Tips Tubuh Langsing, Terapkan 5 Ritual ini Sebelum Tidur

0
79

Saat malam hari tubuh bisa membakar paling tidak 300 sampai 400 kalori. Hal ini setara dengan energi yang dikeluarkan ketika jogging atau berlari 1 jam. Menurut para ahli, tidur cukup bisa membantu menurunkan berat badan. Di samping itu, ada beberapa kebiasaan malam hari yang juga bisa berpengaruh terhadap penurunan berat badan saat tidur. Kebiasaan ini bisa jadi tips tubuh langsing bagi anda yang tak mau susah payah diet.

Menjaga tubuh serta pola makan untuk menurunkan berat badan umumnya dilakukan ketika sibuk beraktivitas. Padahal upaya ini harus juga tetap dilakukan sampai menjelang tidur. Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, ada tips tubuh langsing dengan melakukan beberapa ritual ini sebelum tidur.

1. Tidur pada Suhu Dingin

Banyak ahli yang merekomendasikan agar anda tidur dengan suhu sekitar 18 derajat celcius. Tubuh anda memang dirancang untuk mulai mendingin mulai dari sore sampai dengan malam hari. Tubuh akan mengoperasikan proses termoregulasi dalam sebuah siklus 24 jam. Seperti halnya pada siklus tidur-bangun untuk membuat tubuh bisa menyesuaikan terhadap kondisi suhu inti. Menurunkan suhu tubuh di waktu malam hari bisa membantu tidur lebih lelap. Namun dengan menaikkan nya bisa membuat tubuh selalu waspada di waktu pagi.

Penting sekali bagi anda menemukan keseimbangan antara panas dan juga dingin. Oleh sebab itu harus dipahami suhu kamar optimal untuk tidur yaitu sekitar 18 derajat celcius. Manfaat yang baik dari tidur dengan suhu tubuh lebih dingin yakni bisa membuat tubuh membakar lebih banyak energi yang berguna untuk mempertahankan panas. Hal ini yang mengakibatkan tubuh tampak lebih langsing ketika pagi hari.

2. Meminimalisir Pemakaian Gadget

Drama korea, netflix, film serial dan berbagai macam game tentunya semakin menggoda penikmatnya dengan serial yang membuat penasaran. Bahkan tidak jarang para influencer juga ikut membagikan referensi mengenai serial favorit wajib tonton.Tak pelak hal ini menjadikan waktu istirahat tersita hanya demi menonton serial tersebut.

Menjelang waktu tidur sebaiknya meminimalisir pemakaian gadget. 2 jam terpaan cahaya dari layar di malam hari bisa menurunkan kadar melatonin sampai dengan 23%.Padahal melatonin ini berfungsi sebagai alarm tubuh yang berguna untuk tidur.Kadar melatonin yang rendah akan mendorong risiko diabetes dan obesitas.

3. Makan Malam Lebih Awal

Untuk mencapai berat badan ideal bukan berarti harus mengurangi porsi makan. Makan bisa dilakukan 3 kali sehari namun di waktu yang paling tepat. Oleh sebab itu, sebaiknya anda menghindari makan malam yang terlalu larut. Sebaiknya makan malam lebih awal dengan porsi yang tidak besar. Sekresi insulin paling efektif terjadi ketika waktu pagi, insulin akan bermanfaat menyerap gula darah dan juga dikonversi menjadi lemak dan energi. Sekresi insulin tidak begitu efektif ketika malam hari. Sehingga makan larut malam dengan porsi besar hanya bisa membuat tubuh anda semakin gemuk.

4. Hindari Alkohol

Konsumsi alkohol terkadang dianggap sebagai obat mujarab supaya tidur lebih cepat dan juga nyenyak. Anggapan ini sebenarnya salah alkohol bisa merusak siklus tidur dan bisa menstimulasi nafsu makan. Untuk mengganti alkohol anda bisa konsumsi teh herbal.

Selain badan menjadi lebih sehat, anda bisa mencoba teh kayu manis yang bisa menurunkan kadar gula darah untuk penderita diabetes. Selain itu, teh kayu manis juga bisa menurunkan kolesterol mengurangi peradangan antioksidan tinggi serta melawan bakteri pada tubuh.

5. Yoga

Tips tubuh langsing sebelum tidur bisa didapatkan dengan melakukan aktivitas yoga. Yoga bisa membantu pikiran serta tubuh anda menjadi lebih rileks. Dengan melakukan yoga dapat meningkatkan kualitas tidur selain itu juga bisa membantu menurunkan berat badan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here