Kumpulan Tips SEO untuk Meningkatkan Peringkat Website

0
66

Bila anda ingin membuat peringkat situs yang ada di mesin pencari menjadi meningkat, mau tak mau anda harus tahu dan menguasai semua hal tentang SEO. Ada banyak sekali tips SEO yang bisa anda ikuti untuk membuat website anda mendapatkan banyak pengunjung.

Tapi sebelum anda simak lebih lanjut mengenai tips SEO lengkap, sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu sebenarnya apa itu SEO. Hal ini bertujuan supaya anda tidak bingung saat sudah terlalu jauh membahas mengenai SEO ini.

Pada dasarnya memang tips untuk meningkatkan SEO yang ada selalu berkembang sesuai dengan perkembangan dalam algoritma mesin pencari seperti Google. Inilah yang menyebabkan mengapa pakar SEO selalu menguji berbagai macam cara yang bisa digunakan untuk mencapai peringkat tinggi di halaman penelusuran.

Pengertian dan Tips SEO Terbaik

Pengertian SEO merupakan proses yang dilakukan dalam optimasi page atau website milik anda secara menyeluruh untuk mesin pencari. Lantas sebenarnya apa manfaat SEO? Sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dari SEO.

Bila anda berada di halaman pertama hasil pencarian Google, ada kemungkinan web visitor anda menjadi meningkat. Sebab pengguna internet cenderung menggunakan membuka tautan di peringkat atas yang ada di halaman pertama dalam mesin pencari yang mereka gunakan.

Jika pekerjaan anda bergerak dalam bidang e-commerce, pastinya hal ini sangat menguntungkan. Sebab pengunjung yang mengalami peningkatan itu artinya calon konsumen atau klien potensial juga ikut meningkat.

Saat anda sudah mengetahui seperti apa keuntungan yang bisa didapatkan dari SEO, mengapa anda tidak memulainya sekarang juga. Anda tak perlu takut untuk memulai sebab ada ada banyak sekali tips dan trik SEO yang bisa menjadi panduan anda.

Cara Membuat SEO

Secara mendasar SEO terbagi dalam dua jenis yaitu SEO on page dan SEO off page. SEO on page adalah pembenahan situs web sementara off page adalah optimasi yang berasal dari luar web anda. Seperti apa langkah-langkahnya nya?

1. Install Plugin SEO WordPress

Ada banyak fitur SEO yang built-in yang ditawarkan oleh WordPress. Walaupun begitu anda juga harus tetap memaksimalkan situs dengan meningkatkan SEO WordPress tersebut. Plugin SEO yang terbaik yang banyak dipakai adalah Yoast SEO, plugin inilah yang bisa anda gunakan.

Adanya plugin ini akan mempermudah anda di dalam mengoptimalkan halaman serta postingan dengan keyword terpilih. Di samping itu, plugin ini menawarkan built-in analisis yang berdasar update terbaru algoritma. Anda juga dapat membuat sitemap XML dan menambah schema markup ke dalam situs anda.

Langkah untuk setup Yoast SEO bisa dilakukan dengan cara masuk ke Dashboard WordPress dan memilih Plugin kemudian pilih add new pada kolom pencarian. Anda bisa mengetikkan Yoast SEO lalu klik Install Now di dalam plugin. Klik Activate segera sesudah muncul notifikasi. Dengan begitu saat ini plugin sudah diaktifkan dan anda dapat mengaksesnya dengan cara klik icon di menu yang ada di bagian kiri.

2. Riset Keyword

Kata kunci atau keyword sangat berperan penting dalam meningkatkan pengunjung website anda. Saat anda melakukan riset keyword, maka cara SEO wordpress bisa berhasil.

Riset keyword tentunya juga bisa memungkinkan anda untuk membuat konten yang banyak dicari oleh pengunjung. Melacak keberhasilan konten yang sudah anda tulis. Memahami kebutuhan pasar secara lebih baik, memahami bagaimana cara meningkatkan pengunjung website dan menaikkan traffic ke situs anda.

Ada banyak sekali tool yang disediakan yang bisa membantu anda di dalam melakukan riset keyword. Seperti Semrush, KW Finder dan Google Keyword Planner. Walaupun berbagai macam postingan bisa ditulis hanya berdasar pada riset keyword,namun ada beberapa hal yang perlu anda ketahui.

  1. Buatlah daftar target keyword yang berhubungan dengan topik artikel anda.
  2. Kemudian masukkan keyword ke dalam tool riset keyword. Agar bisa mencari keyword yang mempunyai volume pencarian tinggi serta nilai persaingan rendah.
  3. Melakukan riset kompetitor dengan browsing situs serupa lewat tool riset agar bisa mengecek keyword yang dimiliki kompetitor.
  4. Cari keyword yang membawa traffic banyak pada situs kompetitor.
  5. Cari keyword yang merupakan milik kompetitor dengan nilai sangat rendah, sehingga anda juga bisa berkompetisi dengan mudah.

Bila anda sudah selesai membuat daftar keyword, sekarang waktunya anda membuat dan mengoptimalkan konten yang anda buat.

3. Mengatur Struktur Permalink

Saat WordPress sudah berhasil diinstall, maka halaman dan juga postingan mempunyai struktur URL yang tampilannya tidak lazim. Ternyata hal ini bisa membuat performa SEO buruk.

Salah satu tips SEO yang bisa anda lakukan adalah mengatur struktur permalink.

Struktur URL yang bersih dan mudah untuk dilacak oleh mesin pencari yaitu pengaturan post name. Saat anda mengganti pengaturan awal ke pengaturan seperti ini, maka anda dapat memasukkan halaman atau judul postingan bahkan keyword yang dimasukkan di URL.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengubah pengaturan tersebut adalah dengan membuka Setting kemudian pilih Permalink. Selanjutnya di bawah Common Settings anda bisa pilih Post name.

Bila anda terlambat saat melakukan perubahan atau pergantian ke mode pengaturan Postname. Pastinya mau tidak mau anda harus melakukan pengalihan URL lama. Anda dapat mengatasinya dengan cara menginstal plugin change permalink helper. Caranya tinggal memasukkan URL lama dan URL tersebut bisa mengalihkan anda pada URL yang baru.

4. Eksternal dan Internal Link

Internal link merupakan salah satu cara agar wordpress banyak pengunjung. Anda bisa melakukan internal link ke halaman lain di dalam website anda. Anda juga bisa membuat para pengunjung menikmati alur konten yang anda punya.

Cara ini bisa mengurangi bounce rate dan juga bisa mempermudah pengunjung untuk melihat halaman lain sesuai dengan informasi yang sedang mereka cari. Jika website anda masih baru dan belum punya banyak konten. Anda bisa memanfaatkan tautan ke blog atau website lain yang bisa mendukung informasi yang terdapat di website anda. Cara ini disebut dengan istilah eksternal link.

Kami merekomendasikan supaya anda hanya memakai referensi website atau blog yang terpercaya. Mengapa harus demikian? sebab Google lebih suka website yang kaya informasi dan tidak menyesatkan penggunanya. Jadi informasi yang terpercaya di dalam website anda maka bisa membuat performa website semakin baik.

5. Menentukan Fokus Keyword dalam Setiap Postingan

Walaupun cara SEO WordPress yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan keyword sudah berubah. Namun tetap saja keyword mempunyai peran penting. Setiap kali menulis konten anda harus memastikan terdapat fokus keyword di dalamnya. Ada beberapa saran yang bisa anda gunakan bila anda ingin mengoptimalkan keyword.

  • Sebaiknya jangan memasukkan keyword terlalu banyak didalam postingan
  • Masukkanlah keyword dengan alami atau natural.
  • Bila memungkinkan tulislah keyword di paragraf pertama di artikel yang anda buat.
  • Gunakan keyword di dalam judul dan sub heading artikel
  • Tambahkan pula target keyword ke URL dan juga meta description.

Setiap anda menulis artikel, silakan masukkan keyword yang diinginkan ke dalam tool yang sudah disediakan oleh plugin. Lewat tool ini anda bisa memperoleh analisa menyeluruh mengenai cara mengoptimalkan post dengan keyword yang spesifik. Analisa tersebut berupa tips meningkatkan SEO WordPress dan memperbaiki peringkat website yang ada di mesin pencari.

6. Menulis Konten Berkualitas

Google suka sekali bila situs anda menawarkan konten yang memiliki kualitas tinggi. Untuk tahu seperti apa konten yang berkualitas itu anda bisa memasukkan keyword apapun di google. Kemudian lihat 10 situs terbaik yang muncul dari hasil pencarian. Dari pencarian tersebut dapat disimpulkan dua kriteria konten berkualitas.

Pertama konten yang berkualitas adalah yang memiliki isi konten panjang dan konten yang memenuhi standar. Selanjutnya konten tersebut menyediakan informasi yang diperlukan oleh user atau oleh pengunjung situs.

Ketika anda membuat konten tersebut anda harus melakukan riset agar bisa mencari tahu peringkat topik dan memahami mengapa topik tersebut bisa berada di peringkat atas. Kadang peringkat konten ditentukan dari Domain dan Hosting saja. Tetapi jika setiap situs mempunyai otoritas yang sama pasti kontennya yang menjadi faktor pembeda.

Agar bisa memperoleh perspektif yang lebih baik mengenai keyword dan apa yang dicari user. Anda bisa menanyakan beberapa hal ini pada diri anda sendiri.

Apakah pengunjung situs sedang mencari informasi atau mencari konten produk. Apakah user mencari artikel atau tutorial dengan informasi detail atau hanya sekedar membaca artikel singkat. Mengapa halaman yang ada saat ini mempunyai rangking dan gaya konten seperti apa yang isinya sesuai dengan keyword.

Saat anda sudah memahami cara menggunakan SEO dengan baik dan mengetahui halaman mana yang harus diperbaiki peringkatnya pada mesin pencari. Serta mengetahui info seperti apa yang dicari User. Maka kini saatnya anda siap untuk membuat konten yang berkualitas.

7. Konten yang Lebih Panjang

Konten yang isinya lebih panjang akan cenderung mempunyai peringkat yang lebih baik dalam mesin pencari. Faktanya konten yang lebih panjang akan lebih sering dibagikan di sosial media dan mendapatkan backlink. Pastinya ini akan mempengaruhi peringkat.

Sebagian besar konten yang ada di halaman pertama Google mempunyai panjang yang lebih dari 2000 kata. Tetapi bukan berarti anda harus menuliskan artikel atau tutorial dengan jumlah kata yang serupa. Banyaknya jumlah kata paling tidak menjadi acuan ketika anda menulis artikel.

Anda harus memastikan anda menulis tutorial atau artikel yang bermutu dan berkualitas tinggi. Bukan hanya diisi dengan kalimat sembarangan untuk memenuhi target jumlah kata tersebut.

Anda bisa fokus pada intent keyword, cari tahu apa alasan yang menyebabkan user mencari keyboard tersebut dan bukan keyboard yang lain. Kemudian tulis konten yang terkait menjawab kebutuhan user di dalam beberapa kasus. Anda bisa menulis konten dengan jumlah kata yang lebih sedikit.

8. Konten dengan Informasi dan Topik yang Relevan Sepanjang Masa

Konten yang memiliki informasi atau topik yang relevan sepanjang masa sering disebut sebagai evergreen content. Umumnya ini bisa menjadi salah satu tips SEO 2019 yang masih banyak digunakan untuk meningkatkan trafik. Tidak peduli tahun berapa konten tersebut diakses. Namun isi dan informasi yang tertuang di dalamnya akan selalu dapat digunakan sebagai acuan.

Setelah anda menulis evergreen content, bukan berarti anda akan melupakannya dan tidak membuat pembaruan sama sekali. Sebaiknya update artikel tersebut dengan cara menyediakan info terkini yang berhubungan dengan topik yang sudah pernah anda bahas.

Disamping layak untuk dibaca, saat anda membuat evergreen content juga bisa menyuguhkan informasi yang relevan. Jadi anda dapat membagikannya di berbagai macam media sosial. Mempromosikan konten tersebut dan bahkan bisa mendapat backlink untuk konten tersebut. Biasanya konten seperti ini bisa bertahan lama di situs pencarian Google halaman pertama.

Meski dalam proses menulis atau membuat evergreen content ini memerlukan dedikasi yang cukup tinggi namun akan terbayarkan dengan hasil yang anda tuai.

9. Mengoptimalkan Judul dan Halaman

Salah satu tips SEO yang bisa meningkatkan ranking website anda adalah dengan mengoptimalkan judul dan halaman. Heading tag yang paling penting yaitu tag judul atau title tag.

Tag ini akan menginformasikan pada Google tentang situs anda dan bisa mempengaruhi pengunjung untuk mengklik atau bahkan meninggalkan situs anda. Bila anda masih bingung manakah yang dimaksud dengan title tag. Maka anda bisa melihat nama postingan atau nama halaman. Nama inilah yang akan menjadi title tag anda.

Untuk bisa mengoptimalkan title tag anda bisa menambahkan target keyword di awal konten seperti ditempatkan pada judul. Kemudian menuliskan title tag dengan jumlah kata antara 60 hingga 70 karakter. Tulis judul yang menarik agar para pengunjung tidak ragu untuk mengklik situs anda.

Mengubah tag judul menjadi sebuah judul yang teroptimasi dengan baik dan juga menarik pengunjung itu mudah. Apalagi bila anda telah menggunakan plugin Yoast SEO. Agar bisa mengubah title tag anda bisa mengubah membuka salah satu postingan kemudian scroll ke bawah dan anda bisa melihat area Snippet editor. Di area ini anda dapat mengelola dan juga mengoptimasi judul SEO supaya bisa mempunyai peringkat yang baik saat di mesin pencari.

10. Optimalkan Header Tagnya

Header tag akan memberi gambaran secara umum bagi crawler bot tentang konten yang ada di dalam situs anda. Dengan cara menerapkan teknik ini, maka secara menyeluruh konten bisa lebih mudah dibaca dan juga bisa teroptimasi dengan baik saat berada di mesin pencari.

Biasanya setiap post akan mempunyai tag H1 dan hirarkinya terdiri dari H2, H3, H4 dan juga seterusnya. Tak satu atau hanya satu isinya adalah judul postingan yang anda buat. Tambahkan target keyword di dalam H1. Untuk header tag lainnya bila memungkinkan sebaiknya gunakan variasi dari target keyword tersebut. Tetapi jangan menambah keyboard terlalu banyak di heading tag, sebab akan terlihat tidak natural.

Di bagian wordpress editor anda dapat mengubah dan menambah header tag lewat dropdown menu.

11. Pakai URL yang Pendek

Bila URL semakin pendek, tentu akan semakin baik dimata mesin pencari. Oleh sebab itu, bila URL konten terlalu panjang bagaimana caranya anda harus menyingkatnya agar URL tidak memuat banyak kategori atau direktori. Anda cukup menambah target keyword di URL dan menghapus kata lainnya yang tidak perlu.

Walaupun tidak berpengaruh pada peringkat situs, namun URL yang panjang akan terlihat seperti link spam dan bisa menjadikan CTR rendah. Sebaiknya ubah permalink supaya anda dapat mengelola struktur URL-nya. Ada beberapa tips yang bisa anda ikuti agar bisa membuat URL yang sifatnya SEO Friendly:

  • Bila memungkinkan sebaiknya anda gunakan URL yang pendek dan singkat dan hapuslah kata-kata yang sekiranya tidak perlu.
  • Tambah target keyword di URL dan sebaiknya antara URL dan judul harus sesuai.
  • URL harus dapat terbaca oleh pengunjung situs
  • Bila memungkinkan baiknya hapus berbagai macam kategori dan juga folder.

Saat anda mengikuti tips SEO diatas, dijamin anda dapat dengan mudah mengedit URL lewat WordPress di bagian pembuatan halaman atau postingan. Anda tinggal mengklik edit di area Permalink yang berada tepat di bawah judul.

12. Meta Description

Anda pasti sudah tahu apa meta description itu. Ini adalah kalimat singkat yang berada dibawah judul yang muncul pada hasil pencarian. Kalimat ini akan memberikan gambaran secara umum mengenai sebuah konten.

Meskipun tidak secara langsung menjadi faktor penentu dari peringkat, namun meta description bisa menaikkan jumlah CTR pada mesin pencari. Jadi sebaiknya anda tulis meta description dengan singkat dan jelas. Sehingga bisa menarik para pengunjung supaya mengklik postingan anda bukan artikel dari situs lain.

Data yang muncul di mesin pencari akan berdasar pada korelasi. Tetapi jika situs anda mempunyai CTR tinggi. Google bisa menilai bahwa website mempunyai info yang relevan dengan yang dicari user sehingga peringkat situs akan secara otomatis naik.

Berikut ini ada beberapa tips untuk anda yang ingin mengoptimalkan meta description. Pertama anda bisa menambahkan focus keyword yang ada di meta description. Google bisa menghighlite keyword yang dimasukkan. Jadi bukan tidak mungkin situs ini bisa muncul di halaman pertama. Anda juga bisa menganggap meta description merupakan kopi tulis meta description yang bagus dan menarik. Agar bisa menarik user supaya membeli konten yang sudah anda publish.

13. Optimalkan Gambar Sebagai Cara Meningkatkan SEO WordPress

Salah satu tips SEO terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan mengoptimalkan gambar.

Menambahkan gambar ke dalam konten merupakan salah satu cara supaya pembaca menjadi lebih puas ketika melihat ataupun membaca konten yang anda buat.

Selain itu, adanya gambar di dalam konten juga bisa membuat user atau pengunjung betah untuk berlama-lama. Sebab bisa memperoleh penjelasan yang sesuai dan dari apa yang diinginkan. Ternyata gambar ini dapat dioptimalkan sebagai salah satu cara meningkatkan SEO Website.

Agar bisa mengoptimasi gambar pada konten, ada tiga komponen utama yang bisa anda jadikan sebagai perhatian:

  • Image Title Text

Mesin pencari tidak menjelajahi judul gambar atau image title text. Namun sedikit banyak ini bisa mempengaruhi kepuasan pengunjung ketika melihat atau membaca konten yang anda buat. Ketika user mengarahkan mouse ke gambar maka image title text bisa muncul.

Untuk bisa mengganti image title text anda tinggal buka post editor yang ada di gambar. Caranya anda arahkan mouse ke gambar, lalu klik ikon pensil untuk mengedit judul kemudian di bagian advance option ketikan judul gambar.

  • Alt Text

Alt Text ini indikator yang bisa memberikan sebuah gambaran umum mengenai konten yang anda buat pada Google. Untuk gambar paling pertama yang anda upload ke postingan anda bisa menambahkan focus keyword di alt teksnya.

Sedangkan untuk gambar-gambar lain anda bisa menggunakan variasi dari target keyword. Anda juga bisa menuliskan deskripsi singkat. Agar bisa mengubah alt text anda tinggal arahkan mouse ke gambar lalu klik ikon pensil untuk mengedit alt text. Carilah kolom alternatif text dan tambah fokus keyword atau variasi lainnya di kolom tersebut.

  • Nama File

Nama file bisa mempengaruhi peringkat gambar dalam pencarian gambar Google dan juga ini bisa menarik banyak pengunjung untuk meningkatkan traffic. Nama file default sebagian besar panjang dan membingungkan. Bahkan ada yang tidak berhubungan dengan topik konten yang dibuat.

Oleh sebab itu, sebelum anda mengupload gambar ketahui lebih dulu alasan mengapa gambar ini harus diupload dan juga target keyword-nya. Sebaiknya tambahkan focus keyword atau kata kunci yang anda targetkan ke dalam deskripsi singkat untuk nama file gambar tersebut.

Jika anda memakai lebih dari satu kata di dalam nama file gambar, sebaiknya jangan lupa sertakan-google bisa mengindikasikan-dengan spasi.

14. Plugin Social Sharing

Anda bisa mempermudah pengunjung website saat mereka ingin membagikan konten atau halaman favorit anda lewat media sosial. Saat ini media sosial menjadi salah satu sumber potensial yang bisa menaikkan traffic website. Anda harus bersiap-siap mendapatkan traffic yang tinggi, oleh sebab itu anda tinggal install plugin social sharing.

Untuk website wordpress ada salah satu plugin yang banyak digunakan yaitu floating social bar. Disamping itu, anda juga harus memperkenalkan konten blog yang anda miliki pada akun media sosial. Berbagi saja pasti tidak cukup, anda harus memasang link menuju website anda untuk meningkatkan traffic

15. Mengupdate Konten Lama

Konsisten di dalam membuat konten baru untuk blog atau website memang langkah bagus. Ini menjadi salah satu tips SEO yang bisa anda lakukan. Tetapi bukan berarti anda juga bisa mengabaikan konten lama yang telah anda terbitkan.

Sebab bisa saja konten yang anda buat dulu merupakan sumber trafik yang tidak kalah banyak dari konten baru yang anda buat. Mungkin banyak konten lama yang masih mempunyai performa yang dapat ditingkatkan.

Oleh sebab itu, sebelum anda melakukan optimasi konten lama anda harus mengevaluasi dan menentukan konten mana yang memiliki potensi untuk bisa menghasilkan traffic. Anda dapat melakukan evaluasi dengan menggunakan bantuan dari Google Search Console.

Lewat Google Search Console ini anda dapat mengetahui seperti apa performa halaman website di hasil pencarian. Anda bisa menemukan konten yang mendapat impression tinggi dengan CTR yang rendah.

Kondisi ini bisa mengindikasikan konten muncul di hasil pencarian namun tidak banyak orang yang mengklik atau membuka konten tersebut. Umumnya hal ini disebabkan karena kurangnya kata kunci yang sesuai dengan yang dimaksudkan para pencari.

Anda bisa mengikuti langkah berikut ini untuk mengecek kinerja per halaman website anda di Google Search Console.

  1. Pertama buka tab performance.
  2. Lalu klik page
  3. Kemudian pilih halaman website yang ini dilihat kinerja nya
  4. Klik tab Queries
  5. dan sesudah itu akan muncul keyword yang menghasilkan impression bagi halaman tersebut.

Berdasar dari Queries tersebut anda dapat melengkapi informasi yang ada di artikel untuk menggunakan kata kunci yang bisa menghasilkan impression bagi halaman tersebut. Dengan demikian, maka kemungkinan halaman website muncul di berbagai kata kunci akan lebih besar peluangnya. Artikel anda juga bisa semakin kaya informasi yang sesuai dengan yang dicari oleh banyak orang di mesin pencari.

Kesimpulan

Kesimpulannya saat anda menerapkan serangkaian tips untuk mengoptimalkan SEO yang sudah dijelaskan tadi memang memerlukan waktu yang tidak sebentar. Diperlukan kesabaran dan juga konsistensi agar bisa mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Persiapan energi anda untuk menjalani proses panjang dari tips SEO terbaru ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here