiliki versi OS terbaru.

Related posts