Mau Langsing? Ikuti Tips Diet Sehat Alami yang Aman dan Super Cepat Ini

0
95

Tidak bisa dipungkiri bahwa tubuh yang kurus atau langsing lebih disukai daripada tubuh yang gemuk atau overweight. Oleh sebab itu, tak heran jika banyak beredar program diet yang bisa menjanjikan tubuh kurus dengan kurun waktu tertentu. Tips diet sehat alami juga bisa anda lakukan agar mendapatkan berat badan ideal seperti yang anda inginkan.

Sebenarnya apa yang bisa dilakukan sebagai cara menurunkan berat badan alami dan sehat itu? Untuk sebagian orang, meskipun tubuhnya sudah ideal entah bagaimana namun selalu tetap ingin tampak lebih kurus. Nah, tips diet sehat alami ini bisa menjadi panduan anda.

Sebenarnya ada banyak sekali cara menurunkan berat badan alami yang sederhana, mudah dan tanpa harus merasa stres atau menguras kantong. Kuncinya yaitu menerapkan hal tersebut dengan konsisten dan juga penuh komitmen.

Menurunkan berat badan memang perlu supaya anda mempunyai berat badan ideal. Perlu diingat bentuk tubuh ideal itu tidak selalu sama dengan berat badan ideal. Bila bentuk tubuh berupa pandangan subjektif, maka berat badan merupakan hal yang objektif.

Supaya bisa mempunyai berat badan tanpa harus menjalankan pengobatan medis seperti sedot lemak, pergi ke dokter atau konsumsi pil pelangsing. Maka anda dapat mencoba tata cara diet sehat yang mudah dan menyenangkan.

Tips Diet Alami Tanpa Obat

Orang dengan berat badan yang tidak normal pastinya menginginkan diet. Hal ini tepat sekali untuk dilakukan karena diet memang menjadi salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Namun sebagian orang yang melakukan diet menjalaninya dengan tidak sehat atau dengan mengkonsumsi obat diet yang berbahan kimia.

Selain tidak menerapkan diet sehat, efek samping yang ditimbulkan seperti sakit bahkan kematian juga pernah terjadi. Tapi ternyata ada cara diet alami dan aman yang bisa dilakukan tanpa timbul efek samping.

Saat mendengar istilah cara menurunkan berat badan hal ini akan identik dengan kata diet. Agar bisa mendapatkan tubuh langsing seperti impian anda maka anda bisa mencoba cara diet alami tanpa obat.

Daripada anda menjalankan program diet instan dengan risiko dan efek samping yang tidak jelas efektivitasnya. Maka diet alami tanpa obat ini selain aman juga bisa memberikan manfaat lain bagi kesehatan tubuh anda.

1. Mengatur Pola dan Jenis Makanan

Selama anda menjalankan diet, sebaiknya anda kurangi porsi makan 10 hingga 20%. Makan dengan perlahan paling tidak 20 menit. Cara ini efektif untuk menekan nafsu makan. Makan dengan terburu-buru bisa membuat anda lebih lama untuk merasa kenyang. Jadi anda akan cenderung makan secara berlebihan.

Disamping mengatur waktu dan porsi makan, anda juga harus mengatur apa jenis makanan yang harus dikonsumsi. Pilih makanan bergizi seperti makanan tinggi serat protein dan lemak sehat.

Sebaiknya anda hindari makanan yang mempunyai kandungan lemak jenuh dan kolesterol tinggi seperti makanan cepat saji dan makanan olahan. Batasi pula konsumsi makanan atau minuman yang tinggi kalori dan gula seperti es krim, coklat atau minuman kemasan.

2. Perbanyak Konsumsi Air Mineral

Salah satu tips diet sehat alami tanpa obat yang bisa anda lakukan adalah dengan mencukupi kebutuhan mineral untuk tubuh. Air mineral itu penting sekali bagi tubuh anda sebab bisa membantu meningkatkan kinerja ginjal. Membantu metabolisme tubuh, membuang racun yang masuk ke dalam tubuh, menjadikan kulit tampak cerah dan lembut serta membantu meningkatkan kinerja otak anda.

Di samping manfaat tersebut, air mineral juga bisa menurunkan berat badan. Caranya sebelum makan sebaiknya anda minum satu gelas air mineral. Dengan demikian porsi makan anda bisa berkurang.

3. Aktif Bergerak dan Olahraga

Cara diet sehat dan murah tanpa obat bisa didukung dengan melakukan banyak aktivitas fisik dan juga olahraga dengan tujuan untuk membakar kalori. Olahraga yang bisa dilakukan seperti jogging, senam aerobik dan olahraga kardio. Anda bisa melakukannya paling tidak 30 menit sehari.

Di samping bisa menurunkan berat badan, maka kebiasaan aktivitas fisik dan olahraga mempunyai berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti memperbaiki suasana hati, mencegah penyakit, meningkatkan energi dan bisa membuat tidur lebih berkualitas.

Akan tetapi bila anda mempunyai kondisi kesehatan tertentu seperti hipertensi, diabetes atau penyakit jantung. Maka disarankan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Hal ini bertujuan agar bisa menentukan seperti apa jenis olahraga dan berapa lama durasinya yang aman untuk kondisi tubuh anda.

4. Perbanyak Makanan yang Mengandung Serat

Berbagai jenis makanan yang kaya serat diantaranya adalah alpukat, kacang polong, kubis, pisang, jagung, pepaya, brokoli, pir dan beras merah. Banyak sekali manfaat makanan yang memiliki kandungan serat tinggi.

Makanan yang mengandung serat tinggi bisa membantu proses detoksifikasi tubuh. Menurunkan kolesterol, menurunkan berat badan, membersihkan saluran cerna, menghindarkan endapan lemak yang ada pada pembuluh darah.

Memperlambat penyerapan glukosa, melindungi tubuh dari bahaya penyakit usus besar, mengendalikan gula darah. Serta masih banyak lagi manfaat lainnya.

5. Menghindari Makan Lebih dari Jam 6 Sore

Sarapan pastinya memerlukan porsi yang banyak untuk asupan energi tubuh anda selama seharian penuh. Begitu pula dengan makan siang, porsi makan siang harus lebih sedikit dibandingkan dengan sarapan.

Sementara untuk makan malam karena aktivitas sudah selesai maka anda tidak perlu konsumsi makan berat. Nasi dapat diganti dengan apel atau jika ingin makan malam jangan langsung tidur setelah makan.

6. Minum Air Jeruk Nipis Di Waktu Pagi

Jeruk nipis adalah salah satu jenis buah yang mempunyai banyak manfaat positif untuk kesehatan. Dengan meminum air jeruk nipis dan segelas air hangat selama program diet yang anda jalankan bisa membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat.

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis memiliki sangat tinggi. Ini bisa bekerja untuk menyerap kalsium dan juga sel lemak, jadi berat badan anda bisa turun.

Diet secara alami dan sehat sebenarnya tidak terlalu ketat dan menyiksa. Namun tetap saja diperlukan komitmen tinggi supaya berat badan anda bisa turun secara berkala dan juga mempunyai efek jangka panjang.

Tips Diet Sehat Alami dengan Olahraga

Jika anda anti olahraga, maka jangan lantas menyerah dulu. Anda tidak perlu melakukan olahraga berat agar bisa menurunkan berat badan. Sebenarnya ada berbagai macam latihan yang bisa dilakukan tanpa harus menguras tenaga.

Laki-laki maupun perempuan bisa melakukan olahraga. Olahraga adalah sebuah cara diet sehat dan murah yang terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan secara alami dengan praktis dan cepat.

1. Olahraga kardio

Kardio adalah salah satu jenis latihan yang didalamnya melibatkan hampir seluruh anggota tubuh. Seperti bersepeda, berlari, berenang dan aktivitas lainnya. Dengan melakukan olahraga kardio, maka otot-otot yang ada di dalam tubuh bisa bekerja. Mulai dari otot paha, otot perut, otot betis, otot punggung, lengan hingga pundak.

2. Yoga

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang didalamnya memusatkan pada kelenturan, kekuatan dan juga pernafasan. Seperti sebuah penelitian di India yang telah membuktikan bahwa yoga bisa membantu untuk menghilangkan gas berlebih yang ada di dalam perut. Dengan demikian dapat melancarkan pencernaan serta menghilangkan lemak yang menumpuk di bagian perut.

Olahraga Yoga dapat melatih dan juga menyelaraskan tubuh serta pikiran agar lebih rileks. Bisa memacu tubuh untuk mengeluarkan hormon yang dapat membantu proses pembakaran lemak secara efektif di dalam tubuh. Anda bisa mulai berlatih yoga 10 hingga 20 menit setiap hari. Supaya tubuh anda dapat melakukan sistem metabolisme dengan optimal.

3. Sit Up dan Push Up

Salah satu hal mudah lain yang dapat dilakukan sebagai tips diet sehat alami yaitu dengan sit up dan push up. Tetapi pastinya anda harus melakukannya dengan rutin agar hasilnya juga maksimal. Anda bisa lakukan sit up dan push up masing masing 10 kali.

Naikkan intensitas latihan anda setiap hari. Hal ini bisa membantu menurunkan berat badan dengan waktu yang singkat. Saat anda melakukan push-up dan sit up di pagi hari bisa bermanfaat mengontrol nafsu makan. Sebab bisa mengakibatkan efek mudah kenyang.

4. Kick boxing

Olahraga ini adalah salah satu pengembangan olahraga tinju dan juga muay thai. Olahraga kickboxing fokus pada gerakan memukul dan juga menendang. Dijamin ini bisa membuat semua otot tubuh anda bergerak dan lebih berbentuk. Bukan hanya itu saja, saat anda rutin melakukan kickboxing maka tubuh anda juga bisa lebih fleksibel dan terjadi peningkatan stamina.

5. Lompat Tali

Skipping atau lompat tali ternyata bukan cuma permainan anak sekolahan. Bila dilakukan secara rutin dan dikombinasikan dengan pola makan sehat, maka lompat tali juga dapat membuat lemak yang ada di tubuh anda terbakar. Sehingga berat badan otomatis bisa turun. Bila dilakukan 1 jam perhari, anda dapat membakar sampai dengan 900 kalori.

Supaya berat badan anda bisa turun dengan cepat, anda bisa pastikan olahraga kickboxing juga diimbangi dengan pola makan yang bergizi, gaya hidup sehat dan istirahat yang cukup.

Cara Diet Alami dan Cepat Tanpa Olahraga

Salah satu tips diet sehat alami yang bisa menurunkan berat badan anda adalah dengan melakukan olahraga. Disamping memberikan kesehatan untuk tubuh, olahraga juga bisa membakar lemak yang yang akan menurunkan berat badan.

Tetapi bila anda merupakan tipe orang yang kurang suka olahraga namun ingin menurunkan berat badan, anda tak perlu khawatir. Anda masih tetap bisa menurunkan berat badan dengan menggunakan cara diet sehat alami tanpa olahraga.

1. Porsi Makan Lebih Sedikit

Cara pertama yang sudah cukup banyak diterapkan oleh banyak orang agar bisa mengurangi berat badan adalah mengubah porsi makan lebih sedikit. Manfaat bila anda makan dengan porsi lebih sedikit bisa membuat berat badan stabil. Energi di dalam tubuh meningkat dan juga bisa mencegah sembelit.

Di samping itu, dengan porsi makan kecil bisa mengurangi risiko diabetes dan obesitas. Walaupun mengurangi porsi makan, anda tetap dapat mengimbanginya dengan konsumsi sayur dan buah yang kaya serat. Bukan hanya sehat anda juga dapat merasakan kenyang lebih lama.

2. Kunyah Makanan Perlahan

Bukan cuma disarankan karena baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi mengunyah makanan secara perlahan juga dapat menjadi cara untuk menurunkan berat badan bagi anda yang tidak suka atau malas berolahraga.

Saat anda makan perlahan, anda bisa merasa kenyang lebih lama. Makan secara perlahan berarti bisa memberi kesempatan tubuh untuk mengirimkan sinyal ke bagian otak bahwa lambung anda sudah terisi penuh. Selain itu, mengunyah makanan secara perlahan juga menjadi cara termudah dan tidak perlu untuk mengeluarkan tenaga ekstra dalam menurunkan berat badan.

3. Jangan Makan Sambil Main Hp atau Menonton TV

Selanjutnya tips diet sehat alami tanpa olahraga bisa dilakukan dengan menghindari makan sambil bermain hp atau menonton TV., Ketika makan sebaiknya anda tidak melakukan hal lain. Sebab terkadang bila makan dibarengi hal lain bisa membuat anda lebih fokus ke hal tersebut dan tidak sadar berapa banyak makanan yang sudah dimakan.

Di samping itu, bila anda makan dengan tidak berkonsentrasi bisa membuat anda cepat merasa lapar kembali. Dengan makan sambil bermain HP atau menonton TV bisa membuat konsentrasi anda terganggu. Jadi tidak akan memberikan perasaan kenyang lebih lama. Apalagi konsentrasi dan daya ingat bisa membantu mengontrol nafsu makan.

4. Cukup Tidur

Tidur yang cukup bisa membantu anda untuk menurunkan berat badan. Sebab ketika tubuh memperoleh waktu istirahat yang cukup, maka metabolisme di dalamnya bisa bekerja dengan baik. Di samping itu anda juga dapat terhindar dari perasaan lapar pada waktu malam hari.

Kekurangan waktu tidur ternyata bisa meningkatkan berat badan dan nafsu makan. Apalagi bila ditambah dengan stres, Jadi sebaiknya cukupi waktu tidur anda apalagi bagi anda yang sedang menjalankan program diet.

5. Jauhkan Makanan yang Tidak Sehat dari Pandangan

Menjauhkan segala jenis makanan yang tidak sehat dari pandangan anda menjadi salah satu cara diet alami dalam waktu singkat. Terkadang tanpa disadari anda sering menaruh makanan yang tidak sehat seperti makanan yang manis dalam jangkauan mata dan mudah dijangkau.

Hal ini bisa membuat anda tergiur untuk memakannya terus. Hasilnya tanpa anda sadari itu semua bisa menaikkan berat badan anda. Oleh sebab itu, mulai sekarang sebaiknya anda letakkan makanan tersebut di dalam lemari makanan. Atau tempat yang jauh dari pandangan anda supaya tidak tergoda untuk memakannya.

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga sebenarnya bukanlah sebuah hal yang mustahil. Tanpa disadari ada banyak sekali hal-hal sederhana yang sering ditemui sehari-hari yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan anda. Tetapi tetap saja anda perlu konsisten dan juga sabar sebagai kunci utamanya bila anda ingin berat badan anda turun dengan cepat dan maksimal.

7 Tips Diet Sehat Alami Tradisional

Bila anda tidak punya cukup waktu berolahraga atau lelah setelah beraktivitas atau bekerja di kantor. Anda bisa mencoba cara menurunkan berat badan secara alami dengan memanfaatkan ramuan tradisional yang khasiatnya sudah terbukti ampuh.

Indonesia adalah sebuah negara yang kaya dengan berbagai macam tanaman herbal yang dimanfaatkan turun temurun oleh masyarakat. Tanaman herbal tersebut saat ini sudah banyak diolah dalam kemasan siap saji dan dapat digunakan untuk membantu anda menurunkan berat badan secara alami. Di samping lebih aman dan tanpa efek samping, pastinya berbagai bahan herbal ini ramah di kantong.

1. Air Rebusan Jahe

Jahe adalah jenis rempah-rempah yang sering digunakan sebagai obat tradisional sejak zaman dulu. Jahe mempunyai kandungan panas atau thermal yang dapat menghangatkan serta meningkatkan metabolisme tubuh. Juga dapat membakar lemak yang ada di dalam tubuh.

Dalam program diet, manfaat jahe juga bisa digunakan untuk mengurangi berat badan anda secara alami. Mengontrol nafsu makan dan mengecilkan perut buncit. Cara penggunaannya juga sangat mudah, tinggal siapkan bahan berupa 1 rimpang jahe yang dicuci bersih kemudian diiris tipis dan direbus dengan 2 gelas air .

Selanjutnya biarkan hingga mendidih dan airnya berkurang setengah. Kemudian angkat dan dinginkan atau dapat diminum dalam kondisi hangat. Minum ramuan ini secara rutin sebelum tidur malam dan lakukan setiap hari hingga anda memperoleh hasil yang diinginkan.

2. Teh Hijau

Cara diet tradisional yang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan anda yaitu dengan rutin meminum teh hijau. Khasiat teh hijau sudah dikenal memiliki banyak manfaat sejak zaman dulu. Teh hijau telah dipercaya menjadi tips untuk diet sehat secara alami dalam menurunkan berat badan yang terbukti efektif.

Agar bisa mendapatkan manfaat teh hijau secara maksimal, anda bisa meminum teh hijau dengan teratur sebelum makan. Pastikan anda meminum teh ini tanpa campuran gula. Saat anda meminum teh hijau sebelum makan, secara otomatis bisa membuat perut anda terasa lebih kenyang ketika makan. Pastinya hal ini akan mengurangi porsi makan anda menjadi lebih sedikit.

Teh hijau bermanfaat untuk memperlancar metabolisme termasuk dalam metabolisme lemak. Dengan demikian, bisa membantu untuk menghilangkan lemak yang ada di tubuh. Teh hijau juga kaya antioksidan yang bermanfaat mencegah kanker serta menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

3. Lemon dan Air Hangat

Ini merupakan cara alami dalam proses penurunan berat badan. Namun sebelumnya anda harus mengetahui apa saja kandungan yang ada pada buah lemon ini. Kita tahu bahwa buah lemon didalamnya terkandung banyak vitamin C. Vitamin C itu bisa membantu proses penurunan berat badan. Sebab lemon bisa mendetox dan mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh anda.

Cara untuk membuat ramuan lemon yang bisa digunakan sebagai ramuan menurunkan berat badan adalah dengan mengambil satu buah lemon. Kemudian dibelah menjadi 3 atau sesuai keinginan, lalu peras airnya. Air perasan lemon kemudian dicampur dengan segelas air. Gunakan air hangat sebagai campuran perasan lemon.

Minum ramuan ini 3 kali sehari sebelum anda makan. Lakukan cara ini secara rutin hingga memperoleh bentuk tubuh yang diinginkan. Bila anda menderita sakit maag lebih baik jangan gunakan cara ini. Sebab buah lemon yang memiliki sifat asam bisa meningkatkan asam lambung.

4. Daun Jati Belanda

Mungkin anda masih merasa asing atau belum pernah mengetahui nama daun jati belanda. Daun ini juga sering disebut sebagai salah satu cara tradisional yang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan dengan efektif.

Sebab daun jati belanda mengandung tanin yang mempunyai fungsi sebagai astringen yang bisa melapisi bagian dalam usus. Sehingga bisa mengontrol lemak yang masuk kedalam usus tersebut.

Daun jati belanda ini cara kerjanya bisa menurunkan nafsu makan serta meningkatkan metabolisme. Dengan demikian, bisa membakar lemak secara cepat dan membantu proses diet lebih lancar.

Konsumsi jati belanda tidak mempunyai efek samping asalkan sesuai dengan takaran yang tepat. Bahan ini alami dan bahkan juga bisa meregenerasi sel tubuh dan membuat badan anda lebih sehat.

Untuk meramu daun jati belanda agar bisa menurunkan berat badan anda siapkan saja segenggam daun jati belanda yang sudah dicuci dan dibersihkan lalu keringkan. Jika daun tersebut sudah kering, seduh dengan air panas sebanyak 250 cc.

Saring dan minum selagi hangat. Sebaiknya anda minum 2 kali sehari dan 1 jam sebelum makan pagi dan juga sore. Anda dapat memperoleh daun jati belanda ini di apotik dalam bentuk kering.

5. Beras Merah

Tips diet sehat alami bisa anda lakukan dengan konsumsi beras merah. Nasi merah itu mempunyai kalori yang hampir sama dengan nasi putih. Tetapi nasi merah kandungan serat dan vitaminnya lebih banyak dibandingkan dengan nasi putih.

Jadi bisa dibuktikan bahwa nasi merah bagus sekali untuk anda yang sedang menjalankan program diet. Nasi merah ini bagus untuk menurunkan berat badan bila dilakukan secara konsisten dan terus-menerus. Anda bisa mendapatkan bentuk tubuh seperti yang anda inginkan.

Green Coffee

Green coffee atau kopi hijau bisa dilakukan sebagai salah satu cara diet alami. Saat meminum kopi hijau dengan benar dan rutin 3 kali sehari dua hingga tiga bulan. Maka bisa terbukti menurunkan berat badan dan juga melangsingkan tubuh bila dibandingkan dengan hanya konsumsi kopi biasa.

Asam klorogenat yang terdapat di dalam green coffee bisa mengurangi penyerapan karbohidrat dan glukosa. Dengan demikian bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini membuktikan bahwa diet dengan konsumsi kopi hijau dapat membantu menurunkan berat badan dan juga melangsingkan tubuh dengan sehat.

6. Daun Salam

Kita sering menjumpai daun salam di dapur. Sebab daun salam ini sering dipakai untuk memasak supaya makanan lebih nikmat. Biasanya daun salam digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Tetapi daun ini punya banyak khasiat untuk kesehatan salah satunya berguna untuk menurunkan berat badan.

Bila anda saat ini sedang berproses untuk menurunkan berat badan. Maka daun salam di samping digunakan sebagai bumbu masakan juga bisa membantu menjaga kesehatan bagian pencernaan tubuh anda. Vitamin dan mineral yang terkandung di dalam daun salam bisa melunturkan lemak.

Cara pengaplikasian daun salam ini dengan mempersiapkan 30 lembar daun salam segar yang dicuci bersih. Lalu dua gelas air putih dididihkan dan setelah mendidih masukkan daun salam tersebut. Masak kedua bahan tersebut hingga airnya tinggal separuh. Minum air rebusan daun salam itu satu hingga dua kali sehari setelah makan dalam keadaan hangat atau dingin.

7. Asam Jawa

Masih banyak orang yang belum tahu apa manfaat asam jawa untuk diet. Asam jawa dalam tips diet sehat alami bisa berguna menurunkan berat badan. Kandungan didalamnya berupa flavonoid berfungsi menangkal radikal bebas dan sebagai antioksidan. Selain itu, juga bisa mencegah penuaan dini, pembekuan atau penggumpalan darah dalam tubuh dan mencegah alergi.

Selain itu manfaat asam jawa di dalam program diet bisa meningkatkan kinerja otot dan menyehatkan organ pencernaan anda. Bahkan juga bisa melancarkan bab. Hal ini disebabkan karena kandungan serat yang terdapat di dalam asam jawa bisa membuat perut kenyang dalam waktu lama untuk membantu program diet. Sehingga bisa menekan nafsu makan.

Tips diet sehat alami dengan buah asam jawa sangat mudah. Tinggal remas-remas asam jawa dan masukkan ke dalam gelas lalu tambahkan dengan gula yang memiliki kalori rendah secukupnya. Tuang air dingin atau air hangat dan aduk hingga tercampur rata lalu siap untuk diminum. Anda bisa merasakan hasilnya bila mengkonsumsinya secara rutin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here